Doa Sebelum Makan

Doa Sebelum Makan | Di usia dini, hendaknya kita mengajarkan kepada anak anak untuk membaca doa sebelum makan.

Dengan ber-doa akan mengajarkan kepada mereka untuk taat kepada agama dan mensyukuri nikmat yang telah di berikan oleh Allah SWT.

doa sebelum makan

Makan

Makan adalah aktivitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Setiap yang hidup pasti membutuhkan makan.

Sebagai aktivitas harian kita sering mengabaikannya dan tidak pernah mau memikirkannya. Padahal, makan adalah sumber pokok hidup, makan sangat menentukan hidup.

Apakah hidup kita akan sehat atau sakit, sangat ditentukan oleh makanan yang kita makan. Makanan yang cukup dan bergizi akan berpengaruh positif pada kemampuan fisik dan mental, sedangkan makanan yang kurang bergizi akan membuat fisik dan mental menjadi lemah.

Apakah perilaku kita akan baik atau buruk, juga sangat ditentukan oleh jenis makanan yang kita konsumsi.

Makanan yang halal akan membuat konsumennya memiliki etos halal dan mudah melakukan perbuatan yang halal serta menentang terhadap perbuatan yang haram.

Sebaliknya, makanan yang haram meskipun bergizi, tentu akan mendorong konsumennya mudah melakukan perbuatan haram.

Apakah jiwa kita akan tenang atau gelisah, itu juga sangat ditentukan oleh makanan yang masuk ke perut kita.

Oleh sebab itu hendaknya kita membaca doa sebelum makan meskipun hanya dengan mengucapkan Bismillah. Seperti yang tertera dalam hadis berikut:

وعن رجل خدم النبي صلى الله عليه وسلم : أنه كان يسمع النبي صلى الله عليه وسلم إذا قرب إليه طعاما يقول : بسم الله

Salah seorang yang mengabdi pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,  berkata bahwa dia pernah mendengar Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pada saat makanan mendekatinya, beliau mengucapkan “bismillah”.

Selain itu tata cara makan juga harus kita ajarkan kepada anak anak dengan cara makan menggunakan tangan kanan. Seperti hadist berikut ini:

Riwayat Umar bin Abi Salamah “Sewaktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan pada saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ » . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

“Hai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah “BISMILLAH”), makanlah menggunakan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di depanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku sesudah itu. (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Makan Sesuai Sunnah

Lafadz

Bacaan Doa Sebelum Makan Arab

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Doa Sebelum Makan Latin

“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”

Arti Doa Sebelum Makan

“Segenap puji bagi Allah yang sudah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menyebabkan air ini (minuman) asin dan juga pahit karena dosa-dosa kami”.

Manfaat Membaca Doa Sebelum Makan

Membaca doa adalah suatu ungkapan rasa syukur kita atas apa yang telah Allah SWT limpahkan. Apalagi begitu pentingnya makanan bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu pula dengan membaca doa banyak manfaat yang akan kita peroleh yaitu:

1. Sesuai dengan sabda Nabi dan mengikuti sunnahnya

Seperti yang telah diriwayatkan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau pernah bersabda

” Apabila salah satu diantara kalian akan makan atau minum, maka sebutlah nama Allah pada saat sebelum memulai makan . Tapi,kalau kalian lupa, maka kalian dapat mengucap bismalah di awal ataupun akhir makan dan minum”

Selain hadist diatas, ada satu lagi hadits yang menjadi seruan untuk selalu membaca doa sebelum makan dan minum, hadits ini diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu yang mengatakan bahwa:

” Rosullullah SAW pada saat akan minum, beliau melakukan 3 nafas yang berbeda, kalau gelas minuman tersebut didekatkan dibibirnya, maka beliau akan mengucap nama Allah Ta’ala. Sesudah itu rampung, beliau juga bertahmid dengan memuji Allah SWT.”

2. Menjadikan banyak keberkahan dan kebaikanbaca-doa

Membaca doa makan sangat dianjurkan bahkan mengucapkan bismillah adalah wajib dan berdosa bagi yang meninggalkannya. Selain karena ibnu Qayyim berkata “”Yang benar adalah wajib membaca “bismillaah” ketika makan. Dan hadis-hadis yang memerintahkan demikian adalah shahih dan sharih.

Dan tidak ada yang menyelisihinya serta tidak ada satupun ijma’ yang membolehkan untuk menyelisihinya dan mengeluarkan dari makna lahirnya. Orang yang meninggalkannya akan ditemani syaitan dalam makan dan minumnya.”

Selain itu juga menjadikan keberkahan dan kebaikan, sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Ahmad yaitu

“Kalau dalam satu makanan terkumpul 4 hal, maka makanan itu ialah makanan yang sempurna. Empat hal tersebut ialah menyebut nama Allah saat akan makan, memuji nama Allah selesai makan, banyaknya orang yang turut makan dan berasal dari sumber yang halal.”

3. Sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia doa sebelum makan

Dalam sebuah penelitian di jepang. Dr Masaru Emoto mengadakan penenlitian mengenai manfaat doa sebelum makanan dan minum.

Sekarang hasil penelitian tersebut sudah dibukukan dalam sebuah buku karya ilmiah yang berjudul “The Hidden Message in Water”. Di dalamnya menjelaskan bahwa setiap minuman atau makanan yang dibacakan doa, makanan dan minuman tersebut akan mengalami perubahan molekul secara lebih baik.

Nah susunan molekul inilah yang menurutnya sangat bermanfaat bagi kesehatan. bahkan beliau juga mengungkapkan bahwa makanan dan minuman yang baik (telah dibacakan doa), akan mempengaruhi perilaku orang agar menjadi baik pula.

4. Mencegah syaitan dari ikut serta menikmati makanan tersebut

Diriwayatkan dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan,

“Jikalau kami makan dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami takkan memulainya sehingga beliau memulai makan. Pada suatu hari,  kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba munculah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan.

Dengan segera Rosululloh memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan didorong oleh sesuatu. Nabi lantas memegang tangannya. Sesudah itu baginda shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sebenarnya syetan ikut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syetan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya turut menikmati makanan yang ada kerana gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan.

Oleh kerana itu aku memegang tangan anak tersebut. Kemudian Syetan pun datang dengan anak Badui tersebut supaya bisa menikmati makanan. Oleh karena itu, aku pegang tangan Arab Badui itu.

Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan syaitan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” (HR. Muslim no. 2017).

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

Manfaat Doa Sebelum Makan Untuk Anak Anak

Manfaat dari mengajarkan doa pada anak sejak anak usia dini adalah agar anak terbiasa berdoa ketika akan melakukan sesuatu. Jika semua orang tua menyadari akan pentingnya mengajarkan doa pada anak maka kelak bangsa ini niscaya akan menjadi bangsa yang damai dan sejahtera.

Dan mengajarkan doa pada anak tanpa kita sadari kita juga telah mengembangkan dan mengasah kemampuan kognitif atau kemampuan otak anak.

Mengapa demikian ? karena dengan diajarkannya doa sejak kecil, maka generasi kita akan tumbuh menjadi generasi yang patuh dan taat pada agama. Generasi yang patuh dan taat pada agama akan selalu membaca doa ketika akan melakukan sesuatu dan ketika sesudah melakukan sesuatu.

Sesuatu yang diawali dengan doa niscaya akan berjalan dengan lancar dan tak banyak halangan. Satu hal yang harus kita ingat adalah Allah itu maha mendengar, Allah akan mendengarkan setiap doa kita.

Jangan pernah bosan berdoa, karena kita tidak akan pernah tahu doa kita yang mana dan yang keberapa yang akan dikabulkan oleh Tuhan. Dan Tuhan adalah Dzat yang maha mendengar dan mengabulkan segala doa.

Allah Suka Kita Banyak Berdoa

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan doa-doa agar kita selalu terhubung denganNya. Selalu bergantung kepadaNya  dan juga senantiasa berharap kepadaNya. Dan setiap doa akan dikabulkanNya. “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu,” firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 186.

Allah menyukai hamba-hambanya yang banyak berdoa. Karenanya Dia ajarkan doa doa untuk setiap aktifitas dan setiap kesempatan. Justru saat seorang hamba tak mau berdoa, sesungguhnya itu adalah bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka.

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

Demikianlah ulasan mengapa kita perlu mengajarkan doa sebelum makan kepada anak sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, amin ya Robbal ‘Alamin.