Doa Untuk Anak Islami

Kumpulan Doa Untuk Anak Islami Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya | Assalamualaikum wr.wb sahabat, pada jumpa kita kali ini admin akan berbagi kumpulan doa yang dikhususkan untuk anak agar menjadi anak yang soleh dan solehah serta berguna bagi bangsanya.

Seperti biasa , disini admin membagikan doa untuk anak dalam bahasa arab, latin dan artinya untuk memudahkan sahabat dalam mengamalkan ataupun menghafalnya. Mari kia simak ulasan lengkapnya.

doa untuk anak

Anak dan Keluarga

Kehadiran anak di tengah keluarga merupakan anugerah yang patut disyukuri. Dalam Islam, anak tak hanya sebagai penerus nasab, melainkan juga amanah yang dititipkan oleh Allah. Kelak di akhirat, setiap orangtua akan dimintai pertanggung jawabannya kepada anak. Jika anaknya baik, maka ia bisa menjadi penolong bagi orangtuanya.

Karena itulah, penting untuk mengetahui bagaimana cara mendidik anak sehingga ia tumbuh sebagai anak yang sholeh maupun sholehah. Selain mendidik, orangtua juga sebaiknya mendoakan hal-hal baik pada anak. Apalagi doa orangtua termasuk doa yang mustajab, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orangtua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud)

Mengingat bahwa doa orangtua bisa segera diijabah, maka ada baiknya untuk memilih doa-doa yang baik untuk anak. Berikut doa untuk anak laki-laki ataupun perempuan agar sholeh dan sholehah Lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya.

Baca Juga : Doa Untuk Orang Tua

Kumpulan Doa Untuk Anak Islami

Sebenarnya berdoa bisa dengan bahasa apa saja. Namun tak ada salahnya mengambil doa yang berasal dari kutipan ayat Alquran dan beberapa doa-doa dengan bahasa Arab yang artinya bagus. Misalkan saja doa untuk anak agar beriman, bertakwa, berbakti pada orangtua, cerdas, dan bermanfaat. Berikut beberapa Kumpulan doa-doanya.

1. Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

doa untuk anak

Bacaan Arab

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Bacaan Latin

“Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.”

Artinya :

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim ayat 40).

Doa ini adalah doa yang dipanjatkan oleh nabi Ibrahim kepada Allah agar beliau dan anak cucu-nya tekun mengerjakan sholat dengan sebaik-baiknya.

Jadi dengan memanjatkan doa ini, orang tua berharap anak-anaknya menjadi anak yang rajin dan tekun beribadah kepada Allah.

2. Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

doa untuk anak

Selain mengajarkan anak untuk beribadah, hal yang utama adalah mengajarkan mereka agar bertakwa dan beriman kepada Allah.

Berikut doa untuk anak agar mereka beriman dan bertakwa sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran surah Al Furqan ayat 74.

Bacaan Arab

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Bacaan Latin

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya :

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan ayat 74).

Dengan memanjatkan doa ini, orang tua sebagai imam keluarga memohon kepada Allah agar istri-istri dan anak-anaknya menjadi orang yang bertakwa.

3. Doa Untuk Anak Agar Pintar

bacaan doa

Mempunyai anak yang pintar merupakan dambaan setiap orang tua. Untuk menjadikan anak menjadi pintar maka kita perlu mendidiknya dengan lebih ekstra.

Tidak hanya melalui pendidikan formal saja, tetapi pendidikan informal juga perlu orang tua lakukan untuk menunjang kecerdasan sang anak. Pastinya itu semua tidak cukup apabila tanpa didasari oleh doa.

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Bacaan Latin

“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya :

“Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Baca Juga : Doa Untuk Suami

4. Doa BuatAnak Agar Cerdas

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Bacaan Latin

“Allahummaj’alhu Shohììhan Kaamìlan, Wa ‘Aqìlan Haadzìqon, Wa ‘Aalìman ‘Amìlan.”

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal.”

5. Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Bacaan Latin

“Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.”

Artinya :

“Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

6. Doa Untuk Memohon Anak yang Baik

Sebagai orang tua, Anda dapat memanjatkan doa untuk anak agar menjadi pribadi yang baik berikut. Hal ini sesuai firman Allah dalam Al Quran surah Ali Imran ayat 38.

Bacaan Arab

رَبِّ هَبۡ لِي مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةٗ طَيِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Bacaan Latin

“Robbìy hablìy mìl ladunka dzurrìyyatan thoyyìbatan ìnnaka samì’ud du’a.”

Artinya :

Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imran Ayat 38).

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan nabi Zakaria agar beliau dikaruniakan seorang anak yang baik, karena Allah Maha Pendengar Doa dan Maha Mengetahui.

7. Doa Mohon Kebaikan Untuk Anak

Bacaan Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْ أَوْلاَدِي وَاحْفَظْهُمْوَلَا تَضُرَّهُمْ وَارْزُقْنَا بِرَّهُمْ

Bacaan Latin

“Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.”

Artinya :

Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Dari doa-doa untuk anak diatas dianjurkan untuk dipanjatkan atau diamalkan oleh kedua orang tuanya. Lebih lebih bagi seorang Ibu. Karena Ibu memiliki peran penting dan hubungan batin yang kuat kepada anaknya.

Baca Juga : Doa Agar Cepat Hamil

Puisi Doa Untuk Anakku Tercinta

Anakku, belahan jiwaku..
Waktu berlalu tanpa pernah kita sedari
Namun pelukan sayang ibu tak pernah kehilangan erti
Dakapan hangat ibu juga selalu menyertai
Doa tulus ku melekat erat dalam ayunan langkah bersatu mimpi

Anakku, jendela sanubariku..
Perjuangan itu kini sudah di hadapan
Saatnya menjalani hidup dengan penuh kebebasan
Hadapi tentangan dengan senyuman
Sapa setiap kesulitan dengan keikhlasan
Raih bintang dengan penuh harapan

Anakku, penawar hidupku..
Hidup ini tidak terlalu mudah dijalani
Ada kesulitan yang akan memperkaya hati,
Tapi.. Jadilah pemenang layaknya juara sejati
Dengan rendah hati dan luhur budi
Bertabur kasih bersulam pekerti

Anakku, bintang harapanku..
Ayunkan langkah dengan ringan hati
Gapai setiap mimpi yang ada di sanubari
Bentangkan asa agar menjadi Satu

YA Allah…
Lindungi anakku dalam teduh kurnia-Mu
Bimbing anakku di setiap persimpangan yang membuatnya bimbang
Beri kemuliaan budi agar membuatnya bererti
Titiskan kebesaran jiwa agar membuatnya bermakna
Sentuh hatinya dengan semangat tulus untuk berkongsi
Tanamkan keyakinan terhadap kebaikan
Penuhi tekadnya dengan kerja keras dan pantang menyerah
Teguhkan peribadinya agar tidak mudah goyah

Ya Allah..
Terima kasih untuk kurnia terindah ini
Terima kasih untuk anugerah tidak ternilai ini

Demikianlah ulasan dari Kumpulan Doa Untuk Anak Islami Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Wassalam..