Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur | Terdapat bermacam -macam doa sebelum tidur yang perlu kalian ketahui. Meskipun berbeda lafadz dan artinya, namun kesemuanya bertujuan untuk memuji atas karunia yang telah di berikan Allah SWT kepada kita semua. Baik itu kesehatan, rezki, bahkan tidur sekalipun.

Nah berikut macam macam Doa Sebelum Tidur lengkap dengan bacaan arab , latin dan artinya yang bisa sahabat amalkan.

doa sebelum tidur

4 Macam Doa Sebelum Tidur

1. Doa Sebelum Tidur Untuk Menghayati Kematian

bacaan doa sebelum tidur (1)

Bacaan Arab Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Latin Doa Sebelum Tidur

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Atas nama-Mu ya Allah aku hidup, dan atas nama-Mu pula aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

2. Doa Untuk Mohon Perlindungan

Rasulullah adalah orang yang sangat penyayang pada umatnya, beliau tidak melupakan hal ini. Beliau mengajarkan bagaimana menjaga diri agar selamat dari bahaya saat tidur.

Diriwayatkan dari Aisyah Ra. berkata:

كَانَ إِذَا أخَذَ مَضْجَعَهُ نَفَثَ في يَدَيْهِ ، وَقَرَأَ بالمُعَوِّذَاتِ ، ومَسَحَ بِهِمَا جَسَدَهُ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

“Jika Rosululloh Saw , akan tidur, maka beliau meniupkan napas ke dua tangannya dan membaca al-mua’awwidzat lalu mengusapkannya ke tubuhnya.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Bacaan Arab  surah Al Falaq 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Bacaan Latin surah Al Falaq 

“Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.”

Arti Surah Al Falaq

“Saya bernaung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada ikatan, dan dari kejahatan pendengki apabila dia dengki.”

3. Doa Mau Tidur Untuk Mohon Kasih Sayang dan Penjagaan

بِاسْمِكَ رَبِّي وَضَعْتُ جَنْبِي، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِي فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا، بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ

Artinya: “Atas Nama-Mu, ya Tuhanku, aku meletakkan lambungku. Dan, atas nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Jika Engkau menahan ruhku , maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shalih.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dalam doa tersebut , tersirat makna pengakuan bahwa Allah adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan manusia dan makluk-makluk hidup lainnya.

4. Doa Sebelum Tidur Untuk Mendamba KHusnul Khotimah

اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِي إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لَا مَلْجَأَ وَلّا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ

Artinya: “Apabila seseorang beristhirahat ke tempat tidurnya, maka buru-buru malaikat dan setan mendatanginya. Malaikat berkata, ‘Akhirilah dengan kebaikan!’ Dan, setan berkata, ‘Akhirilah dengan keburukan!’ Jika ia mengingat Allah lalu tidur, maka setan pergi dan malaikat semalaman menjaganya.” (HR.Abu Ya’la, Ibnu Hibban, Hakim, dan lainnya).

Bacaan Arab Surah Al Kaafirun

قُلۡ يٰۤاَيُّهَا الۡكٰفِرُوۡنَۙ‏. لَاۤ اَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُوۡنَۙ. وَلَاۤ اَنۡـتُمۡ عٰبِدُوۡنَ مَاۤ اَعۡبُدُ‌ ۚ‏. وَلَاۤ اَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدۡتُّمۡۙ.‏ وَ لَاۤ اَنۡـتُمۡ عٰبِدُوۡنَ مَاۤ اَعۡبُدُ ؕ‏. لَـكُمۡ دِيۡنُكُمۡ وَلِىَ دِيۡنِ

Bacaan Latin Surah Al Kaafirun

“Qul yaa ayyuhaa alkaafiruuna. laa a’budu maa ta’buduuna. walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu. walaa anaa ‘aabidun maa ‘abadtum. walaa antum ‘aabiduuna maa a’budu. lakum diinukum waliya diini.”

Arti Surah Al Kaafirun

“Wahai orang-orang yang kafir, Aku takkan menyembah apa yang kalian sembah. Dan kalian bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tak pernah menjadi penyembah apa yang kalian sembah, dan kalian tidak pernah menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Doa Istighfar dan Dzikir

Selain bacaan Doa Sebelum Tidur yang sudah saya jelaskan di atas, sebaiknya kita juga menambahkan bacaan Dzikir yang juga di anjurkan oleh Rosululloh SAW.

Bacaan Arab Doa Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Bacaan Latin Doa Istighfar

“Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.”

Arti Doa Istighfar

“Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya’,sebanyak tiga kali. Maka, Allah Swt mengampuni dosa-dosanya walaupun ia seumpama busa lautan, walaupun ia (seperti) pasir yang bertumpuk- tumpuk, dan walaupun ia (seperti) bialngan hari-hari dunia.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Bacaan Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

“Subhanallah” (33x)

Artinya:  “Maha suci Allah.” (33x)

Bacaan Tahmid

الْحَمْدُ لِلَّهِ

“Alhamdulillah (33x)”

Artinya: “Segala puji bagi Allah.” (33x)

Bacaan Takbir

اللهُ أَكْبَرُ

Allahu Akbar (33x)

Artinya: “Allah Maha Besar.” (34x)

Demikianlah 4 macam Doa Sebelum tidur yang perlu kalian ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk renungan diri kita sebagai hamba Allah, Tuhan dari seluruh Alam Semesta dan Seisinya.