Lafadz Surat Al Fil Per Ayat 1-5 Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Lafadz Surat Al Fil Ayat 1-5 Tulisan Arab, Latin dan Artinya | Assalamualaikum wr.wb para sahabat setia Satudoa.com. Pada kesempatan ini admin akan membagikan bacaan atau lafadz dari surat pendek Al Qur’an yakni Surat Al Fil yang terdiri atas 5 ayat.

Untuk memudahkan para sahabat membaca lafadz nya, admin sudah menyediakan dalam bentuk per ayat tulisan arab , latin dan arti -nya serta mengulas azbabun Nuzul, makna, keutamaan dan isi kandungan dari surat Al Fil ini. berikut ulasan lengkapnya.

Surat Al Fil

Al Qur’an Surat Al Fil

Surat Al Fil adalah surah ke-105 dalam al-Qur’an dan terdiri atas 1-5 ayat. Surah ini tergolong pada surah Makkiyah lantaran di turunkan di kota Mekkah. Arti Surat Al-Fiil sendiri berarti Gajah yang diambil dari ayat pertama dari surat ini. Topik surat al fiil menceritakan tentang kisah gagalnya usaha penghancuran Ka’bah oleh Abrahah (raja yaman) dan 60.000 tentaranya, dalam tentara tersebut termasuk diantaranya 13 gajah (atau 9 dalam versi lain). Tahun terjadinya peristiwa ini juga dicatat dalam sejarah Islam sebagai Tahun Gajah. ( sumber : wikipedia)

Surat ini juga dinamakan juga Surat Alam Tara. Yang artinya apakah kamu tidak memperhatikan. Yakni diambil dari awal ayat pertama. Surat Al Fil diturunkan sesudah surat Al Kafirun, sebelum Surat Al Falaq. Namun dalam urutan mushaf, ia merupakan surat ke-105 sebelum Surat Quraisy. Karena sama-sama berisi nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy, sebagian kecil ulama berpendapat dua surat ini sesungguhnya satu kesatuan.

Baca Juga : Surat Al Qoriah Ayat 1-11

Lafadz Surat Al Fil Ayat 1-5 Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Lafadz Surat Al Fil

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

” Bismillahirrahmanirrahim “

Artinya : ” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang “

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ

a lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl “

Artinya : Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

” a lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl “

Artinya : Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

” wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl “

Artinya : dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

” tarmīhim biḥijāratim min sijjīl “

Artinya : yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ

” fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl “

Artinya : sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Baca Juga : Surat Al Zalzalah Ayat 1-8

Azbabun Nuzul

Abul Hasan al Wahidiy meriwayatkan bahwa surat ini diturunkan terkait dengan kisah pasukan gajah yang hendak menghancurkan ka’bah.

Diturunkannya ayat ini terkait kisah pasukan gajah yang bertujuan menghancurkan Ka’bah, dan perbuatan Allah kepada mereka dengan membinasakan dan menjauhkan mereka dari ka’bah.

Kejadian yang dikisahkan Surat Al Fil ketika menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW. Di mana tentara dari Habsyah dengan berkendaraan gajah melakukan penyerangan terhadap Makkah. Peristiwa ini kemudian diabadikan sebagai salah satu surat di Al Quran.

Al Fiil berasal dari bahasa Arab yang artinya gajah. Surat Al Fiil ini mengisahkan tentang ekspedisi pasukan gajah yang hendak menyerbu Kota Mekkah di bawah pimpinan Abrahah.

Akan tetapi, sebelum tiba di Kota Mekkah, Allah SWT sudah menghancurkan terlebih dahulu pasukan Abrahah dengan memerintahkan burung Ababil yang membawa batu panas.

Faktor penyerangan yang dilakukan oleh Abrahah dan tentaranya adalah ingin menyerukan kepada bangsa Arab untuk berpindah kiblat.

Kiblat yang semula adalah Kabah maka akan berpindah ke Katedral di San’a. Abrahah berkeinginan menjadikan katredal sebagai sentral ritual keagamaan menggantikan Kabah.

Keinginan untuk mengahancurkan Kabah itu berawal dari rasa iri dan dengki kepada bangsa Arab.

Salah satu pemicunya karena banyak orang berduyun-duyun ke Mekkah untuk berhaji. Hal ini sangat memicu perputaran ekonomi yang besar. Melihat hal ini, Abrahah memiliki ekspektasi pusat ritual keagamaan di San’a, Yaman.

Abrahah ingin masyarakat Arab ketika menunaikan haji di San’a, bukan di bait al-haram.

Pesan yang terkandung dalam Surat Al Fil adalah tentang kekuasaan Allah SWT untuk menghancurkan orang-orang yang ingin menghancurkan rumah-Nnya.

Kejadian tersebut adalah nikmat dari Allah bagi penduduk Al Haram dan penjaga Rumah-Nya. Oleh karena itu, bangsa Arab senantiasa memuliakan Ka’bah Al Haram dan penduduknya hingga sekarang.

Manfaat dan Keutamaan

1. Apabila Surat Al Fil dibaca bersama Surah Al-Insyirah sesudah melakukan sholat subuh, yaitu pada rakaat pertama, setelah membaca Surah Al-Fatihah baca surah Al-Fiil, niscaya tidak ada tangan jahat yang dapat menjamahnya. Hanya syaratnya harus dilakuka secara rutin (istiqamah) dan terus menerus (mudawamah).

2. Apabila dibaca di dalam pertempuran, Insya Allah musuh akan lari dengan sendirinya karena dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang mencekam. Lebih utama bila pemimpin pasukan tempur bersama-sama anak buahnya membaca surat ini.

3. Apabila ditulis pada (pecahan genting atau atap) waktu menulisnya dalam keadaan suci, lalu ditanam dirumah musuh yang dzalim (menanamnya ditempat yang tidak dipijak) maka rumah itu setiap saat seakan-akan dilempari batu sehingga menyebabkan orang yang dzalim tadi tidak sanggup tinggal dirumahnya. Keadaan seperti ini terus berlangsung selama pecahan genting tersebut belum diambil

4. Apabila dibaca 20x selama 7 hari akan disampaikan hajat yang pelik dan ganjil. Apabila dibaca 1,000x selama 40 hari akan dimurahkan rezeki dan disampaikan hajat.

5. Apabila dibaca 1,000x selama 10 hari jika selama hidupnya dibenci orang nescaya akan dikasihi.

6. Apabila dibaca 170x pada makanan atau gula-gula atau minyak wangi diberi pada wanita atau isteri dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala dikasihi dan disayangi.

Baca Juga Surat At Takatsur Ayat 1-8

Isi Kandungan Surat Al Fil

Berikut ini isi kandungan surat Al Fil yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Fil mengisahkan kehancuran Abrahah dan pasukan bergajah yang hendak menyerbu Makkah.
2. Surat ini mengajak Rasulullah dan umatnya, termasuk orang-orang Quraisy, untuk memperhatikan tanda kekuasaan Allah khususnya dari sejarah.

3. Surat Al Fil mengingatkan nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy. Allah telah menyelamatkan mereka dari pasukan Abrahah tersebab perlindungan-Nya kepada Ka’bah yang ada di tengah-tengah suku Quraisy.

4. Allah Maha Kuasa, segala kekuasaan tunduk pada kekuasaan-Nya. Maka siapa yang dilindungi-Nya, tidak ada yang mampu mencelakainya. Sebaliknya, siapa yang dihancurkan Allah, tidak ada yang mampu melindunginya.

5. Sangat mudah bagi Allah untuk menolong siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sangat mudah bagi Allah menghancurkan siapa yang ingin dihancurkan-Nya. Juga sangat mudah bagi Allah menghadirkan cara dan jalan kehancuran musuh-musuh-Nya.

Demikianlah Lafadz Surat Al Fil Lengkap Tulisan Arab, Latin dan Artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com dan menambah keimanan kita kepada Allah yang Mahakuasa. Wallahu a’lam bish shawab.