Tanda-Tanda Kiamat Kubra ( Kiamat Besar )

Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar Dalam Islam | Assalamualaikum wr.wb sahabat? Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT , amin. Pada artikel kali ini admin akan membagikan bermacam tanda-tanda hari kiamat , dimana semua mahluk akan musnah dari bumi tercinta ini.

Seperti yang sudah admin jelaskan di postingan sebelumnya. Bahwa Kimat terdiri dari 2 macam yakni kiamat sugra dan kubra. Dan berikut ini admin akan membagikan pengertian kiamat kubra atau kiamat besar dan tanda-tandanya yang sudah tertera dalam alquran atau ajaran agama islam.

tanda-tanda kiamat kubra

Pengertian Kiamat Kubro

Kiamat kubra adalah hari di mana seluruh alam semesta dan segala isinya hancur yang dimulai dengan tiupan terompet sangkakala. Peristiwa yang disebut sebagai kiamat besar ini merupakan awal dari kehiupan akhirat yang kekal.

Pada sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda mengenai tanda-tanda datangnya hari kiamat kubra yang berbunyi sebagai berikut.

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat. Maka, apabila matahari terbit dari sebelah barat, lalu manusiapun akan beriman seluruhnya. Akan tetapi, kelakuan yang demikian itu di saat tidak berguna lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelum beriman setelah kejadian tersebut atau memang berbuat kebaikan dengan keimanan yang sudah dimilikinya itu.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Baca Juga : Tanda-Tanda Kiamat Sugra ( Kiamat Kecil )

Selain itu, Rasulullah SAW juga menceritakan mengenai salah satu tanda hari kiamat yakni keluarnya api dari dasar bumi yang akan mengumpulkan manusia. Berikut bunyi hadist tersebut.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra.” (HR. Bukhari no. 7118 & Muslim no. 2902)

Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar Dalam Islam

kiamat kubra

Jika tanda-tanda kiamat besar sudah terjadi, maka bisa dipastikan alam semesta beserta isinya akan segera hancur dan musnah.

Tanda ini hanya terjadi jika memang hari kiamat sudah dekat. Kiamat ini akan terjadi jika tanda kiamat kecil sudah terjadi terlebih dahulu. Lalu apa saja tanda atau contoh kiamat besar, berikut tanda kiamat besar menurut Rasulullah.

1. Munculnya Dajjal

Sebagai umat muslim, tentu sudah banyak yang mengetahui tentang Dajjal, sosok makhluk yang memiliki mata satu yang mata sebelah kanannya buta.

Diceritakan bahwa Dajjal datang ke semesta untuk membawa fitnah dan merenggut keimanan manusia. Sehingga nantinya manusia menjadi tidak memiliki keyakinan dan berpihak kepada Dajjal.

Sosok ini dianggap sangat berbahaya dan harus diwaspadai. Manusia yang memiliki iman kurang kuat akan dengan mudah mendengarkan perkataan Dajjal.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk manusia yang beriman. Untuk menghindarkan diri dari godaan Dajjal, sejak dini perkuat iman Anda dengan mendalami agama.

Dajjal akan mengaku sebagai Nabi bahkan Tuhan untuk membuat manusia yakin terhadapnya dan mau mengikuti apa yang dikatakannya. Ini merupakan ujian terbesar yang akan melanda umat manusia.

Baca Juga : Surat Al Zalzalah Ayat 1-8

2. Tiga Penenggelaman Bumi

Saat hari akhir tiba, seluruh permukaan alam semesta akan tenggelam dan hancur.

Hal ini akan membuat tiga bagian bumi tenggelam secara bertahap, mulai dari bagian timur, barat hingga jazirah Arab. Setelah penenggelaman ini, tidak ada makhluk hidup yang bisa tinggal di bumi.

3. Keluarnya Asap Dukhan

Salah satu tanda kiamat besar adalah keluarnya dukhan atau asap yang bisa mengakibatkan wabah atau sebuah penyakit untuk bisa menjangkit seluruh manusia.

Penyakit ini bisa menyebabkan flu untuk orang-orang yang beriman dan bisa mematikan untuk orang-orang kafir. Asap ini muncul secara tiba-tiba dari lapisan bawah bumi.

4. Ya’juj dan Ma’juj

Mungkin belum banyak yang mengetahui tentang kedua kata ini. Ketika Anda mempelajari tentang hari akhir, kedua istilah ini harus dipahami dengan baik.

Kedua kata ini akan muncul nanti pada saat hari akhir tiba. Keduakan dikisahkan memiliki sebuah kekuatan yang tersembunyi dan akan berperan sebagai penghancur dan perusak kehidupan yang ada di alam semesta.

Keduanya ini nantinya akan berperang dengan Nabi Isa dan pasukannya di bukit bernama Thursina. Jika melawan Nabi Isa, artinya mereka akan membuat manusia terjerumus dan harus diperangi. Jangan sampai Anda terbujuk rayu atau perkataannya.

5. Matahari Muncul Dari Barat

Jika biasanya matahari akan terbit dari timur dan terbenam di sebelah barat, maka hal ini akan terjadi sebaliknya.

Jika hal tersebut terjadi, maka artinya tanda kiamat besar sedang terjadi. Tanda kiamat yang besar yang paling jelas adalah matahari muncul dari arah terbenamnya. Fenomena ini terjadi hanya jika hari akhir telah dekat.

6. Turunnya Nabi Isa

Dajjal merupakan sosok yang akan menjerumuskan manusia ke dalam hal buruk dan menjadikannya sebagai orang kafir.

Untuk mengatasi hal tersebut, Allah menolong umat manusia dengan menurunkan Nabi Isa. Seperti dalam surat Ali Imran ayat 55, dikatakan bahwa Nabi Isa tidak dibunuh oleh orang Yahudi, namun Allah menyelamatkan Nabi Isa dengan mengangkatnya ke langit.

Saat hari dimana kiamat datang dan Dajjal turun ke semesta, maka Nasi Isa juga akan diturunkan untuk membunuh Dajjal.

Hal ini dilakukan untuk menolong umat manusia saat akhir zaman. Dengan adanya pertolongan ini, manusia bisa menghadapi masa perhitungan amal dengan lebih baik.

7. Munculnya Api yang Bisa Mengumpulkan Manusia

Kiamat belum terjadi jika api belum keluar dari tanah Hijaz. Ketika api ini muncul, maka seluruh manusia akan berkumpul menuju Syam.

Ketika fenomena ini terjadi, artinya hari akhir akan segera terjadi dan seluruh kehidupan di alam semesta akan musnah.

8. Binatang Besar

Dalam ayat yang terdapat di dalam Al-Quran, dikatakan akan terdapat binatang besar yang tampak di bumi. Fenomena ini terjadi sebagai bukti kekuasaan Allah. Penjelasannya seperti kutipan ayat di bawah ini.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Naml ayat 82 :

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya :

Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami.” (Qs. An Naml ayat 82).

Selain yang dijelaskan diatas, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa tanda-tanda kiamat besar bukan hanya itu saja.

Masih terdapat beberapa tanda lainnya yang perlu diketahui oleh manusia. Hal tersebut perlu dipahami dengan baik agar Anda bisa memiliki keyakinan yang lebih kuat. Berikut informasi detailnya.

Baca Juga : Doa Selamat

9. Munculnya Bintang yang Berbicara dengan Manusia

Bintang ini tentu sebelumnya diyakini sebagai benda langit yang terdiri dari kumpulan batu atau debu.

Namun sebagai pertanda dari kiamat besar, bintang ini bisa berkomunikasi dengan manusia. Bahasa yang digunakan oleh bintang ini sama dengan bahasa yang biasanya digunakan oleh manusia. Sehingga manusia bisa memahami perkataannya dengan baik.

Bintang ini akan menyampaikan pesan berupa kisah dimana manusia zaman dahulu tidak meyakini ayat-ayat Allah dan bintang ini turun untuk membuktikan tentang kuasa Allah.

Bintang ini akan membuat muka orang mukmin terang dan memancarkan cahaya sehingga bisa dibedakan secara jelas dengan orang kafir.

10. Munculnya Kabut Tebal

Kabut ini muncul tepat sebelum hari kiamat datang. Kabut tersebut akan merenggut nafas orang kafir hingga rasanya akan tercekik. Kabut tersebut akan muncul pada 40 hari sebelum hari kiamat dan akan berlangsung setiap hari. Kabut ini akan membuat ruang antara langit dan bumi menjadi penuh.

Demikianlah ulasan mengenai Bermacam Tanda-Tanda Kiamat Kubra atau Kiamat Besar Dalam Islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga kita selalu bertaqwa kepada Allah SWT dan dihindarkan dari siksa api neraka, amin.