Lafadz Surat Al Falaq Lengkap dengan Manfaat dan Isi Kandungan

Lafadz Surat Al Falaq Lengkap dengan Manfaat dan Isi Kandungan | Assalamualaikum wr.wb para sahabat Satudoa.com. Pada artikel kali ini admin akan membagikan bacaan dari ayat suci al qur’an surat Al-Falaq secara lengkap dengan bahasa arab , latin dan artinya.

Selain bacaan , admin juga akan mengulas manfaat serta isi kandungan yang terdapat dalam surat Al Falaq ini yang di dasarkan hadist dan sunnahnya. Berikut ulasannya.

Surat Al Falaq

Surat Al Falaq

Surah Al-Falaq adalah surah ke-113 dalam Al-Qur’an. Nama Al-Falaq diambil dari kata Al-Falaq yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya waktu subuh dan terdiri dari 5 ayat. Surat Al Falaq diturunkan di kota Mekkah sehingga tergolong dalam surat Makiyyah.

Inti dari Surah ini adalah perintah agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.

Download Juga : Surat Yasin Mp3

Lafadz Surat Al Falaq Arab , Latin dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan Surat Al Falaq 1-5 lengkap dengan bahasa arab , latin dan artinya / terjemahan nya . semoga para sahabat dapat memahami bacaan ini dan mudah untuk menghafalkannya.

Lafadz Surat Al Falaq

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

qul a’ụżu birabbil-falaq

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

min syarri mā khalaq

dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab

dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad

dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”

Keutamaan dan Manfaat Surat Al Falaq Sesuai Hadist

1. Dua surat perlindungan

Surat Al Falaq dan Surat An Nas disebut Rasulullah sebagai al mu’awwidzatain. Yakni dua surat terbaik untuk perlindungan. Orang yang membacanya akan dilindungi Allah dari segala kejahatan makhluk.

يَا ابْنَ عَابِسٍ أَلَا أَدُلُّكَ أَوْ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَفْضَلِ مَا يَتَعَوَّذُ بِهِ الْمُتَعَوِّذُونَ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ هَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ

“Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan –atau maukah kamu aku beritahu- sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliapun bersabda: “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An Nasa’i; shahih)

2. Melindungi dari ‘ain

Asbabun nuzul surat Al Falaq dan surat An Nas ini, kafir Quraisy Makkah berupaya mencederai Rasulullah dengan ‘ain. Yakni pandangan mata yang merusak atau membinasakan. Ada kepercayaan di Arab bahwa mata melalui pandangannya bisa membinasakan. Dan memang ada orang-orang tertentu yang matanya demikian.

Maka Allah menurunkan dan mengajarkan Surat Al-Falaq dan Surat An Nas kepada Rasulullah untuk menangkalnya.

Baca Juga : Surat Al Kafirun Ayat 1-6

3. Melindungi dari sihir

Sewaktu di Madinah, Rasulullah pernah disihir oleh penyihir Yahudi bernama Lubaid bin A’sham. Ia menyihir Rasulullah dengan media pelepah kurma berisi rambut beliau yang rontoh ketika bersisir, beberapa gigi sisir beliau serta benang yang terdapat 11 ikatan yang ditusuk jarum.

Lalu Rasulullah membaca Surat Al Falaq dan Surat An Nas. Setiap satu ayat dibacakan, terlepaslah satu ikatan hingga Rasulullah merasa lebih ringan. Ketika seluruh ayat telah dibacakan, terlepaslah seluruh ikatan tersebut.

4. Dua surat yang tak ada bandingannya

Surat Al Falaq dan Surat An Nas disebut oleh Rasulullah sebagai surat yang tidak ada bandingannya.

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتِ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ) وَ (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan di waktu malam dan tidak ada bandingannya sama sekali; Surat Al Falaq dan Surat An Nas.” (HR. Muslim)

Para ulama menjelaskan maksudnya adalah tidak ada bandingannya dalam hal perlindungan. Isti’adzah (permintaan perlindungan) dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Baik untuk melindungi dari ‘ain, kajahatan di malam hari, sihir, hasad maupun waswas yang dihembuskan oleh setan.

5. Obat dan penjagaan

Syaikh Wahbah Az Zuhalini menjelaskan dalam Tafsir Al Munir bahwa Surat Al-Falaq dan Surat An Nas ini juga memiliki keutamaan sebagai obat. Beliau kemudian mengetengahkan hadits dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas sebelum tidur.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Dari Aisyah bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam kedua telapak tangannya dan membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangannya, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari)

Baca Juga : Surat Al Kautsar Ayat 1-3

Isi Kandungan dalam Surat Al Falaq

Dari segi kandungan makna, surat al-Falaq terdiri dari lima ayat yang berisi secara umum tentang meminta perlindungan kepada Allah.

Surat ini dimulai dengan perintah Allah kepada Nabi Muhammad, yang dengan otomatis juga perintah untuk Umat Nabi saw agar senantiasa ber-ta’awudz (meminta perlindungan) kepada Allah di waktu falaq atau subuh hari, dari segala kejahatan segala mahluk dan waktu-waktu banyaknya terjadi kejahatan.

Di antara bentuk kejahatan tersebut yaitu kejahatan yang kerap terjadi jika malam telah menggelap; kejahatan dari segala bentuk sihir dan tenun; dan kejahatan dari kejahatan kedengkian seseorang.

Demikinlah ulasan dari Bacaan Surat Al Falaq Lengkap dengan Manfaat dan Isi Kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Bacalah surat Al-Falaq setelah selesai sholat dan sebelum tidur, mudah mudahan para sahabat akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Amin Ya Rabb….