Niat Puasa Rajab

Lafadz Niat Puasa Rajab Arab , Latin dan Artinya + Keutamaannya | Bulan ini bertepatan dengan bulan Rajab dalam tahun Hijriah. Untuk itu Rosulullah menganjurkan kepada setiap umat muslim untuk melakukan Puasa Rajab.

Mengapa? Karena Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang diagungkan Allah SWT. Sebab pada bulan ini terjadi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

NIAT PUASA RAJAB

Termasuk 4 Bulan Yang Disucikan

Tidak hanya itu, Bulan Rajab sendiri termasuk dalam 4 bulan haram atau bulan yang disucikan yakni  Muharram, Rajab, Dzulqa’dah, dan Zulhijjah. Seperti yang sudah tertera dalam firman Allah SWT yang berbunyi :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ

“Sebenarnya ada 12 bilangan bulan dalam ketetapan Allah SWT. Di saat Allah menciptakan langit dan seisi bumi, di antaranya ada 4 (bulan) yang haram /yang disucikan, itulah ketentuan agama yang lurus jadi janganlah kamu menganiaya dirimu dalam bulan yang 4 itu.” (QS At-Taubah ayat 36).

Baca Juga : Niat Qadha Puasa Ramadhan

Lafadz Niat Puasa Rajab Arab , Latin dan Artinya

Bagi sahabat yang ingin melaksanakan Puasa Rajab, berikut ini saya akan membagikan Lafadz Niat Puasa Rajab arab,latin dan artinya:

Lafadz Niat Puasa Rajab Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Lafadz Niat Puasa Rajab Latin

“Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa,”

Artinya:”Saya berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Manfaat Shalat di Malam Pertama Bulan Rajab

Selain berpuasa di bulan Rajab dan mendapatkan manfaat puasa 10 hari di bulan Rajab, banyak cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghormati bulan Rajab yaitu salah satunya dengan melakukan shalat di malam pertama di bulan Rajab.

Manfaat shalat di malam pertama bulan Rajab, Dari Anas bin Malik RA. Nabi SAW. bersabda: “Barang siapa sholat sunnah dimalam bulan Rajab setelah sholat maghrib, disetiap raka’at ba’da fatihah membaca surat Al-Ikhlas (sampai 20 raka’at di buat 10 x salam), maka dia dipelihara dirinya, keluarga dan mereka yang menjadi tanggung jawabnya dari musibah dunia dan siksa akhirat”.

Disebutkan dalam kita Al-Jami’ karya Imam Suyuti, diriwayatkan dari Ibnu Asakir dari Abi Umamah, Berkata Wahab bin Munabbih RA.: “Aku membaca dalam kitab Allah yang diturunkan sebelum Al-Qur’an bertuliskan, bahwa siapa saja yang beristighfar dibulan Rajab pada pagi dan sore hari dengan mengangkat kedua tangannya sambil berkata : “Robbighfirlii Warhamnii Watub Alayya 70 kali, maka kulitnya tidak akan disentuh oleh api neraka”.

Baca Juga : Niat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Rajab 10 Hari

Manfaat puasa Rajab selama 10 hari salah satunya yaitu Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan hambanya, dan bila puasa selama 10 hari di bulan Rajab maka Allah akan mengganti dosa-dosa hambanya dengan dengan kebaikan.

Adapun tentang kapan pelaksanaan puasa di bulan Rajab dan manfaat puasa Rajab 10 hari, maka salah satu rujukannya adalah keterangan yang ada pada hadits-hadits berikut ini:

“Siapa saja berpuasa di bulan Rajab sehari, maka bagaikan dia berpuasa selama sebulan lamanya , jika puasa tujuh hari maka ditutuplah baginya tujuh pintu neraka jahim, jika puasa delapan hari maka dibukakan baginya delapan pintu surga, dan jika puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan”.

Dari riwayat Al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid: “Siapa saja berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka dia bagai berpuasa 1 tahun lamanya, jika puasa tujuh hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, jika puasa delapan hari dibukakan untuknya delapan pintu surga, bila puasa sepuluh hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya”.

Selain hadits riwayat Al-Thabarani dari Sai’id bin Rasyid, berikut keterangan lainnya tentang manfaat puasa Rajab 10 hari. Ibnu Abbas R.A. berkata: “Puasa disaat awal bulan Rajab bisa menghilangkan dosa (kafarat) selama 3 tahun lamanya, pada hari ke-2 menjadi kafarat selama 2 tahun lamanya, pada hari ke-3 menjadi kafarat selama 1 tahun lamanya, kemudian di setiap hari setelah itu menjadi kafarat selama 1 bulan lamanya “. (hr. Abu Muhammad Al-Khalali, Dimuat dalm kitab Jami’Ush-Shaghir).

Abu Hurairah RA. berkata: “Sebagaimana halnya Rosululloh SAW diluar bulan Ramadhan tidak puasa terkecuali dibulan Rajab dan bulan Sya’ban”. Dalam Hadis Shahih Bukhori Muslim,

Nabi SAW bersabda: “Sebagaimana di surga ada sebuah sungai Rajab, yang airnya putih melebihi air susu, manisnya melebihi madu, barang siapa puasa sehari dibulan Rajab, pasti Allah memberinya minum dari sungai (Bengawan) tersebut”.

Baca Juga : Niat Puasa Ramadhan

Keutamaan Puasa Rajab

Bagi umat islam yang melakukan Puasa Rajab akan mendapatkan manisnya hidangan surga. Seperti di riwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim yang mengatakan bahwa Rasulullah bersabda sesungguhnya di surga ada sungai berwarna Rajab, warnanya lebih putih daripada susu, rasanya lebih manis daripada madu. Barang siapa berpuasa satu haru di bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu,” jelas Wahyul.

Selain itu, berpuasa di bulan Rajab agar lebih dekat dengan Allah SWT dan Allah juga menjanjikan ampunan bagi setiap umat islam yang meksanakan Puasa Rajab.

Itulah Lafadz Niat Puasa Rajab lengkap dengan keutamaannya, semoga dengan kita melakukan Puasa di Bulan Rajab, semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Amin ya Rabbal Alamin.