Doa Untuk Suami

Doa Untuk Suami | Assalamualaikum wr.wb para sahabat ? Pada kesempatan ini admin akan membagikan bacaan doa yang dikhususkan untuk para wanita (istri ) yakni Doa Untuk Suami.

Bagi para istri tentunya men-doa-kan suami adalah salah satu amalan yang sangat penting bagi kehidupan rumah tangga. Doa untuk suami dari seorang istri dapat meliputi: doa untuk suami agar terhindar dari harta yang haram, doa memperoleh rezeki yang baik dan halal, doa untuk suami agar selalu dilindungi, dan lengkapnya dijelaskan dalam artikel ini.

doa untuk suami

Suami Istri

Seorang istri wajib ber doa untuk suami nya. Hal ini karena kehidupan rumah tangga yang baik adalah ketika pasangan suami istri mempunyai komposisi seimbang.

Layaknya suatu sistem yang saling bekerja sama, berkoordinasi, saling melengkapi, saling mengisi. Hal ini perlu diwujudkan untuk memelihara kehidupan rumah tangga yang senantiasa penuh mawaddah, rahmah dan sakinah.

Seorang suami mempunyai kewajiban untuk memberi nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarganya.Sedangkan istri ialah orang pertama yang siap menjadi wakil suami.

Disamping memberikan dukungan melalui bentuk perbuatan dan ucapan, tentunya dukungan lain yang sangat diperlukan adalah sebuah doa.

Berdoa merupakan suatu sarana komunikasi seorang hamba dengan Tuhan. Karena segala peristiwa yang terjadi selama di dunia merupakan kehendak Tuhan.

Berdoa kepada suami, berarti memohon kepada Allah SWT atas segala hal yang berurusan dengan suami. Memohon supaya suami menjaga iman, dilancarkan rezekinya, kasih sayang, tanggung jawab, dan kebaikan lainnya bagi kehidupan rumah tangga.

Baca Juga : Doa Untuk Pengantin

Kumpulan Doa Untuk Suami

Berikut kumpulan doa yang dapat dilafadzkan seorang istri untuk suami tercinta.

1. Doa Untuk Keselamatan Suami dari Bahaya

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan orang.”

2. Memperoleh Rezeki Yang Baik dan Halal

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal

Artinya: Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.

3. Doa Agar Dikaruniai Harta Yang Berkah

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَاِلي(لَنَا) وَوَلَدِي (نَا) وَبَارِكْ لي (لَنَا) فِيهِ

Allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi

Artinya: Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

4. Doa Untuk Suami Agar Terhindar Dari Harta Yang Haram

اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ ياَحَمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Artinya: Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

5. Doa Untuk Suami Yang Jauh Agar Setia

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya: Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.

Baca Juga : Doa Agar Cepat Hamil

6. Memohon Ampun Atas Dosa Dan Kelalaian Suami

Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak

Artinya: Ya Allah yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan yang Menakdirkan dan yang Mengembalikan, yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karunia-Mu.

Selain berdoa menggunakan lafadz arab, doa berikut dapat pula diucapkan

Yaa Allah! Jadikanlah aku dan suamiku diantara orang-orang yang memohon ampunan, dan jadikanlah aku dan suamiku sebagai hamba-MU yang sholeh dan setia serta jadikanlah aku dan suamiku diantara Auliya’- MU yang dekat disisi-MU, dengan kelembutan-MU, Wahai dzat Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih.

7. Terhindar Dari Harta Dan Godaan Dunia

Ya Allah, sekiranya suamiku tergoda dengan keindahan dunia-Mu, tunjukkan aku jalan yang terbaik untuk mengharungi segala dugaan dari-Mu dan limpahilah aku kesabaran untuk terus membimbingnya.

Sekiranya suamiku tunduk terhadap nafsu yang melalaikan, kurniakanlah aku kekuatan-Mu untuk aku membetulkan keadaannya.

Jika aku tersilap membuat keputusan, bimbinglah aku ke jalan yang Engkau ridhai.

8. Memohon Kesehatan dan Rasa Syukur Pada Suami

Ya Allah, berkahilah perjalanan suamiku dalam tiap langkahnya. Kuatkan dan lapangkan dadanya, berikanlah dia kesabaran tak terhingga dan jauhkan dari hal-hal yang tidak baik.

Ya Allah, limpahkanlah karunia-Mu kepada suamiku yang tengah menjalankan tugasnya sebagai kepala rumah tangga kami sesuai dengan perintah-Mu. Muliakanlah ia sebagai pemimpin kami dengan kemudahan jalan baginya di dalam mencari rezeki pemberian-Mu. Ya Allah mudahkanlah segala urusan suamiku.

9. Doa Untuk Suami Agat Terhindar Dari Perbuatan Maksiat

Yaa Allah! Janganlah Engkau hinakan aku dan suamiku karena perbuatan maksiat terhadap-MU, dan janganlah Engkau pukul aku dan suamiku dengan cambuk balasan-MU. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-MU, dengan anugerah dan bantuan-MU, Wahai puncak keinginan orang-orang yang berkeinginan!

10. Doa Agar Suami dan Istri Selamat Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. ”

“Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Atau sahabat juga bisa langsung membaca doa agar suami selamat dunia akhirat dalam kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“ Ya Allah limpahkanlah kebaikan untuk aku dan suamiku, baik di dunia dan baik di akhirat. Dan peliharalah aku dan suamiku dari siksa api neraka”.

Baca Juga : Doa Selamat

11. Doa Agar Panjang Umur

Selanjutnya adalah meminta agar suami dikaruniai panjang umur oleh Allah. Selain menjaga silaturrahmi dengan sanak saudara, sahabat juga dianjurkan untuk berdoaa agar sahabat dan suami diberikan panjang umur.

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Allaahumma Thòwwil Umuuròna, Wa Shòhhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubana, Wa Sabbit Iimaananaa Wa Ahsin A’maalanaa, Wa Wassi’ Arzaqònaa, Wa Ilal Khòiri Qòrribnaa Wa ‘Anisy-syarri Ab’Idnaa, Waqdhikhawaa-Ijana Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhirati Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in Qòdiir.”

Artinya : “Ya Allah, panjangkanlah umur kami, berilah kesehatan pada jasad kami, berilah keterangan pada hati kami, jagalah iman kami, luruskanlah amalan kami, perbanyaklah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam beragama, dunia, dan akhirat. sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

12. Doa Agar Dihindarkan dari Segala Kesulitan

Terakhir, doa yang bisa sahabat panjatkan kepada Allah untuk suami adalah doa agar dihindarkan dari segala kesulitan.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي، وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

“Allahumma Innii As-alikal ‘Afwa Wal ‘Aaffiyah Fid Dun-yaa Wal Aakhirah. Allahumma Innii As-Alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah Fi Diini Wa Dunyaa-ya Wa Ahlii Wa Maalii. Allahummas-Tur ‘Au-Raatii Wa Aamin Rau-‘aatii.”

“Allahumma-Fadz-Nii Min Baini Yadayya Wa Min Khalfii Wa ‘An Yamiinii Wa ‘An Syimaalii Wa Min Fauqii. Wa A-‘Uudzu Bi ‘Adzmatika An-Ughtaala Min Tahtii.”

Artinya : “Yaa Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan-Mu dan bebaskanlah aku dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon ampunan kepada-Mu agar terhindar dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. “

“Ya Tuhan-ku, lindungilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Y’a Allah, peliharalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

Atau sahabat juga bisa langsung membaca doa agar suami terhindar dari kesulitan kalimat bahasa Indonesia seperti berikut ini.

“Ya Allah, Tuhan kami, lapangkanlah dada aku dan suamiku, mudahkanlah urusan aku dan suamiku dan jangan engkau persulit Ya Allah. Sesungguhnya engkau Maha Segala Sesuatu”.

Puisi Doa Untuk Suami Tercinta

Puisi Doa Untuk Suami

Suamiku…
Dia adalah yang menaklukan hatiku ketika pertama memandang
Dia adalah hadiah Ar Rahman kepadaku setelah kesabaranku menanti

Betapa sering dalam sujudku bermunajat
Agar dianugerahi teman yang shalih
Teladan dalam meniti hidup
Yang menjaga rahasiaku
dan
Mengusap air mataku
S’lalu berusaha mengembalikan senyuman
Di bibirku

Dia lah suamiku
Nahkoda bahteraku
Dia adalah orang yang membangunkan di kelam malam
Dengan setiap rakaatnya… kian bertambah cintaku padanya
Dia tak kan nyenyak tidur ketika sakitku
Dia membetulkan bacaan dan hapalan Al Quranku
Bersama mempelajari hadits2 Al Mushthafa
Dan menerapkan dalam setiap muamalah

Yang memaafkan salahku
Dengan akhlak Nabi ia memperlakukanku
Dialah teman dunia dan akhiratku

Ya Allah jagalah ia dan mudahkanlah urusanya
Jauhkanlah ia dari fitnah dunia dan perhiasannya
Sibukkan dia dengan cita2 akhirat dan jadikan dia ridha kepadaku
Jasad kami fana di dunia ini.. maka jadikanlah cinta dan kasih sayang kami sepanjang masa hingga di surga

Segala puji bagiMu ya Rabb
Yang telah menganugerahkan pria ini untukku
Sungguh! Aku bersaksi kepadaMu bahwa
Kucintakan dia di jalan Mu
Jangan lah jauhkan aku dari dia
Dan jadikanlah aku bidadarinya dunia dan akhirat

Demikianlah ulasan mengenai Doa Untuk Suami yang bisa sahabat panjatkan sebagai seorang istri yang solehah. Semoga Allah senantiasa mengabulkan doa yang menjadi keinginan para sahabat Satudoa.com.