Doa Sholat Tahajud

Doa sholat tahajud berbunyi Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna… dan selengkapnya akan dijelaskan dalam artikel ini.

Selain itu disini admin juga juga sudah menyiapkan doa sholat Tahajud dengan lafadz atau bacaan arab , latin dan artinya lengkap dengan tata cara pelaksanaannya yang tidak lain untuk memudahkan sahabat dalam menghafal dan juga mengamalkannya.

Doa Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab shalat sunnah tahajud disebut sebagai Sholatun Lail yang memiliki arti sholat malam.

Shalat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu sepertiga malam sampai sebelum waktu subuh. Kira-kira waktu sepertiga malam itu sekitar jam 01.00-04.00 sebelum masuk waktu subuh.

Dan untuk menyempurnakannya, setelah melaksanakan sholat , kita dianjurkan untuk membaca doa sholat Tahajud untuk memohon keselamatan dunia dan juga akhirat.

Baca Juga : Doa Selamat

Niat Sholat Tahajud Bacaan Arab , Latin dan Artinya

Sebelum melaksanakan sholat tahajud diwajibkan membaca niat terlebih dahulu. Dengan membaca niat maka ibadah yang kita kerjakan menjadi sempurna. Niat sholat tahajud dilafadzkan sebagai berikut:

bacaan doa

Bacaan Arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya : “Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Waktu Pelaksanaan Sholat

Waktu pelaksanaan sholat sunnah tahajud dilakukan setelah bangun tidur di malam hari. Meskipun, ada beberapa ulama berpendapat bahwa melaksanakan shalat tahajud diperbolehkan untuk tidak tidur terlebih dahulu. Misalnya, pada waktu malam hari kemudian anda belum tidur dan ingin melaksanakan sholat tahajud itu diperbolehkan.

Mengerjakan sholat tahajud sangat dianjurkan secara rutin setiap malam karena Allah akan memberikan pahala yang berlimpah bagi seorang mukmin yang melaksanakan shalat tahajud.

Dalam kondisi sunyi dan tenang di malam hari, melaksanakan sholat malam menjadi lebih khusuk untuk mendekatkan diri dan memohon ampunan kepada Allah.

Perintah sunnah untuk mengerjakan sholat tahajud ditunjukkan oleh firman Allah dalam surat As-sajdah ayat 16-17,

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16).

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.”(ayat 17).

Dari penjelasan ayat diatas, diperintahkan kepada orang-orang taat untuk mengurangi tidur mereka, dan bangun disepertiga malam untuk melaksanakan sholat tahajud.

Sholat malam memiliki keutamaan antara lain menjadi sarana berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah. Dan keutamaan lainya, Allah akan menjanjikan surga bagi seorang hamba yang istiqomah dalam mengerjakan sholat malam.

Baca Juga : Doa Qunut Subuh

Jumlah Rakaat Sholat

Walaupun sholat tahajud adalah sunnah, namun kalau mengerjakandan mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah Swt. Bagi Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derjatanya di sisi Allah Swt.

Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud adalah paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Berikut Hadist Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasulullah

1. Hadist shahih dari Ibnu Abbas

“Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari hadist diatas Rasulullah mengerjakan shalat tahajudd sebanyak 13 rakaat dengan 12 rakaat sholat tahajud dan ditutup 1 rakaat sholat witir.

2. Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

3. Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra

Ada seseorang yg bertanya pada Rasulullah tentang Sholat Malam, kemudian rasulullah bersabda:

”Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari beberapa hadist shahih diatas maka para ulama menyimpulkan kalau jumlah rakaat sholat tahjud adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Di sunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai penutup.

Dengan mengerjakan sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan dengan rutin setiap malam, maka Anda akan mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt.

Tata Cara Sholat Tahajud

Dalam mengerjakan shalat tahajud, waktu paling utama dikerjakan di waktu sepertiga malam terakhir dan dilakukan setelah bangun tidur dimalam hari.

Pada umumnya, tata cara shalat tahajud sama dengan shalat fardu, hal yang membedakan yaitu terletak pada niat sholat tahajud. Penjelasan lengkap mengenai tata cara shalat tahajud 2 rakaat dijabarkan sebagai berikut.

Rakaat Pertama.

  1. Membaca Niat Sholat Tahajud
  2. Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
  3. Membaca Doa Iftitah
  4. Surat Al-Fatihah
  5. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  6. Ruku’ dan menbaca doa rukuk
  7. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  8. Sujud pertama dan membaca doa sujud
  9. Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  10. Sujud Kedua dan membaca doa sujud
  11. Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

Rakaat Kedua

  1. Membaca Surat Al Fatihah
  2. Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  3. Ruku’ dan menbaca doa rukuk
  4. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  5. Sujud pertama dan membaca doa sujud
  6. Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  7. Sujud Kedua dan membaca doa sujud
  8. Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
  9. Gerakan salam
  10. Membaca doa dan dzikir setelah sholat tahajud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah melaksanakan sholat tahajud dengan tata cara yang benar, dianjurkan berdoa dan berdzikir kepada Allah. Sebagaimana diperintahkan oleh Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 41-42.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya”(ayat 41).

“Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang” (ayat 42)

Dari penjelasan ayat diatas, doa dan dzikir disunnahkan untuk dilakukan dengan tujuan memohon ampun dan meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat tahajud yang mustajab yang dapat diamalkan:

Bacaan Doa Sholat Tahajud Arab

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Latin

“Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.”

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Arti Doa Sholat Tahajud

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar.”

“Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (unutk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca Juga : Doa Untuk Orang Tua

Bacaan Doa dan Dzikir Sesudah Sholat

Adapun doa dan dzikir setelah sholat tahajud berikut yang dapat diamalkan setiap malam:

  1. Membaca Doa atau Dzikir Istighfar
  2. Doa atau Dzikir Tasbih (Subhanallah)
  3. Membaca Doa atau Dzikir Tahmid ( Alhamdulillah)
  4. Membacaa Doa atau Dzikir Takbir (Allahu Akbar)
  5. Membaca Doa atau Dzikir Laa ilaaha illallah
  6. Membaca Doa atau Dzikir Sholawat Nabi Muhammad
  7. Membacaa Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas
  8. Ditutup sebagai Doa akhir adalah membaca Surat Al Fatihah

Kisah Nabi Muhammad Sholat Tahajud Hingga Kakinya Bengkak

Shalat malam menjadi salah satu ladang beribadah yang begitu luas. Selain berpahala, shalat malam juga jadi waktu yang baik untuk memanjatkan doa. Shalat malam yang dianjurkan adalah shalat tahajud.

Ustaz Bachtiar Nasir mengatakan, shalat Tahajud adalah shalat yang paling dianjurkan Rasulullah SAW. Tahajud juga sebagai tanda atau wujud syukur hambanya pada Allah SWT.

Kisah soal shalat tahajud Rasulullah pernah diriwayatkan oleh Aisyah RA. Menjelang Subuh di Madinah. Aisyah menemukan kaki suaminya, Muhammad SAW, sudah bengkak-bengkak. Manusia maksum itu baru saja menyelesaikan shalat malam sebelas rakaat.

Shalat malam yang dilakukan Rasulullah dikenal panjang. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan Abu Abdillah Huzaifah Ibnu Yaman, Rasulullah menghabiskan surah al-Baqarah, Ali Imran, dan an-Nisa dalam shalatnya. Baginda Nabi membacakan surat-surat itu dengan tartil.

Aisyah pun bertanya kepada Rasulullah SAW, mengapa suaminya shalat malam hingga kakinya bengkak. Bukankah Allah SWT telah mengampuni dosa Rasulullah baik yang dulu maupun yang akan datang? Rasulullah menjawab, “Tidak bolehkah aku menjadi seorang hamba yang banyak bersyukur?” (HR Bukhari Muslim).

Kebiasaan Rasulullah untuk meluangkan malam-malamnya bersama Allah terus diikuti hingga kini. Ramadhan pun menjadi momentum umat Islam untuk kembali menegakkan shalat Tahajud. Tidak terkecuali masyarakat perkotaan Muslim di Indonesia.

Hingga kini, ada komunitas yang sengaja dibentuk untuk saling mengingatkan saat sepertiga malam tiba. Komunitas ini dibuat karena shalat Tahajud dapat menjadi alasan seorang hamba Allah untuk masuk surga.

Allah juga akan merahmati suami istri yang bangun untuk melaksanakan shalat malam. Selain itu, Tahajud juga dapat menjadi benteng umat dari perbuatan dosa dan menjauhkan dari penyakit.

Lebih lanjut, Ustaz Bachtiar Nasir pun membedakan antara shalat Tahajud dan qiyamul lail. Menurut dia, qiyamul lail adalah mengisi malam hari atau sebagiannya dengan segala macam bentuk ibadah, mulai shalat, zikir, membaca Alquran, dan berdoa.

Sedangkan, shalat Tahajud adalah shalat yang dilakukan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu. “Para ulama menjelaskan waktu shalat malam itu adalah mulai setelah Isya hingga waktu terbit fajar, jadi boleh dilakukan pada awal malam, pertengahan malam, atau pada akhir malam.”

Demikianlah ulasan dari Doa Sholat Tahajud lengkap dengan tata caranya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Wassalam..