Doa Sesudah Makan

Bacalah Doa Sesudah Yang Benar Makan Sekaligus Tahu Keutamaannya | Membaca doa setelah makan tidak kalah pentingnya dengan ber- doa sebelum makan , supaya makanan yang kita makan menjadi keberkahan tersendiri untuk kita. 

Meskipun doa ini tidak wajib untuk di lakukan, namun setidaknya kita meniru apa yang sudah di contohkan oleh Rosulullah SAW dengan membaca doa sesudah makan

Doa Sesudah Makan

 

Penalaran Makanan

Dan perlu di ketahui, bahwasannya kenikmatan sebuah makanan itu tergantung dari fikiran kita pada saat makan. Apabila kita dari awal sudah berfikir bahwasannya makanan itu enak, maka yang terjadi makanan itu akan terasa enak meskipun makanan tersebut tergolong makanan yang sederhana.

Dan sebaliknya, apabila dari awal kita berfikir bahwa makan itu tidak enak , makan yang terjadi makan itu akan terasa tidak enak meski makanan tersebut tergolong makanan paling lezat .

Dari penjelasan di atas , kita bisa meyimpulkan bahwa tergantung bagaimana kita mengatur pola fikir kita pada saat makan. Maka dari itu bacalah doa sesudah makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah di berikan kepada kita semua ini.

Baca Juga : Ajarkan Doa Sebelum Makan Kepada Anak Anak

Bacaan Doa Sesudah Makan Arab , latin dan Artinya

bacaan doa setelah makan

Bacaan  Arab

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Bacaan  Latin 

“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”

Arti Doa Sesudah Makan

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Arti Doa Sesudah Makan Per ayat

Kita bisa melihat arti dari makna doa sesudah makan atau doa setelah makan tersebut , berikut penjelasannya per ayat.

1. Dari bacaan “Alhamdu lillahhil-ladzi”

Dari kalimat “Alhamdu lillahhil-ladzi” (اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ) yang artinya ucapan pujian kepada Allah. Bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, karena semua hidangan dan proses makan bisa terjadi atas kuasa dan ijin Allah.

2. Dari bacaan ”Ath-amanaa wa saqaana”

Dari kalimat “Ath-amanaa wa saqaana” (اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا). Kata ath’amana adalah bentuk fi’il madhi yang memiliki faedah ta’diyah, yang berarti, “Dia yang telah memberi makan makanan ini kepadaku,” Dia adalah Allah yang sebagai subyek dan sebagai pemberiannya.

3. Dari bacaan “waja’alanaa minal muslimiin”

Dari kalimat “waja’alanaa minal muslimiin” (مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ) yang berarti serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

Arti Makna dari kalimat ini adalah rasa syukur atas di masukkannya kedalam orang muslim. Dengan menjadi orang muslim berarti menjadi umat yang di ridhai oleh Allah.

Keutamaan Membaca Doa Sesudah Makan

Sesudah kita mencerna bacaan dan maknanya , kita juga harus tahu keutamaan dari membaca doa setalah menyantap makanan  :

Seperti yang telah diriwayatkan oleh ‘Aisyah rodhiyallahu’anha dari Rasulullah saw, beliau pernah bersabda :

“Apabila salah satu diantara kalian akan menyantap makan atau minum, maka pujilah nama Allah saat sebelum mulai makan. Akan tetapi, jika kalian lupa, maka kalian bisa mengucapkan basmalah saat awal atau akhir makan dan minum.”

Menambah Keberkahan

Membaca doa ketika hendak makan dan minum merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah sebuah kewajiban dan akan berdosa bagi yang meninggalkannya.

Ibnu Qoyyim berkata “Yang benar adalah wajib membaca “bismillah” ketika hendak makan. Dan hadis yang menganjurkan demikian adalah shohih dan shorih.

Dan tidak ada yang menyelisihinya dan mengeluarkan dari maknanya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaiton dalam makanan dan minumnya.”

Penjelasan dari Imam Ahmad yakni “Apabila dalam satu makanan terkumpul 4 hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna.

4 hal tersebut adalah menyebut nama Allah saat akan makan, memuji Allah di akhir makan, banyaknya orang yang ikut makan dan berasal dari sumber yang halal.”

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur

Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam sebuah penelitian di Negeri Sakura, Jepang. Dr. Masaru Emoto menjalankan sebuah penelitian mengenai manfaat dari doa sebelum makan dan minum.

Sekarang hasil penelitian tersebut sudah bisa dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah dengan judul “The Hidden Message in Water”. Di dalam buku tersebut menjelaskan bahwa setiap makanan dan minuman yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami perubahan molekul secara signifikan.

Dan susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bahkan beliau juga mengatakan bahwa makanan dan minuman yang baik adalah makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa.

Selain untuk meningkatkan kesehatan manusia, makanan dan minuman yang sudah dibacakan doa dalam mempengaruhi perilaku orang agar menjadi lebih baik pula.

Doa yang sudah di jelaskan di atas, di lafalkan ketika kita telah selesai makan, sematkan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan kita makanan, minuman serta menjadikan kita sebagai orang muslim.

Itulah tadi bacaan Doa Sesudah Makan lengkap dengan arti dan keutamaannya semoga bermanfaat untuk kita semua , amin ya robbal alamin.