Doa Virus Corona

Virus Corona : Doa Mujarab Supaya Terhindar dari Virus Berbahaya | Waspada Corona! setelah beberapa waktu lalu Presiden Jokowi meng-informasikan bahwa 2 orang Indonesia telah positif Corona  dan tentunya ini menjadi salah satu momok yang menakutkan untuk kita semua.

Nah berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai Corona Virus dan Doanya , agar kita semua dapat mencegah penularan virus berbahaya ini.

doa virus corona

Tentang Virus Corona

( sumber : WHO ) . Corona virus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, beberapa corona virus diketahui menyebabkan infeksi pernafasan.

Contoh penyakitnya adalah mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Virus corona yang paling baru ditemukan dan sedang menjadi wabah saat ini adalah SARS-CoV-2. Sementara nama resmi penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 adalah COVID-19.

Apa Itu COVID-19

COVID-19 adalah nama untuk mengidentifikasi penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang paling baru ditemukan (SARS-CoV-2).

Nama COVID-19 diumumkan oleh Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam suatu sidang di Jenewa, Swiss, Selasa (11/2/2020).

Sebelumnya WHO memang memberi penamaan sementara virus corona yang melanda China ini dengan nama 2019-nCoV.

International Committee on Taxonomy of Viruses (ICTV) kemudian memberi nama virus tersebut SARS-CoV-2.

Nama tersebut merujuk pada Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2, yang merupakan jalur dari spesies SARS-CoV.

Sementara COVID-19 adalah nama resmi penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut.

Nama resmi tersebut diambil dari kata ‘corona’, ‘virus’, dan ‘disease’.

CO: corona

VI: virus

D: Disease

Sementara 19 merepresentasi tahun di mana pertama kali virus itu menyebar, 2019

Virus ini merupakan virus yang berasal dari Wuhan , Hubei sudah menyebar ke beberapa negara seperti Korea, Jepang dan kini Indonesia. Kini masyarakat dihimbau untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam hal kesehatan.

Pandemi virus corona yang menyebar pertama kali di Wuhan, China menyebar ke sejumlah negara di dunia. Data sementara dari Komisi Kesehatan Nasional China mencatat ada lebih 2.800 orang di China terkontaminasi dan lebih dari 80 orang meninggal. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah mengingat penularan virus masih terjadi.

Gejala Virus Corona

Masing-masing orang memiliki respons yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus ini akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala yang paling umum:

  • demam
  • batuk kering
  • kelelahan

Gejala yang sedikit tidak umum:

  • rasa tidak nyaman dan nyeri
  • nyeri tenggorokan
  • diare
  • konjungtivitis (mata merah)
  • sakit kepala
  • hilangnya indera perasa atau penciuman
  • ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Gejala serius:

  • kesulitan bernapas atau sesak napas
  • nyeri dada atau rasa tertekan pada dada
  • hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami gejala serius. Selalu hubungi dokter atau fasilitas kesehatan yang ingin Anda tuju sebelum mengunjunginya.

Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus melakukan perawatan mandiri di rumah.
Rata-rata gejala akan muncul 5–6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi.

Pencegahan Virus Corona

Lindungi diri Sahabat dan orang lain di sekitar Sahabat dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19:

  • Cuci tangan Sahabat secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
  • Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin.
  • Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.
  • Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Sahabat.
  • Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Sahabat dengan lengan atau tisu.
  • Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.
  • Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat segera mengarahkan Sahabat ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Sahabat serta mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.

Masker

  • Masker dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya kepada orang lain. Mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari COVID-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Doa Mujarab Agar Terhindar dari Virus Corona

Selain kita menaati protokol kesehatan , Kita sebagai seorang muslim dalam menghadapi Pandemi Virus Corona juga wajib meyakini bahwa ini adalah termasuk dalam takdir Allah SWT , dan memaksa diri kita untuk selalu bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT.

Allah SWT Berfirman : “Dan barang siapa yang bertawakkal kepada-Ku niscaya Aku akan mencukupkan (kebutuhannya)nya. Sesungguhnya Allah melakukan urusan yang dikehendaki Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Thalaq: 3)

Serta tetap optimis dengan melakukan tindakan ikhtiar, karena disebutkan dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah Allah menjatuhkan penyakit kecuali Allah jugalah menjatuhkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Bahwasannya setiap penyakit di dunia ini pasti ada obatnya dari sisi Allah SWT. Sehingga kita tidak perlu khawatir. Penyakit hati yang berhubungan dengan keimanan seseorang saja Allah turunkan obatnya, apalagi penyakit dalam urusan-urusan badan manusia.

Diantara tindakan pencegahan yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam, yakni dengan mengamalkan doa, berikut adalah doa meminta perlindungan dari penyakit kulit, gila, dan berbagai penyakit jelek termasuk meminta perlindungan Allah dari wabah Virus Corona

Ber-ikhtiar dalam Menghadapi Virus Corona

Berikut beberapa ikhtiar bathin yang beliau sampaikan sebagaimana dikutip dari instagram @s.kakung berupa doa yang bisa kita amalkan di antaranya:

1. Menyempurnakan wudhu.

2. Rutin membaca kalimat

بسم الله لا يضر مع اسمه شئ في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم،

“BismiLlãhi lã yadhurru ma’asmiHi syai-un fil ardhi walã fissamã-i waHua s-Samii’ul ‘Aliim,”

Baca setiap habis Subuh dan Maghrib; juga jika mau keluar rumah,.

3. Mewiridkan asma Allah

يا سلام

(yã Salãm)

يا حفيظ

(yã Hafiizh),

يا مانع يا ضآر ،

(yã Mãni’u yã Dhãrru).

Masing-masing minimal 20 kali setiap habis salat.

4. Membaca Shalawat yang disukai atau dihafal dalam waktu longgar.

Membaca Doa

Selain menjaga kekebalan tubuh, kita sebagai umat islam tentunya harus berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari segala macam penyakit menular termasuk Virus Corona. Untuk itu disini saya akan berbagi doa dengan kalian semua yakni Doa Mujarab Supaya Terhindar dari Virus Corona dan juga penyakit-penyakit menular lainnya. Berikut Doanya.

Doa Terhindar dari Penyakit menular

Doa agar terlindung dari penyakit menular yang diajarkan Nabi Muhammad SAW diantaranya terdapat dalam hadist sahih Abu Daud.

Berikut adalah bunyi doa agar terhindar adri penyakit menular.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

“Allaahumma innii a’uudzu bika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi il asqoom”

Artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.” H.R Abu Dawud: 1334.

Doa Terhindar dari Cobaan Berat

Doa berikut ini menurut Quraish Shihab adalah doa yang dianjurkan oleh Allah SWT kepada para nabi untuk dibaca berulang-ulang.

Terlebih ketika mendapatkan bencana atau cobaan.

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

“Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.”

Doa Terhindar dari Bencana

Saat ini di manapun berada kita menyaksikan berbagai bencana, mulai dari gunung meletus, banjir bandang, longsor dan bencana-bencana lain.

Siapapun akan bersedih jika mendapatkan bencana tersebut.

Apalagi bencana atau musibah tersebut menjadikan kita kehilangan orang-orang yang kita sayangi.

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim.”

Artinya “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.

Doa Qunut Nazilah Pencegah Virus Corona

Selain doa dihindarkan dari penyankit menular ada juga doa lain yang bertujuan untuk menghindarkan segala penyakit.

Salah satunya adalah doa Qunut Nazilah yang bisa diamalkan setiap harinya.

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافيْتَ, وَتوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطيْتَ, وَقِنِي شَرَّ مَا قضَيْتَ, فإنَّكَ تَقْضِى وَلا ُيُقْضَى عَلَيْكَ, فإنَّهُ لا يَذِلُُ مَنْ وَالَيتَ, وَلا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, أسْتَغْفِرُكَ وَأتُوْبُ إلَيْكَ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

“Allaahumahdinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baariklii fii maa a’thait, wa qinii birahmatika syara maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man walait, wa laa ya ‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabannaa wa ta’aalait,

Falakal hamdu ‘alaa maa qadhait, astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa baarik wa sallam”

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang telah Engkau berikan petunjuk, dan berilah aku kesehatan sebagaimana orang-orang yang telah Engkau beri kesehatan, dan pimpinlah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau pimpin, dan berilah berkah pada segala sesuatu yang telah Engkau berikan kepadaku,

Dan berilah aku perlindungan dari segala kejahatan yang telah Engkau pastikan, karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menentukan (menghukum) atas apa yang Engkau izinkan. Sesungguhnya tidak akan hina orang-orang yang telah Engkau berikan kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia siapa saja yang telah Engkau musuhi. Segala berkah atas Mu dan segala keluhuran atas Mu.

Segala puji bagi Mu atas segala yang Engkau pastikan. Hamba memohon ampunan dan kembali (taubat) pada Mu. dan sholawat, rahmat dan berkah Mu atas Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.”

Umat muslim juga disarankan untuk membaca doa:

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِ

Artinya : “Ya Allah, sehatkanlah badan ku. Ya Allah sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah sehatkanlah penglihatanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau”.

Bisa juga dengan membaca doa meminta keselamatan hidup. Berikut lafal doanya :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya,: “Yaa Allah Ya Tuhanku , bukakanlah untuk kami pintu kebajikan, keberkahan,kenikmatan,  rezeki,  kekuatan,  kesehatan,  keselamatan,  afiyah, dan pintu surga.

Yaa Allah Ya Tuhanku ,  hindarkan kami dari semua ujian di dunia dan siksa diakhirat. Palingkan kami dari kejelekan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Mudah mudahan salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Membaca Sholawat Tibbil Qulub

Selain doa Qunut ada juga amalan yang bertujuan untuk menghindarkan segala penyakit.

Adalah dengan membaca sholawat Tibbil Qulub.

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

“Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.”

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Demikianlah ulasan mengenai Virus Corona / Corona Virus dan doa nya , semoga bermanfaat untuk kita semua agar kita selalu di beri kesehatan oleh Allah SWT dan di jauhkan dari segala macam penyakit termasuk virus Corona yang kini terdeteksi di Indonesia.