Doa Untuk Orang Tua

Doa Untuk Orang Tua | Assalamualaikum wr.wb sahabat setia Satudoa.com. Pada ulasan kali ini admin akan membahas mengenai doa paling utama setelah selesai sholat yaitu Doa untuk kedua orang tua kita.

Seperti pada artikel artikel sebelumnya, admin akan membagikan lafadz doa dalam bentuk tulisan arab , latin dan artinya lengkap dengan manfaat yang akan sahabat dapatkan. Berikut ulasannya :

doa untuk orang tua

Orang Tua

Orang tua merupakan ayah dan ibu yang terikat dalam suatu perkawinan yang sah dan didalam perkawinan itu menghadirkan sosok buah hati yang nantinya bisa mengantarkan mereka ke surganya Allah SWT dengan cara doa anak sholeh dan sholehah.

Tanggung jawab orang tua sangat besar sekali terhadap anak-anaknya. Mereka harus merawat, mengajari, membiayai, mensekolahkan dan mendidik anaknya untuk menjadi orang yang baik dan bertanggung jawab ketika dewasa nanti.

Mereka menyiapkan anaknya untuk siap bersosial dan bermasyarakat serta menjadi generasi penerus keluarganya.

Maka dari itu, peran anak didalam keluarga menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Mendoakan orang tua termasuk bukti kebaktian sang anak, berbakti juga perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan sang anak, karena ridho Allah SWT terletak pada ridho orang tua.
Doa anak sholeh dan sholehah merupakan amalan jariyah yang tidak akan pernah putus ketika orang tua telah tiada. Hal ini sesuai sabda rasulluah SAW berikut :

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Baca Juga : Doa Selamat

Doa Untuk Kedua Orang Tua

Islam mengajarkan untuk berbakti kepada orang tua, sehingga pantangan besar ketika sang anak menyakiti hati orang tua, seorang anak juga diharuskan mendoakan kedua orang tua, dengan terus menerus mendoakan kedua orang tua, salah satu bukti bakti kita sebagai anak.

Ada beberapa cara kita mendoakan orang tua. Dengan cara mendoakan disaat orang tua masih hidup ataupun disaat orang tua sudah meninggal dunia. Berikut ulasan doanya:

1. Doa Untuk Orang Tua Yang Masih Hidup

Orang tua sangat menyayangi anaknya, kita sebagai anak tak akan pernah bisa membalas jasa dan pengorbanan mereka yang berjuang hidup dan mati demi sang anak tumbuh sehat dan baik akhlaknya.

Maka dari itu, tak pantas jika kita mencela, menghina, dan mendurhakai mereka. Sebab itulah, mendoakan, menyayangi, dan berbakti kepada orang tua perlu kita lakukan selama mereka masih hidup. Berikut doanya:

masih hidup

Lafadz Arab

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Lafadz Latin

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

Baca Juga : Doa Qunut Nazilah

2. Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia.

Ketika orang tua sudah meninggal dunia, mungkin sebagian mereka menyesali atas kurang baktinya kita terhadap mereka, atau kurangnya kasih sayang kita ke mereka dan sering mengabaikan, karna kita terlalu sibuk dengan pekerjaan atau hal hal lainya.

Maka dari itu, gunakanlah moment terbaik disaat orang tua kita masih ada, peluklah mereka, bahagiakan mereka, sediakan waktu serta sering seringlah mengunjungi mereka, karena kita tak akan pernah tau sampai mana kita bisa bertemu kembali dengan mereka.

Jika sudah terlambat, penyesalan pun datang menghampiri. Akan tetapi, jika orang tua sudah tiada pun, kita masih punya kesempatan berbakti dengan cara mendoakan mereka. Berikut ulasan doanya:

sudah meninggal

Lafadz Arab

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Lafadz Latin

“Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.

Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

3. Doa Untuk Orang Tua Yang Sakit

Ketika orang tua sedang sakit , sebagai anak pasti akan merasakan kesedihan mendalam.

Selain memberikan bantuan medis, kita juga bisa mendoakan orang tua yang sedang sakit. Berikut bacaan doa nya:

bacaan doa

Lafadz Arab

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Lafadz Latin

“Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Artinya : “Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Baca Juga : Doa Pembuka Rezeki

4. Doa Untuk Orang Tua Yang Sakit Parah

Semakin tua usia orang tua kita, maka semakin banyak kelemahan, kekurangan dan penyakit yang dialaminya. Ada kalanya orang tua mengalami sakit yang parah sehingga membuat Anda merasakan kesedihan yang mendalam.

Anda dianjurkan untuk memanjatkan doa agar diberi kesehatan orang tua kepada Allah. Hal ini agar orang tua yang sedang sakit dapat segera sembuh.

Mintalah kepada Allah untuk menyembuhkannya. Berikut bacaan doa untuk orang tua yang sakit parah.

doa

Lafadz Arab

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

Lafadz Latin

“Allahumma Ahyini Maa Kaa Natil Khayatu Khairalli, Watawaf Fanni Adza Kaanat Wafaatu khiralli.”

Artinya : “Ya Allah, Sembuhkanlah penyakitnya jka itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Manfaat Mendoakan Orang Tua

Mengamalkan doa untuk orang tua tidak hanya bermanfaat untuk orang tua saja. Mengamalkan dan mendoakan kedua orang tua juga memberikan manfaat buat yang memanjatkannya.

Doa Untuk Orang Tua

Apa saja makna dari mendoakan orang tua?

Berikut beberapa manfaat mengamalkan doa untuk orang tua.

1. Menjadi Amalan Mulia

Mengamalkan doa untuk orang tua merupakan cara berbakti kepada kedua orang tua.

Hal ini akan menjadi perbuatan dan amalan yang mulia.

Jika ingin mendapatkan kebaikan, maka seseorang harus mendahulukan amal-amal. Dan amal-amal yang paling diutamakan adalah amalan berbakti kepada orang tua atau Birrul Walidain

2. Mendapatkan Ridha Allah Ta’ala

Ridha Allah akan didapatkan tergantung dari ridha kedua orang tua.

Artinya, seorang anak yang ingin mendapatkan ridho dari Allah harus berbakti kepada orang tuanya.

Demikian pula murka Allah juga tergantung dengan murka dari orang tua. Allah sangat menyukai hambanya yang berbakti kepada kedua orang tuanya

3. Menghilangkan Kesulitan

Berbakti kepada orang tua dengan cara mendoakannya akan membuat setiap orang terhindar dari kesulitan-kesulitan.

Setiap hamba pasti akan mendapatkan cobaan berupa kesulitan dalam tingkatan berbeda-beda.

Kesulitan yang dialami bisa dilalui dengan melakukan tawasul berbakti kepada orang tua. Doakanlah kedua orang tua selagi masih mampu.

Begitu berat perjuangan kedua orang tua dalam membesarkan anak-anaknya. Orang tua rela menahan rasa kantuknya untuk memerah susu dan menyusui di malam hari.

Begitu juga, berapa banyak peluh dan keringat yang harus dikeluarkan untuk membiayai kehidupan anak-anaknya.

Begitu besar jasa kedua orang tua kepada kita, maka sudah menjadi kewajiban menjadi seorang anak untuk berbakti dan mendoakannya.

Demikianlah ulasan mengenai Doa Untuk Orang Tua dan manfaatnya. Selalu sayangi dan kasihi orang tua kita seperti mereka mengasihi kita sewaktu kecil. Bahagiakan mereka selagi masih hidup dan selalu doakan mereka setelah mereka tiada. Semoga artikel ini bermanfaat.