Doa Untuk Pengantin

Doa Untuk Pengantin | Assalamualaikum wr.wb para sahabat ? Semoga kalian selalu di beri kesehatan dan rezeki yang melimpah , amin. Pada topik kali ini admin akan mengulas mengenai ucapan ataupun bacaan doa untuk pengantin yang baru saja menikah atau pengantin baru.

Bagi para sahabat yang ingin menjalankan kehidupan baru bersama pasangan , tentunya menginginkan kebaikan dalam proses akad nikah maupun setelah akad nikah . Nah berikut ini satudoa akan membagikan doa untuk pengantin baru mulai dari akad nikah hingga menjelang berhubungan intim setelah sah sebagai pasangan suami dan istri.

doa untuk pengantin

Pernikahan

Pernikahan adalah ibadah yang begitu suci dan mulia. Menikah harus mengikuti rukun dan syarat sah nikah di dalam ajaran agama Islam. Doa untuk pengantin pun termasuk amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain itu, semakin lengkap rasanya apabila kunjungan tersebut dihiasi dengan ucapan selamat menikah dan doa-doa terbaik untuk kedua mempelai.

Diantara doa yang kerap didengar diucapkan dalam momen sakral pada pernikahan ada doa yang sempurna menurut Islam untuk kedua mempelai. Doa pernikahan ini harus diucapkan lengkap dalam walimatul ursy secara Islam. ( sumber : Popmama.com )

Doa Untuk Pengantin Baru Yang Menikah Secara Islam

Dalam doa, kita tengah menyampaikan harapan dan permintaan kita kepada-Nya, atas pernikahan kedua mempelai. Apa yang perlu kita ungkapkan dalam doa restu untuk kedua pengantin adalah sebuah doa untuk pengantin yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

1. Doa Akad Nikah

Berdoa untuk pengantin pada saat akad nikah disertai resepsi hendaknya dipanjatkan oleh orang-orang yang menghadirinya, termasuk orangtua, keluarga besar, kerabat, terlebih para ulama dan orang-orang saleh. Melakukan Doa akad nikah diperbolehkan dengan berbagai doa, namun isinya harus meminta kebaikan dan dilandasi dengan niat yang benar.

Berikut ini Doa dari Rasulullah SAW yang direkam dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

bacaan doa

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

2. Doa Setelah Akad Nikah Untuk Pengantin

Setelah sah menjadi pasangan suami dan istri, mempelai pria sangat disarankan untuk memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

3. Doa Sebelum Berhubungan Intim

Sebelum berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR. Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434. Doa yang harus dibaca adalah:

اللَّهُمَّ جَنِّبْنِى الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

4. Doa Mohon Diberi Keturunan

Agar segera dianugerahi momongan oleh Allah, doa untuk pengantin ini harus dibaca oleh pasangan suami istri. Seperti disebutkan dalam QS. As-Shafat: 100 yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”

Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. Maka dari itu kamu juga boleh membaca doa dengan lafaz:

“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Tak dilarang juga menggunakan doa-doa yang lainnya karena semua doa bertujuan baik.

5. Doa Agar Diberi Keberkahan Untuk Pengantin

Apabila mendapat undangan untuk hadir di resepsi pernikahan, sebagai tamu yang baik jangan lupa memanjatkan doa untuk pengantin baru, seperti diriwayatkan oleh HR Ahmad dan HR Muslim berikut.

“Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka, serta berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan pada mereka” (HR Ahmad)

Sementara diriwayatkan oleh Hadits Riwayat Muslim, bacaan doa untuk pengantin yaitu sebagai berikut.

“Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum”

Artinya:“Ya Allah berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan pada mereka, ampunilah mereka serta sayangilah mereka” (HR Muslim)

Makna dan Keutamaan Membaca Doa untuk Pengantin

Ketika mengucap doa , berarti memohon keberkahan untuk si pengantin baru, baik dalam hal rezeki maupun kebahagiaan kehidupannya. Selain itu, memberi doa untuk pengantin baru juga merupakan bentuk ibadah. Berikut beberapa keutamaan membaca doa nikah.

  • Mengucap kalimat doa juga bernilai ibadah.
  • Bagi tamu undangan, mengucap doa pengantin artinya turut mengharap agar mereka menjadi pasangan yang saling percaya, selalu rukun dan saling menyempurnakan.
  • Mengucap doa nikah berarti turut mengantarkan mereka menuju kehidupan baru, yaitu kehidupan pernikahan.
  • Bagi pasangan pengantin, mengucap doa pernikahan juga bermakna meningkatkan ketakwaan pada Tuhan.

Selain mengucapkan “selamat menempuh hidup baru”, atau “selamat, semoga bahagia”, ternyata banyak ucapan untuk orang menikah (doa nikah) yang tidak kalah bermakna. Pernikahan merupakan momen yang membahagiakan. Oleh karena itu, mari menghujani mereka dengan doa-doa terbaik agar kehidupan mereka selalu dilimpahkan kebaikan.

Demikianlah ulasan mengenai Doa Untuk Pengantin Baru yang dapat admin bagikan semoga bermanfaat. Silahkan sahabat amalkan doa doa tersebut ketika akan menempuh hidup baru bersama pasangan agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah. Amin.