Lafadz Surat Al Fatihah 1-7 Lengkap Tulisan Arab, Latin Beserta Artinya

Lafadz Surat Al Fatihah 1-7 Lengkap Tulisan Arab, Latin Beserta Artinya| Assalamualaikum wr.wb para sahabat ? Semoga kalian di beri kesehatan dan rezeki yang melimpah , Amin. Pada artikel kali ini admin akan membagikan bacaan atau lafadz dari surat pertama dari Al Qur’an yakni Surat Al Fatihah.

Surat ini merupakan surat yang harus atau wajib di lafadz kan dalam sholat 5 waktu dan juga sholat wajib lainnya. Bagi sahabat yang melaksanakan sholat fardhu tentunya sudah bisa membaca dengan lancar atau menghafalnya. Akan tetapi , sebagian dari sahabat masih banyak yang belum tahu arti surat Al Fatihah ini.

surat al fatihah

Lalu apa pentingnya tahu arti nya ?  Tentu saja sangat penting , karena dengan tahu arti dari surat ini, kita akan semakin khusu’ dalam membacanya serta tahu apa sebenarnya perintah Allah yang dituangkan dalam Al Qur’an surat Al -Fatihah ini . Nah di bawah ulasan berikut ini , admin sudah menyiapkan Lafadz Surat Al Fatihah lengkap dengan tulisan arab dan latin beserta artinya khusus untuk sahabat Satudoa.com.

Al Qur’an Surat Al Fatihah

Surat Al-Fatihah ( pembukaan) adalah surah pertama dalam al-Qur’an. Surah ini diturunkan di kota Mekah dan terdiri dari 7 ayat. Al-Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur’an.

Surah ini disebut Al-Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran. Dinamakan Ummul Qur’an (أمّ القرءان; induk al-Quran) atau Ummul Kitab (أمّ الكتاب; induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Dinamakan pula As Sab’ul matsaany (السبع المثاني; tujuh yang berulang-ulang) karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam shalat.

Baca Juga : Lafadz Doa Iftitah Sesuai Sunnah

Dalam pelaksanaan shalat, Al-Fatihah dibaca setelah pembacaan Doa Iftitah dan dilanjutkan dengan “Aamiin” dan kemudian membaca ayat atau surah al-Qur’an (pada rakaa’at tertentu). Al-Fatihah yang dibaca pada rakaat pertama dan kedua dalam salat, harus diiringi dengan ayat atau surah lain al-Qur’an. Sedangkan pada rakaat ketiga hingga keempat, hanya Al-Fatihah saja yang dibaca.  ( sumber : wikipedia)

Lafadz Surat Al Fatihah 1-7 Lengkap Tulisan Arab, Latin Beserta Artinya

Berikut ini adalah lafadz / bacaan surat Al Fatihah beserta artinya dalam bahasa Indonesia : 

 

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

” bismillahir-raḥmanir-raḥīm “

” Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. “

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

” al-ḥamdu lillahi rabbil-‘alamīn “

” Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. “

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

” ar-raḥmanir-raḥīm “

” Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. “

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

” maliki yaumid-dīn “

” Yang menguasai di Hari Pembalasan. “

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

” iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’īn “

” Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. “

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

” ihdinaṣ-ṣiraṭal-mustaqīm “

” Tunjukilah kami jalan yang lurus, “

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

” ṣiraṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍallīn “

” (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. “

Doa Surat Al Fatihah

اللَّهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الْفَاتِحَةِ وَبِبَرَكَةِ الْفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةَ الْفَاتِحَةِ أَنْ تَفْتَحَ لَنَا أَبْوَابَ الْخَيْرِ , وَأَنْ تَتَفَضَّلَ عَلَيْنَا بِكُلِّ الْخَيْرِ, وَأَنْ تَجْعَلَنَا مِنْ أَهْلِ الْخَيْرِ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ وآخِرُ دَعْوَاهُمْ عَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ

Baca Juga : Surat Al Bayyinah Ayat 1-8

Isi Kandungan

Surat Al Fatihah ini mengandung makna agung Al-Qur’an. Kandungan Surat Al-Fatihah ini mencakup tujuan asasi Al-Qur’an secara umum, yaitu prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, permohonan pertolongan melalui doa, permohonan atas hidayah agama yang lurus kepada-Nya, permohonan ketetapan iman di jalan orang-orang saleh terdahulu, dijauhkan dari jalan orang yang dimurka dan orang sesat.

Surat ini juga mengandung kabar umat terdahulu, penglihatan atas tangga kebahagiaan, dan jurang-jurang kesengsaraan, penilaian ibadah atas perintah-Nya, penjauhan larangan-Nya, dan banyak tujuan serta maksud lainnya.

Dalam kaitannya dengan surat-surat mulia lainnya dalam Al-Qur’an, Surat-Al-Fatihah layaknya ibu karena ia mengandung prinsip-prinsip asasi semua surat dalam Al-Qur’an sehingga tidak heran Surat Al-Fatihah dinamai juga Ummul Kitab, (Syekh Muhammad Ali As-Shabuni, Shafwatut Tafasir, [Jakarta, Darul Kutub Al-Islamiyah: 1999 M/1420 H], cetakan pertama, juz I, halaman 24).

Rahasia Surat Al Fatihah Yang Memiliki Fadilah Luar Biasa

Silahkan amalkan dan dapatkan manfaatnya dari membaca surat Al -Fatihah ini:

1. Siapa saja yang membaca surat Al Fatihah sebanyak 41 kali di waktu sepertiga malam (waktu sahur), maka Allah mudahkan pintu rezeki dan dimudahkan segala urusannya.

2. Siapa saja yang membaca surat Al -Fatihah sebanyak 40 kali pada air, setelah itu diminum, di usapkan ke tangan, kaki, muka, kepala, dan seluruh tubuh insya allah berbagai macam penyakit akan sembuh.

3. Siapa saja yang ingin hajatnya atau keinginannya Allah kabulkan, maka bacalah surat Al Fatihah sebanyak 40 kali antara salat sunnah dan fardu subuh.

4. Siapa saja yang rutin membaca surat alfatihah setiap bakda salat fardu, maka akan dibukakan baginya berbagai pintu kebaikan, dan dicukupkan segala urusannya, baik urusan dunia maupun urusan akhirat.

5. Siapa saja yang memiliki hutang lalu membaca surat Al Fatihah sebanyak 41 kali dengan ikhlas, yakin kepada Allah, tekad yang kuat, insya Allah segera lunas hutangnya.

6. Siapa saja yang membaca Al -Fatihah 1 kali, Surah Al-Ikhlas sebanyak 3 kali dan Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan surat An-Nas) 1 kali, sebelum tidur, Insya Allah ia akan dilindungi dan aman dari segala hal dan ancaman seperti mimpi buruk, gangguan setan, pencurian, kebakaran dan bencana, selain ajal.

7. Siapa saja membaca surat Al -Fatihah dalam kondisi berwudlu sebanyak 70 kali setiap hari selama tujuh hari lalu ditiupkan pada air yang suci lalu diminum maka ia akan memperoleh ilmu dan hikmah serta hatinya dibersihkan dari pikiran rusak.

Demikianlah Lafadz Surat Al Fatihah 1-7 Lengkap Tulisan Arab, Latin Beserta Artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Silahkan baca ,hafalkan dan amalkan Surat Al Fatihah ini agar kita mendapatkan barokah dari Allah SWT. Sekian dari admin Wassalam…