Niat Sholat Subuh

Lafadz Niat Sholat Subuh dan Doa Qunut Lengkap dengan Tata Caranya | Assalamualaikum wr.wb para sahabat. Pada artikel kali ini Satudoa akan membagikan ulasan mengenai lafadz atau bacaan Niat dari salah satu sholat fardhu/wajib 5 waktu yakni Sholat subuh.

Dan disini kami sudah menyiapkan lafadz niat dalam bentuk arab , latin , arti, sekaligus doa qunut dan tata cara melaksanakan sholat subuh secara lengkap untuk memudahkan sahabat dalam memahaminya. Nah , berkut ini ulasan lengkapnya.

niat sholat subuh

Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan salah satu sholat fardhu ( 5 waktu ) yang dilakukan dalam waktu sehari semalam. Dalam agama Islam , Sholat Subuh juga memiliki nama lain yakni Sholat Fajar.

Mengapa demikian? Karena Sholat Subuh di lakukan pada saat menjelang atau sebelum terbit Fajar. Selain itu Sholat Subuh memiliki rakaat paling sedikit di banding dengan sholat Fardhu lainnya yakni hanya 2 rakaat saja. Meskipun sedikit,  Sholat Subuh memiliki manfaat yang sangat luar biasa karena terdapat Doa Qunut didalamnya.

Waktu Sholat Subuh

Pada dasarnya, sholat shubuh tidak bisa dilakukan pada sembarang waktu. Sholat shubuh dapat dilakukan ketika fajar mulai menyingsing atau ketika cahaya bintang mulai redup karena cahaya matahari sampai terbitnya matahari.

Tentunya setiap daerah memiliki waktu shubuh masing-masing karena perbedaan waktu. Untuk itulah, kita dapat melihat jadwal sholat shubuh sesuai yang telah ditetapkan oleh Kemenag untuk setiap daerah.

Tata Cara Sholat Subuh sendiri sama dengan sholat fardhu lainnya, hanya saja di dalam rakaat ke 2, kita disunnahkan untuk membaca doa Qunut. Nah bagi kalian yang belum tahu mengenai ini, berikut ini saya akan membagikan Niat , Tata Cara Sholat Subuh lengkap dengan bacaan arab, latin dan artinya.

Baca Juga : Niat Sholat Dhuha

Lafadz Niat Sholat Subuh Arab , Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat 3 lafadz yakni untuk imam, makmum dan munfarid atau sendiri.

1. Niat Sholat Subuh Untuk Imam

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءًإِمَامًالله تَعَالَى

“Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati Adaa-an imaaman lillaahi ta’aalaa.”

Artinya : Aku Berniat Shalat Fardhu Shubuh dua rakaat menghadap kiblat sebagai Imam, karena Allah Ta’ala.

2. Niat Sholat Subuh Untuk Makmum

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءًمَأْمُوْمًالله تَعَالَى

“Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati Adaa-an makmuuman lillaahi ta’aalaa.”

Artinya : Aku berniat mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, sebab Allah Ta’ala.

3. Niat Sholat Subuh Sendiri/Munfarid

niat sholat subuh

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

“Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati Adaa-an lillaahi ta’aalaa.”

Artinya : Aku berniat mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebab Allah Ta’ala.

Tata Cara Sholat Subuh Raka’at ke-1

1. Takbiratul Ikhram

Gerakan takbiratul ikhram  yaitu mengangkat kedua tangan, tak lupa seraya mengucap “allahhu akbar”, kemudian turunkan tangan dan sedekapkan di bawah dada atau di atas ulu hati.

2. Berdiri Bersedekap

Dalam menyedekapkan kedua tangan, posisi telapak tangan sebelah kanan harus berada di atas pergelangan tangan sebelah kiri. kalau sudah benar dan paham, selanjutnya silahkan membaca doa dan surat di bawah ini

a. Membaca Doa Iftitah

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا. وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا. وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْى ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

b. Membaca Surat Al-Fatihah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَاالصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صَرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِالْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّيْنَ.اَمِين

c. Membaca Surat Pendek, Contohnya Surah An-Nas

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ | مَلِكِ النَّاسِ | إِلَهِ النَّاسِ | مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ | الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ | مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Setelah selesai membaca beberapa doa dan surat di atas, kemudian silahkan lakukan gerakan sholat selanjutnya yaitu ruku’.

3. Ruku’

Saat ruku’, silahkan baca ayat berikut.

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

Setelah itu, silahkan bangun kembali dan berdiri tegak seraya mengangkat kedua tangan serta mengucap ayat di bawah ini.

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

“sami’allahu liman hamidah”

artinya : Allah sungguh mendengar para pemuji-Nya

Kemudian luruskan kedua tangan seperti sikap siap, kemudian membaca doa i’tidal.

4. Membaca Doa I’tidal

Berikut adalah bacaan doa i’tidal :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Setelah membaca doa i’tidal, selanjutnya adalah gerakan sujud, namun seperti biasa, saat menuju sujud jangan lupa sambil mengucap “allahhu akbar”.

5. Sujud

Berikut adalah bacaan saat sujud.

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

“subhana rabbiyal a’la wa bihamdih”

artinya :Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

Kemudian bangun dan duduk diantara dua sujud dan tak lupa mengucap “allahhu akbar”.

6. Duduk Diantara Dua Sujud

Berikut adalah bacaan saat duduk diantara dua sujud.

رَ بِّ اغْفِرْ لِي وّارْ حّمْنِي وَاجْبُرْ نِي وَارْ فَقْنِي وَ رْزُ قْنِي وَاهْدِ نِي وَ عَا فِنِيِ وَ اعْفُ عَنِّيِ

Setelah itu silahkan kembali sujud seraya mengucap “allahhu akbar”

7. Sujud

Pada saat sujud bacaanya sama, yaitu :

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

“subhana rabbiyal a’la wa bihamdih”

artinya :Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

Bacaan dan gerakan sholat Subuh rakaat pertama sudah selesai, sekarang kita lanjut ke rakaat selanjutnya yaitu rakaat ke 2. silahkan kembali bangun dan berdiri tegak bersedekap seraya membaca “allahhu akbar”.

Tata Cara Sholat Subuh Raka’at ke-2

1. Berdiri Bersedekap

Pada sholat Subuh rakaat ke 2 dan rakaat selanjutnya tidak perlu membaca doa iftitah, langsung membaca surat al-fatihah dan surat pendek.

a. Surat Al-Fatihah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَاالصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ. صَرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِالْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّيْنَ.اَمِين

b. Surat Al-Ikhlas

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ | قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ | اللَّهُ الصَّمَدُ | لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ | وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Setelah selesai membaca surat diatas, silahkan ruku’ tak lupa mengangkat kedua tangan seraya mengucap “allahhu akbar”.

2. Ruku’

Berikut adalah bacaan saat ruku’.

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

“subhana rabbiyal ‘azhim wa bihamdihi”

Artinya : Maha suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.

Kemudian kembali berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan lalu langsung luruskan seperti sikap siap seraya mengucap ayat di bawah ini.

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

“sami’allahu liman hamidah”

Artinya : Allah sungguh mendengar para pemuji-Nya

Selanjutnya silahkan membaca doa i’tidal.

3. Membaca Doa I’tidal

Berikut adalah bacaan doa i’tidal :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

“rabbanaa lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘u maa syi’ta min syai’in ba’du.”

artinya : Ya Allah Tuhan kami, Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu.

Sebelum sujud, disunnahkan untuk membaca Doa Qunut. Berikut Doa nya :

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ , وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ ,وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ ,وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ ,
وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَإِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ, وَإِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ , لاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ , تَبَارَكْت رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ,
فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ,أَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ,وَصَلَّى اللّهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.”

Arti doa qunut sholat shubuh: “Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaiman mereka yang telah Engkau tunjukkan. Berikanlah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan.

Berikanlah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau.

Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Kalau sudah selesai silahkan sujud seraya mengucap “allahhu akbar”.

4. Sujud

Berikut adalah bacaan saat sujud.

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

“subhana rabbiyal a’la wa bihamdih”

Artinya :Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

Selesai itu silahkan bangun dan duduk diantara dua sujud seraya mengucap “allahhu akbar”.

4. Duduk Diantara Dua Sujud

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Artinya : Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.

Selesai membaca ayat tersebut, kemudian silahkan kembali sujud seraya mengucap “allahhu akbar”.

5. Sujud

Berikut adalah bacaan saat sujud.

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

“subhana rabbiyal a’la wa bihamdih”

Artinya :Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

6. Tasyahhud Atau Tahiyat Akhir

TASYAHUD

Ada beberapa posisi kaki, tangan jari yang harus di perhatikan saat duduk diantara dua sujud tasyahhud atau tahiyat akhir, yaitu telapak atau ujung kaki sebelah kiri harus di silangkan ke bawah kaki sebelah kanan. kemudian kedua telapak tangan harus di taruh di atas lutut dengan rapi. selengkapnya bisa di lihat pada gambar di atas.

Kalau posisi duduk diantara dua sujud tahiyat akhir sudah benar, silahkan langsung membaca bacaan berikut.

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Seperti biasa, saat membaca tahhiyat atau tatasyahud, ketika bacaan sudah sampai pada ayat  أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّا, jari telunjuk sebelah kanan seketika langsung di acungkan ke depan.

Sampai sini bacaan dan gerakan sholat Subuh sudah selesai, hanya tinggal mengakhiri sholat Subuhdengan ucapan dan gerakan salam, lihat pada gambar di bawah ini.

7. Mengucap Salam

Saat mengucap salam bacaanya adalah  اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ, salah di ucapkan sekali saat kepala menengok kekanan, dan satu kali saat kepala menengok kiri. saat mengucap salam, seketika jari telunjuk yang di acungkan ke depan tadi langsung di turunkan.

Demikianlah artikel mengenai Lafadz Niat Sholat Subuh dan Doa Qunut Lengkap dengan Tata Caranya, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan atau penjelasan, mohon berkomentar di tempat yang sudah di sediakan. Wasalam..