Doa Berwudhu

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu | Sebelum melaksanakan ibadah sholat, baik fardhu ataupun sunnah, kita di haruskan suci dari hadast kecil dan juga hadast besar. Oleh sebab itu wudhu merupakan satu cara membersihkan atau men-sucikan diri dari Hadast.

Sebelum dan sesudah wudhu kita juga disunnahkan untuk membaca doa agar wudhu kita menjadi sempurna. Nah berikut ini bacaan Niat / Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang baik dan benar sesuai tuntunan Islam lengkap dengan tata cara nya .

Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Lengkap

Berikut ini adalah bacaan Niat Wudhu dan Doa setelah Wudhu lengkap tulisan arab , latin dan artinya:

Bacaan Niat Doa Sebelum Wudhu

doa sebelum wudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya : “Saya berniat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

Bacaan Doa Sesudah Wudhu

doa sesudah wudhu

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya  : “Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah Ya Tuhanku jadikanlah kami orang yang ahli taubat , dan jadikanlah kami orang yang suci , dan jadikanlah kami dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Kewajiban Wudhu

Wudhu adalah mensucikan anggota-anggota bagian tubuh untuk menghilangkan hadast kecil. Menurut bahasa wudhu memiliki arti bersih atau indah. Selain itu juga , wudhu menjadi salah satu syarat sah sholat, sesuai dalam firmann Allah yang tertera dalam surat Al-Maidah ayat 6:

Yang berbunyi: “Hai  manusia manusia yang beriman, apabila kalian ingin menjalankan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian hingga ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian hingga kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6)

Dari penjelasan ayat diatas, sebelum mengerjakan sholat kita diperintahkan untuk membasuh bagian anggota tubuh dengan berwudhu.

Sebab itu, wudhu menjadi salah satu ibadah yang sangat penting untuk orang muslim yang mana kita diwajibkan untuk memahami bagaimana melafadzkan niat wudhu, melaksanakan tata cara wudhu dan membaca doa sebelum dan sesudah wudhu dengan baik dan benar.

Begitu juga dengan seorang mukmin, melafadzkan doa sebelum wudhu dan doa sesudah wudhu adalah ibadah yang sering dilaksanakan saat berwudhu.

Selain memiliki manfaat dan keutamaan berwudhu, menempa hati kita menjadi tenang dan wajah akan berseri-seri setiap hari.

Tata Cara Wudhu

Ringkasan Tata Cara Wudhu Yang Baik dan Benar Sesuai Sunnah Rosul

1. Membaca Niat

Membaca niat adalah rukun wudhu yang pertama. Membaca niat bisa dilakukan dalam hati ataupun dengan suara pelan.

Dalam Islam, setiap ingin melakukan kebaikan atau ibadah dianjurkan untuk mengawalinya dengan niat, agar Allah SWT meridhoi dan membuka pintu-pintu pahala ibadah yang kita lakukan.

Perihal yang sama, juga saat kita berwudhu. Kita diharuskan atau di wajibkan mengawali wudhu dengan membaca niat di dalam hati.

2. Membasuh Wajah

Sesudah membaca niat wudhu, tata cara wudhu berikutnya yaitu membasuh muka atau wajah menggunakan air hingga mengenai semua bagian wajah. Bagian wajah yang dibasuh dengan air meliputi kening hingga dagu, dan kedua pipi hingga  pinggir telinga.

3. Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

Tata caraberikutnya yaitu membasuh kedua tangan hingga siku. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang berarti “…Dan basuhlah tangan-tangan kalian sampai siku…”.

4. Mengusap Sebagian Kepala

Tata cara selanjutnya adalah mengusap sebagian kepala. Dalam prakteknya, cara mengusap kepala berbeda dengan membasuh wajah.

Usaplah sebagian kepala menggunakan air sampai terkena rambut. Bagian rambut kepala yang dibasuh tidak semuanya, melainkan hanya bagian rambut depan saja.

5. Membasuh Kedua Kaki Hingga Mata Kaki

Tata cara sesudah mengusap sebagian dari kepala yaitu membasuh kedua kaki sampai mata kaki dengan air. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 6 yang bermakna “Basuhlah kaki kalianhingga kedua mata kaki”.

Rasulullah SAW menganjurkan bahwa saat berwudhu, pastikan air mengenai mata kaki. Untuk menghindari kedua mata kaki yang tidak terkena air maka diperbolehkan membasuh kaki sampai dengan betis.

6. Tertib

Tata cara wudhu sesuai rukun wudhu terakhir adalah tertib. Tertib dalam wudhu disini maksudnya adalah tahap-tahap dalam melaksanakan wudhu dilakukan sesuai urutan yang benar, tidak diperbolehkan lompat-lompat, apabila tidak melakukan urutan rukun wudhu dengan benar maka bisa dikatakan wudhu tidak sah.

Sunnah-sunnah dalam Wudhu

  • Membaca Basmalah
  • Membasuh dua telapak tangan hingga pergelangan tangan
  • Berkumur-kumur
  • Menghirup air ke dalam hidung lalu mengeluarkannya
  • Menyela-nyela jenggot yang tebal bagi laki-laki berjenggot agar air terkena kulit yang tertutup jenggot
  • Menyela-nyela jari tangan
  • Mengusap semua bagian kepala dengan air
  • Mengusap kedua telinga luar maupun dalam
  • Menyela-nyela jari kaki
  • Membasuh ataupun mengusap anggota wudhu sebanyak 3 kali
  • Mendahulukan bagian yang kanan dibandingkan yang kiri
  • Memperpanjang basuhan di sebagian kepala yang bagian depan. sebelah atas siku dan mata kaki
  • Tidak berlebihan dalam menggunakan air
  • Menghadap kiblat
  • Tidak berbicara ketika sedang berwudhu
  • Membaca doa setelah selesai berwudhu

Itulah Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang wajib kalian tahu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam melakukan doa yang benar sesuai dengan tuntunan agama Islam.