Lafadz Surat Al Quraisy Ayat 1-4 Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Lafadz Surat Al Quraisy Ayat 1-4 Tulisan Arab, Latin dan Artinya | Assalamualaikum wr.wb para sahabat . Jumpa lagi dengan Satudoa.com yang akan membagikan kumpulan doa lengkap , surat al qur’an, kisah nabi dan lain lain mengenai sejarah islam. Pada artikel kali ini admin akan membagikan bacaan / lafadz dari Al qur’an surat Al Quraisy yang terdiri dari 4 ayat.

Dan seperti biasa admin membagikan surat Al Quraisy dalam bentuk tulisan arab , latin beserta artinya. Tidak hanya itu, Asbabun Nuzul , makna , keutamaan dan isi kandungan nya juga akan di jelaskan berikut ini.

Surat Al Quraisy

Al Qur’an Surat Al Quraisy

Surat Al Quraisy (dalam bahasa Arab:قُرَيْشٍ, “Bani Quraisy”) adalah surah ke-106 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 4 ayat dan tergolong surah Makkiyah lantaran di turunkan di kota Mekkah . Arti Kata Quraisy sendiri merujuk pada kaum Quraisy yakni kaum (suku) yang mendapat kepercayaan menjaga Ka’bah. Pokok isinya surat ini menerangkan kehidupan orang Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi. (sumber : wikipedia )

Baca Juga : Surat Al Fil Ayat 1-5

Lafadz Surat Al Quraisy Ayat 1-4 Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Lafadz Surat Al Quraisy

Surat Al Quraisy Ayat 1-4

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ

” li`īlāfi quraīsy “

” Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, “

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ

” īlāfihim riḥlatasy-syitā`i waṣ-ṣaīf “

” (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. “

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

” falya’budụ rabba hāżal-baīt “

” Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka‘bah), “

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

” allażī aṭ’amahum min jụ’iw wa āmanahum min khaụf “

” yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan. “

Baca Juga : Surat Al Zalzalah Ayat 1-8

Asbabun Nuzul

Surat Al Quraisy merupakan surat ke-106 dalam Al-Qur’an, yang mana surat ini terdiri dari 4 ayat dan termasuk dari surat Makkiyah.

Lalu mengapa surat ini dinamakan surat Quraisy ? Dinamakan Quraisy diambil dari ayat yang pertama yakni ; ” Quraisy merupakan salah satu suku terkuat serta paling ampuh di kota Mekah “. Surat ini turun kepada Nabi Muhammad setelah surat At-Tin termasuk surat ke-29 yang turun kepada beliau.

Salah satu sebab turunya surat ini adalah untuk mengingatkan kepada orang-orang Quraisy atas nikmat yang Allah berikan kepadanya. Diantara nikmatnya adalah nikmat keamanan, nikmat makanan, dan sebagainya. Dengan demikian banyaknya nikmat.

Jaminan keamanan di sini salah satu nikmat yang paling besar yang Allah berikan kepada kaum quraisy. Dengan itu, semestinya orang qurasiy harus menyembah Allah tanpa menyekutukannya, tapi kenyataanya tidak. Padahal Allah telah memuliakan orang quraisy sebagaimana dalam hadits.

Artinya:Sesungguhnya Allah telah memuliakan orang Qinanah di atas Bani Ismail. Memuliakan Quraisy di atas Qinanah, memuliakan Bani Hasyim di atas Quraisy. Serta memuliakan Muhammad di atas Bani Hasyim.

Syaikh Imam Wahbab Az-Zuhaili menjelaskan dalm tafsir Munir tentang asbabun nuzul Surat Al Quraisy, bahwa Nabi Muhammad pernah bersabada:

Artinya: Allah telah memuliakan orang-orang Quraisy dengan tujuh hal diantaranya. Aku dari golongan mereka, kenabian ada pada mereka, hijabah, siqayah ada pada mereka

Allah telah menolong mereka dari pasukan gajah. Mereka menyembah Allah selama sepuluh tahun saat tidak ada golongan selain mereka yang menyembahnya. Sehingga Allah menurunkan satu surat dalam Al-Qur’an yang berbicara tentang mereka.” kemudian Nabi Muhammad membaca Surat Al Quraisy. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Baihaqi termasuk hadits hasan.

Manfaat dan Keutamaan

Surah al quraisy  bisa menghilangkan atau menetralkan beban pikiran seseorang. Orang yang membaca Surat Al Quraisy, akan dihilangkan beban pikirannya oleh Allah Swt, mulai dari kesedihan, was-was dan beban pikiran lainnya.

Khasiat lain yang terdapat dalam surah ini, adalah bisa menyembuhkan orang yang keracunan. Caranya adalah dengan menuliskan lafadz Surah Al-Quraisy pada piring, dengan syarat orang yang menulisnya dalam keadaan suci. Kemudian dikasih air, dan air tersebut diminumkan kepada orang yang sedang keracunan. Dengan izin Allah, air tersebut akan menjadi penawar racun.

Selain itu, manfaat membacakan Surah Al-Quraisy adalah bisa mencegah bahaya dalam makanan yang dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya. Misalnya makanan yang sudah tidak layak atau makanan yang dikirim untuk menyantet kita, dengan dibacakan Surat Al Quraisy, Allah Swt akan menjaga kita dari bahaya-bahaya yang dikhawatirkan itu. Caranya adalah dengan membaca Surah Al-Quraisy, kemudian ditiupkan kepada makanannya.

Keutamaan lain yang terdapat dalam Surah Al-Quraisy, adalah bisa melihat Rasulullah saw melalui mimpi kita. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Fadhail Suwarin wa Ayat Qur’aniyah karya Muhammad Sa’ad bin Alawy al-Aidrus; Barangsiapa membaca Surah Al-Quraisy di malam Jum’at sebanyak 1000 kali dalam keadaan suci, kemudian tidur.

Dengan izin Allah Swt akan bisa melihat Rasulullah saw melalui mimpi dalam tidur tersebut. Selain itu, Habib Muhammad Bin Alawi Al Aydrus (Sa’ad) mengatakan dalam kitabnya bahwa surat al quraisy bisa mencegah orang yang ingin mencelakai kita jika kita baca.

Baca Juga : Surat Al Qadr Ayat 1-5

Isi Kandungan Surat Al Quraisy

Berikut ini isi kandungan Surat Al Quraisy yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Quraisy mengingatkan orang-orang Quraisy akan nikmat-nikmat Allah yang dianugerahkan kepada mereka.

2. Dengan banyaknya nikmat itu, orang-orang Quraisy semestinya hanya menyembah kepada Allah dan tidak menyekutukan dengan siapapun juga.

3. Dalam surat ini digambarkan salah satu tradisi orang-orang Quraisy yakni bepergian dagang dua kali dalam setahun yakni di musim dingin dan musim panas.

4. Di antara nikmat Allah kepada Quraisy adalah kesejahteraan ekonomi berupa pangan dan stabilitas keamanan. Dua nikmat ini merupakan dua hal sangat penting bagi kebahagiaan masyarakat.

5. Nikmat-nikmat itu dianugerahkan Allah kepada orang-orang Quraisy karena di Makkah ada Ka’bah yang merupakan “rumah” Allah yang dimuliakan dan kini menjadi kiblat umat Islam.

Demikianlah Bacaan / Lafadz Surat Al Quraisy Ayat 1-4 Tulisan Arab, Latin dan Artinya lengkap dengan Asbabun Nuzul , makna , keutamaan dan isi kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kita mendapatkan ibrah dengan banyak bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmatNya. Wallahu a’lam bish shawab. Wassalam…