Lafadz Surat At Takatsur Ayat 1-8 Tulisan Arab, Latin, Arti , Isi Kandungan

Lafadz Surat At Takatsur Ayat 1-8 Tulisan Arab, Latin, Arti dan Isi Kandungan | Assalamualaikum wr.wb sahabat setia Satudoa.com. Pada topik kali ini admin akan membagikan lafadz atau bacaan dari surat pendek Al Qur’an yaitu Surat At Takatsur yang terdiri dari 8 ayat.

Seperti biasa disini admin akan membagikannya dalam tulisan arab , latin , lengkap dengan arti dan isi kandungan dari Surat At Takatsur ini. Berikut ulasan lengkapnya .

Surat At Takatsur

Al Qur’an Surat At Takatsur

Surah At-Takasur (bahasa Arab:التكاثر) adalah surah ke-102 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah, diturunkan sesudah surah Al-Kausar. Surat At-Takasur di turunkan di kota Mekkah dan memiliki makna (bermegah-megahan) diambil dari perkataan At-Takasur yang terdapat pada ayat pertama surat ini.

Surat yang juga memiliki nama Alhaakum dan al Maqrabah ini diturunkan dengan mengecam orang-orang yang saling berlomba untuk bermegah-megahan serta membangga-banggakan harta. Saling berkompetisi dalam gemerlap duniawi hingga lalai dari nikmat akhirat yang abadi.

Baca Juga : Surat Al A’la Ayat 1-19

Lafadz Surat At Takatsur Ayat 1-8 Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

” al-hākumut-takāṡur “

” Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, “

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗ

” ḥattā zurtumul-maqābir “

” sampai kamu masuk ke dalam kubur. “

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ

” kallā saufa ta’lamụn “

” Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), “

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ

” ṡumma kallā saufa ta’lamụn “

” kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui. “

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ

” kallā lau ta’lamụna ‘ilmal-yaqīn “

” Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti, “

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ

” latarawunnal-jaḥīm “

” niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim, “

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ

” ṡumma latarawunnahā ‘ainal-yaqīn “

” kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri, “

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

” ṡumma latus`alunna yauma`iżin ‘anin-na’īm “

” kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu). “

Baca Juga : Surat Al Zalzalah Ayat 1-8

Asbabun Nuzul Surat At Takatsur

Asbabun nuzul ( sebab- sebab di turunkannya surat ) lain yang juga dicantumkan Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al Munir, bahwa Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ibnu Buraidah. Dia mengatakan, “Ayat ini turun berkenaan dengan dua kabilah dari kalangan kaum Anshar. Yakni Bani Haritsah dan Bani Harits. Mereka saling berbangga dan memperbanyak harta.

Satu kabilah mengatakan, “Adakah di antara kalian orang seperti fulan bin fulan bin fulan?” Kabilah satunya juga membalas seperti itu. Mereka saling berbangga dengan menyebut orang-orang yang masih hidup.

Kemudian mereka berkata, “Mari ikutlah kami ke kuburan.” Lantas salah satu dari dua kabilah itu mengatakan, “Adakah di antara kalian orang seperti fulan bin fulan bin fulan?” Mereka berkata saling menunjuk-nunjuk kuburan tersebut. Kabilah satunya juga membalas seperti itu. Lalu Allah menurunkan Surat At Takatsur.

Riwayat ini juga menjadi hujjah bagi yang berpendapat surat ini Madaniyah. Namun riwayat itu lemah dan pendapat tersebut pun ditolak.

Keutamaan

Berikut ini keutamaan Surat At Takatsur dalam penerapannya kalian harus mampu menghindari prilaku tercela tersebut, antara lain dengan cara-cara sebagai berikut :

1. Tidak membangga-banggakan harta yang dimiliki.

2. Memilih pola hidup sederhana tapi bermartabat.

3. Tidak menjadikan   harta kekayaaan sebagai tujuan hidup.

4. Harta kekayaan yang dimiliki tidak menjadikan  lalai dalam mengingat Allah.

5. Bersikap selektif dalam mencari harta dengan  tidak menghalalkan segala cara.

6. Mencari harta yang halal dan thayyib adalah bersifat wajib.

7. Menganggap bahwa harta kekayaan yang dimiliki adalah amanah yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah.

Surat ini mengingatkan kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT bahwa tidak ada yang bisa kita banggakan di depannya kecuali Amal kita selama di dunia.

Di akhirat nanti tidak berguna lagi yang namanya kaya harga, bangga dengan jabatan, tahta dan lainnya.

Semua di hadapan Allah sama. Tidak ada kaya miskin, jelek rupawan, wangi tidak wangi. Semua ditimbang sesuai dengan amal dan perbuatan selama di dunia.

Baca Juga : Surat At Tin Ayat 1-8

Isi Kandungan

Berikut ini isi kandungan surat At Takatsur yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

Serta Awwal Marrah at-Tadabbar al-Qur’an karya Syaikh Adil Muhammad Khalil dan Khawatir Qur’aniyah karya Syaikh Amru Khalid.

1. Surat At Takatsur memberikan ancaman kepada setiap orang yang hanya hidup untuk kelezatan dan kesenangan duniawi semata.

2. Orang yang senantiasa berlomba-lomba dalam kesenangan duniawi, ia bisa terlalaikan dari ibadah dan baru tersadar ketika kematian telah tiba.

3. Pada hari kiamat nanti, orang-orang yang berlomba-lomba dalam kesenangan duniawi akan mengetahui akibatnya.

4. Orang yang terlalaikan dari akhirat karena bermegahan di dunia, kelak akan menyaksikan neraka secara langsung karena menjadi penghuninya.

5. Setiap yang kita nikmati adalah nikmat dari Allah yang kelak akan ditanya dan dimintai pertanggungjawaban.

Demikian Lafadz Surat At Takatsur Ayat 1-8 Tulisan Arab, Latin, Arti dan Isi Kandungan. Semoga bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com dan menjadikan kita terhindar dari kehidupan yang hanya mengejar kenikmatan duniawi. Wallahu a’lam bish shawab.