Tanda-Tanda Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil )

Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil ) Menurut Ajaran Islam | Assalamualaikum wr.wb sahabat muslim dimanapun berada. Pada artikel kali ini admin akan membagikan bermacam tanda-tanda kiamat menurut ajaran agama Islam.

Bumi akan diguncangkan dengan guncangan dahsyat yang belum pernah dilihat manusia. Semua isi perut Bumi bahkan dikeluarkan dan meluluh-lantakkan kehidupan manusia. Saat itulah hari kiamat tiba seperti yang dijelaskan Alquran dalam Surat az-Zalzalah. Menurut ajaran islam, Kiamat terdiri dari 2 macam yakni kiamat kubra dan kiamat sugra. Nah berikut ini adalah tanda-tanda kiamat sugra.

Tanda-tanda Kiamat Sugra

Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah kiamat awalan sebelum menuju kiamat kubra. Kiamat ini disebut juga kiamat kecil yang dikaitkan dengan berakhirnya masa kehidupan sebagian makhluk di dunia, baik secara individu ataupun kelompok.

Dengan kematian tersebut, seseorang berpindah dari alam dunia ke alam akhirat. Namun kejadian ini seringkali tidak dianggap terlalu serius sehingga banyak yang tidak menyadarinya. Padahal ini merupakan bentuk peringatan dari Allah SWT kepada manusia agar segera bertaubat dan kembali ke jalan yang benar.

Baca Juga : Doa Selamat

Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil ) Menurut Ajaran Islam

contoh kiamat sugra

Bermacam Tanda-tanda dari kiamat sugra sudah terjadi sejak zaman Rasulullah SAW dan para sahabat. Berikut adalah beberapa tanda kiamat sugra berdasarkan Al-Quran dan Hadist.

1. Tanda kiamat kecil sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad

Tanda yang terjadi pada saat itu adalah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai rasul dan peristiwa wafatnya Nabi.

Ini merupakan pertanda kiamat kecil karena Nasi Muhammad SAW merupakan Nabi dan Rasul yang terakhir. Sehingga ketika beliau wafat, tidak ada lagi Nabi atau Rasul setelahnya.

2. Munculnya gaya hidup yang mewah dan berlebihan

Padahal Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar umatnya hidup bersahaja dengan kerendahan hati. Rasulullah mengajarkan kesederhanaan dala kehidupan-Nya, namun sekaang umat muslim mulai hidup bermewah-mewahan dan berlebihan.

3. Terjadi Banyaknya Perang

Dengan terjadinya banyak perang dan banyaknya orang yang meninggal karena perang merupakan salah satu tanda kiamat kecil yang sering terjadi sejak dahulu hingga sekarang. Hal tersebut membuat perilaku masyarakat menjadi menyimpang.

4. Terjadinya Bencana Alam

Bencana alam yang sering terjadi meliputi banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lain sebagainya.

Hal ini merupakan tanda kiamat kecil yang tidak banyak disadari oleh masyarakat pada umumnya.

5. Banyak gedung tinggi dan berfokus dengan duniawi

Banyaknya orang yang semakin berlomba-lomba untuk membangun gedung yang tinggi dan berfokus pada urusan duniawi.

6. Negara Arab berubah menjadi sungai dan padang rumput

Diketahui bahwa Arab memang memiliki suhu yang lebih panas dibandingkan dengan wilayah yang lainnya. Sehingga perubahan tersebut mungkin tidak disadari, padahal itu merupakan pertanda kiamat kecil.

7. Orang jahat yang semakin lebih banyak dibandingkan dengan orang baik

Hal tersebut terjadi karena pikiran manusia yang kian berubah dan pedoman agama yang semakin menipis. Dengan adanya tanda kiamat kecil seperti ini, membuat masyarakat harus memperdalam ilmu agama agar tidak mudah terpengaruh pada hal yang buruk.

8. Adanya pria yang menyerupai wanita dan sebaliknya

Banyaknya kaum laki-laki yang berpakaian dan berperilaku seperti perempuan dan juga perempuan yang berpakaian dan berpenampilan seperti laki-laki.

9. Semakin merajalela perilaku buruk manusia

Seperti semakin meningkatnya pergaulan bebas, kemaksiatan dan lain sebagainya.

Hal ini bukan hanya merusak moral manusia, namun juga membuat manusia tidak lagi memiliki keyakinan yang jelas.

10. Adanya pembunuhan antara sekelompok golongan

Namun salah satunya tidak mengakui bahwa mereka bersalah dan menggunakan kata memperjuangkan islam untuk membenarkan tindakannya. Tanda kiamat kecil yang satu ini mungkin sudah sering terjadi dan bisa merusak ketertiban dan persatuan sebuah bangsa.

11. Bulan sabit terlihat lebih besar dari biasanya

Kebanyakan orang mungkin akan berpikir bahwa sudut pandang mereka saja yang berubah sehingga bulan sabit terlihat lebih besar, namun sebenarnya itu adalah pertanda kiamat kecil.

12. Jumlah kaum laki-laki lebih banyak dibandingkan dengan perempuan

Hal ini Ini merupakan pertanda kiamat kecil yang sering terjadi karena semakin menurunnya tingkat kelahiran di dunia karena jumlah perempuan yang lebih sedikit dibanding laki-laki.

13. Semakin banyak orang yang saling memfitnah

Semakin banyak orang yang melakukan fitnah hanya untuk memenangkan kepentingannya sendiri.

Manusia menjadi tidak lagi segan untuk menjatuhkan orang lain demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

14. Waktu yang dilalui terasa semakin lebih cepat

Mungkin Anda pernah menyadari atau mendengar dari orang sekitar bahwa waktu terasa sangat cepat untuk dilalui.

Orang mungkin tidak akan berpikir bahwa itu merupakan tanda kiamat kecil. Mereka cenderung berpikir karena terlalu sibuk atau bahagia sehingga waktu terasa lebih cepat.

15. Munculnya manusia yang tidak percaya dengan adanya ilmu agama

Dengan munculnya berbagai manusia yang tidak percaya dengan adanya ilmu agama. Semakinbayak orang yang atheis dan tidak beragama.

Hal ini membuat manusia kehilangan kepercayaan dan pedoman hidup yang seharusnya.

Baca Juga : Doa Minta Kesembuhan

Contoh Kiamat Sugro Dimasa Rosululloh SAW

Beberapa contoh tanda kiamat sugra juga meliputi diutusnya Nabi Muhammad seperti yang tergambar di surat Saba ayat 46 yang artinya:

“Katakanlah, sesungguhnya aku hendak memperingatkan kepadamu suatu hal saja, yaitu supaya kamu menghadap Allah (dengan ikhlas) berdua-dua atau sendiri-sendiri; kemudian kamu pikirkan (tentang Muhammad) tidak ada penyakit gila sedikit pun pada kawanmu itu. Dia tidak lain hanyalah pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi) azab yang keras.”

Contoh Tanda kiamat sugra juga dengan terbelahnya bulan yang masyhur pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad dengan kuasa Allah yang terdapat di Surat al-Qamar ayat 1 yang artinya:

“Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.”

Menurut Tafsir Al-Mukhtashar, hari kiamat telah dekat dan rembulan telah terbelah dua, yaitu manakala penduduk Makkah yang kafir meminta kepada Nabi agar menunjukkan sebuah mukjizat, maka Nabi memohon kepada Allah dan Allah memperlihatkan mukjizat tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil ) Menurut Ajaran Islam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Semoga kita termasuk orang orang yang bertaqwa.