Lafadz Surat Al Kautsar Ayat 1-3 Arab , Latin, Arti serta Isi Kandungan

Lafadz Surat Al Kautsar Arab , Latin, Arti serta Isi Kandungan | Assalamualaikum wr.wb. Pada artikel kali ini Satudoa.com akan membagikan bacaan atau lafadz surat pendek Al-Qur’an Al Kautsar yang berisikan 3 ayat saja. Bagi para sahabat yang mengalami kesusahan dalam membaca tulisan arab, disini telah di sediakan pula dalam bacaan Latin sekaligus artinya .

Dan untuk lebih mendalami surat ini, admin juga menyediakan uulasan dari isi kandungan Surat Al Kautsar per Ayat agar lebih mudah untuk sahabat pahami. Nah berikut ulasan lengkapnya.

Surat Al Kautsar

Al Qur’an Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar merupakan surat ke-108 dalam al-Qur’an. Surat ini tergolong surat Makkiyah sebab Surat Al-Kautsar di turunkan di kota Mekkah dan terdiri dari 3 ayat yang menjadi surah terpendek dalam Al-Qur’an. Kata Al-Kausar memiliki arti yakni nikmat yang banyak dan diambil dari ayat pertama dari surah ini artinya karunia Allah SWT berupa telaga Al Kautsar bagi orang-orang penghuni surga.

Pokok isi dari surah ini adalah perintah melaksanakan salat dan berkorban karena Allah memberikan banyak kenikmatan untuk untuk mereka yang beriman sedangkan para orang kafir pembenci Nabi SAW yang mengatakan keturunan Nabi terputus karena semua putranya wafat maka sesungguhnya merekalah yang terputus.

Terdapat hubungan antara surah Al-Kautsar dengan surah Al-Kafirun yakni Dalam surah Al-Kautsar Allah memerintahkan agar memperhambakan diri kepada Allah, sedang dalam surah Al-Kafirun perintah tersebut ditandaskan lagi. ( sumber : wikipedia )

Baca Juga : Surat At Tin Ayat 1-8

Lafadz Surat Al Kautsar Arab , Latin, dan Artinya

Lafadz Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

” Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang “

إِنَّآ أَعْطَيْنَٰكَ ٱلْكَوْثَرَ

” innā a’ṭainākal-kauṡar “

” Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak “

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

” fa ṣalli lirabbika wan-ḥar “

” Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. “

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ ٱلْأَبْتَرُ

” inna syāni`aka huwal-abtar “

” Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus. “

Isi Kandungan dalam Surat Al Kautsar

Berikut ini isi kandungan surat Al Kautsar yang di sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Al Kaustar menunjukkan bahwa Allah memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak.

2. Surat Al Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan shalat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah, merekalah orang-orang yang abtar, yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah dikenal sebagai orang baik, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

4. Surat ini merupakan mukjizat bukti kebenaran Al Quran. Sebab di kemudian hari terbukti keturunan Rasulullah sangat banyak, hingga saat ini. Meskipun putra-putra beliau meninggal di masa kecil, Fatimah telah melahirkan Hasan dan Husein, dari Husein kemudian Ali Zainal Abidin satu-satunya yang selamat saat pembantaian di Karbala dan dari beliaulah keturunan Rasulullah berkembang demikian banyak hingga hari ini.

5. Mukjizat lain bukti kebenaran Al Quran dalam surat Al Kautsar, orang-orang yang membenci Rasulullah akhirnya benar-benar abtar. Ash bin Wail yang mengatakan Rasulullah abtar, akhirnya dia sendiri yang abtar karena semua anaknya mati. Demikian pula tokoh kafir Quraisy lain, seperti Walid bin Mughirah, meskipun punya banyak anak namun misi dan pandangannya terputus karena tidak ada yang meneruskan.

Baca Juga : Surat Al Ma’un Ayat 1-7

Asbabun Nuzul

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu terkait asbabun nuzul Surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, “Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?”

Maka Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat.” Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar.  “Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?”

Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

هُوَ نَهْرٌ أَعْطَانِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ فِى الْجَنَّةِ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ يَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ الْكَوَاكِبِ يُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُم فَأَقُولُ يَا رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيُقَالُ لِى إِنَّكَ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ

Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.” (HR. Ahmad; shahih)

Pendapat Para Ulama

Berdasarkan asbabun nuzul ini, sebagian ulama berpendapat surat Al Kautsar adalah madaniyah. Karena Anas bin Malik masuk Islam setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Namun ada pula yang berpendapat, surat ini turun di Makkah, lalu diturunkan lagi di Madinah. Ibnu Katsir dalam tafsirnya tidak memastikan apakah Al Kautsar ini makkiyah atau madaniyah.

Asbabun nuzul yang lain, surat ini turun berkenaan dengan Ash bin Wail. Dia menghina Rasulullah sebagai abtar (terputus) karena putra beliau meninggal sehingga nasabnya terputus. Lalu Allah menurunkan surat ini memberitakan bahwa Ash bin Wail yang telah memusuhi Rasulullah itulah yang abtar. Peristiwa itu terjadi di Makkah sehingga menjadi hujjah bahwa surat ini merupakan surat Makkiyah.

Demikianlah artikel Lafadz Surat Al Kautsar Arab , Latin, Arti serta Isi Kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat kita semakin cinta Rasulullah dan semakin kokoh mengerjakan shalat dan berqurban. Wallahu a’lam bish shawab.