Simak Kisah Nabi Adam AS Singkat , Manusia Pertama Berada di Bumi

Simak Kisah Nabi Adam AS Singkat , Manusia Pertama Berada di Bumi | Assalamualaikum wr.wb sahabat Satudoa.com. Semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT. Dalam ajaran agama islam, terdapat 25 Nabi yang diriwayatkan kehidupannya. Yang pertama adalah Nabi Adam AS dan yang terakhir adalah Nabi Adam SAW.

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah untuk berada di muka bumi sebagai khalifah. Adam diciptakan oleh Allah dari tanah dan tinggal di surga atau taman eden, tetapi kemudian diusir dari sana karena memakan buah terlarang. Bersama Hawa, Adam kemudian memiliki beberapa anak, di antaranya adalah Qabil (Kain), Habil (Habel), dan Syits (Set).

kisah nabi adam

Dalam Al-Qur’an , nama Adam disebutkan 25 kali dan kisahnya termaktub dalam surah Al-Baqarah (2): 30-39, Al-A’raf (7): 11-25, Al-Hijr (15): 26-44, Al-Isra’ (17): 61-65, Thaha (20): 115-126, dan Shad (38): 67-88, sedangkan kisah Adam dalam Tanakh (kitab suci Yahudi) dan Alkitab (kitab suci Kristen) termuat pada Kitab Kejadian (Beresyit) pasal 2-5. Selain dari kitab suci, kisah Adam juga terdapat dalam beberapa riwayat hadits dan literatur Rabinik.

Baca Juga : Kisah Nabi Ibrahim AS

Kisah Nabi Adam AS Singkat , Manusia Pertama Berada di Bumi

Pada suatu peristiwa, Allah menyampaikan kepada para malaikat dan juga iblis bahwa akan meciptakan sesosok manusia yang terbuat dari tanah untuk menjadi khalifah di bumi. Kemudian, Allah pun memerintahkan para malaikat untuk mengambil tanah yang ada di bumi untuk membawanya ke surga. Malaikat Izrail berhasil menjalankan tugas dari Allah untuk mengambil sari pati tanah di Bumi.

Allah kemudian menciptakan makhluk hidup yang paling sempurna yang memiliki akal dan pikiran. Manusia pertama yang diciptakan diberi nama Adam AS. Para malaikat pun diminta untuk bersujud sebagai bentuk penghormatan pada Adam. Semua malaikat dan seluruh ciptaan Allah bersujud dihadapan Adam kecuali iblis.

Iblis tidak mau bersujud lantaran merasa dirinya lebih tinggi dibanding Adam karena diciptakan Allah dari api. Akhirnya Allah mengusir iblis dari surga. Iblis kemudian meminta penangguhan, tidak bisa mati dan tidak diazab sampai hari kiamat.Sebagian pendapat menyatakan bahwa permohonan iblis diterima sebagai balasan atas amal baik dan ketaatan yang dia lakukan sejak sebelum Adam diciptakan, yang membuatnya dapat tinggal di surga. 

Beberapa menyatakan bahwa iblis, dulunya bernama Azazil, sebelumnya adalah pemimpin para malaikat sehingga dia tinggal di surga. Pendapat lain menyatakan bahwa iblis termasuk bangsa jin yang membuat kerusakan di bumi sehingga para malaikat menahannya. Iblis pun berjanji akan menggoda Nabi Adam AS dan keturunannya sampai hari kiamat tiba agar tidak mau bersarah diri dan menuruti perintah Alah.

Baca Juga : Kisah Nabi Isa AS

Demikianlah Kisah Nabi Adam AS Singkat , Manusia Pertama Berada di Bumi sekaligus sebagai khalifah. Semoga kisah ini bisa memberikan pelajaran kepada kita semua untuk selalu bertaqwa serta menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar kita mendapatkan surga-Nya kelak, Amin.