Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Doa Sebelum dan Sesudah Belajar  | Sebelum menjalankan aktivitas , kita sebagai umat muslim di anjurkan untuk membaca doa. Tidak terkecuali Bagi anak anak tk, sd, smp, sma dan anak kuliahan sangat di anjurkan untuk membaca doa sebelum dan sesudah belajar . Dengan berdoa , berharap ilmu yang di terima akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan Bangsa .

Dalam ajaran agama, berdoa baik sebelum maupun sesudah belajar sangat dianjurkan. Sebagaimana karunia ilmu merupakan pemberian dari Sang Pencipta, sebagai seorang hamba sudah sewajarnya untuk berkirim doa supaya diberikan ilmu yang bermanfaat ketika belajar.

doa belajar

Pengertian Belajar

Pengertian belajar yaitu suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan bentuk perubahan keterampilan, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan nilai positif dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasannya belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus di lakukan oleh setiap orang muslim. Karena dengan belajar, kita akan tahu dari yang tidak paham menjadi paham, yang tidak bisa menjadi bisa.

Hal ini di pertegas dalam firman Allah SWT yang berbunyi :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Mencari ilmu sesuatu yang wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR Al-Baihaqi)

Selain ber- doa sebelum dan sesudah belajar, sebagai murid kita juga harus selalu memiliki adab adab kepada guru yang harus di perhatikan . Dengan cara menghormati dan menghargai guru, kita akan menjadi anak yang berbakti dan bisa membanggakan bagi setiap orang tua. Bagaimanapun juga, mereka adalah pihak yang begitu berjasa besar akan sampainya ilmu ke dalam diri kita.

Baca Juga : Doa Pembuka Rezeki

Memuliakanya adalah perbuatan yang sangat terpuji. Bahkan, tatkala kita nanti sudah sukses dalam kehidupan, mereka tak boleh dilupakan untuk disebut jasanya sekaligus dimulyakan. Berikut ini satudoa.com akan membagikan bacaan doa sebelum dan sesudah belajar lengkap dengan bahasa arab, latin dan artinya.

Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Bacaan Latin

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya : “Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Sebelum Belajar Mengaji

Belajar Ngaji

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Latin :

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya : “Ya Allah ya Tuhanku, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami dan bukakanlah bagi kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang.”

Adab Berdoa Sebelum Belajar

Membiasakan diri untuk membaca doa sebelum belajar dalam kehidupan sehari-hari adalah adab yang baik. Anak-anak di bangku sekolah pun ditekankan untuk selalu berdoa sebelum memulai aktifitasnya.

Tidak hanya di sekolah, di lingkungan rumah pun seorang anak harus memanjatkan doa sebelum mengerjakan tugas sekolahnya. Seluruh aktifitas belajar memang seharusnya diawali dengan berdoa.

Aktifitas berdoa akan memberikan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan dalam menuntut ilmu. Seorang pelajar, penuntut ilmu, para santri seharusnya memang mengamalkan doa sebelum belajar.

Tidak hanya itu, menghormati guru, dosen, utstadz dan ustadzah juga tidak boleh ditinggalkan.

Seorang guru, ustadzah, atau dosen memiliki jasa yang besar dalam menyampaikan ilmu kepada kita. Memuliakan mereka tentu menjadi sebuah hal terpuji.

Adab berdoa sebelum belajar adalah dilakukan dengan sungguh-sungguh, niat yang tulus, dan hanya mengharapkan ridho dari Allah.

Siapa saja yang akan menuntut ilmu baik itu anak-anak maupun orang dewasa bisa memulainya dengan berdoa.

Hal tersebut dikarenakan tidak ada batasan bagi kaum muslimin untuk belajar. Setiap muslim wajib untuk belajar baik itu belajar tentang ilmu pengetahuan maupun tentang agama.

Pada hakikatnya, terdapat beberapa jenis ilmu yang harus dipelajari oleh umat islam.

1. Ilmu Agama

Ilmu agama harus dipelajari agar manusia bisa menjalankan ibadah dengan lebih baik. Contohnya saja ilmu tentang akidah, bersuci, tata cara sholat, puasa, dan sebagainya.

2. Ilmu Dunia

Ilmu dunia berhubungan dengan duniawi contohnya ilmu kedokteran, ilmu kimia, ilmu matematika, dan masih banyak lagi.

Islam mengharuskan umatnya untuk menuntut kedua ilmu tersebut. Ilmu dunia dan ilmu agama harus dituntut secara seimbang agar bisa mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Baca Juga : Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Manfaat Membaca Doa Sebelum Belajar

1. Terhindar Dari Berbagai Masalah

Melakukan doa sebelum belajar akan terhindar dari masalah, masalah tersebut bisanya terjadi pada saat mempelajari suatu ilmu yang di berikan dari guru. Dengan membaca do’a, insya Allah proses belajar akan berjalan dengan lancar dan ilmu yang didapatkan menjadi lebih barokah.

2. Mendapatkan Jawaban yang Tepat

Pada sat kalian dalam masa ujian, membaca do’a sebelum belajar akan memudahkan kita dalam mencari jawaban soal yang telah di berikan tanpa adanya kesulitan.

3. Lebih Percaya Diri dan Ikhlas

Kita akan mendapatkan kepercayaan diri dengan membaca doa sebelum belajar. Pasrah,berusaha dan berdoa menjadi salah satu cara terbaik dalam menjalankan proses belajar.

4. Bermanfaat Untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Berdoa sebelum dan setelah melakukan sesuatu akan membuat sesuatu yang Anda kerjakan menjadi bermanfaat. Selain itu, Anda akan mendapatkan pahala dari Allah, dan mendapatkan kemuliaan di dunia dan di akhirat.

5. Melatih Kesabaran

Dalam proses belajar, tentunya kita tidak akan langsung atau instan mendapatkan ilmu yang di berikan. Perlu proses untuk seseorang mendapatkan ilmu yang di tuntutnya. Nah dengan membaca doa sebelum belajar, maka kita juga melatih kesabaran untuk mendapatkan ilmu yang kita inginkan.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari membaca doa sebelum belajar selain dari yang saya bagikan. Namun itulah sedikit manfaat dari sekian banyak membaca doa sebelum belajar yang dapat saya sampaikan.

Doa Sesudah Belajar

doa sesudah belajar

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Bacaan Latin

“Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

Artinya : “Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Baca Juga : Doa Bercermin

Keutamaan Doa Sesudah Belajar

Belajar merupakan kegiatan mulia yang diharapkan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun yang lainnya. Suatu kegiatan yang baik hendaknya diiringi dengan doa yang baik sebagai wujud ibadah, termasuk kegiatan doa sesudah belajar.

Berikut beberapa keutamaan doa sesudah belajar.

1. Menimbulkan rasa tenang

Melakukan sesuatu dengan mengingat Tuhan akan membantu hati menjadi tenang, sehingga kegiatan yang dilakukan pun lebih terfokus dan dapat dimengerti dengan mudah. Asal dari ketenangan pula timbul karena adanya rasa ikhlas yang dimunculkan karena belajar sebagai suatu kegiatan mencari ilmu.

2. Memperoleh keberkahan

Dengan mengucap doa dapat membuat kita menjadi selalu mengingat Tuhan. Hal diharapkan diantaranya adalah keberkahan dari-Nya dari atas segala yang dipelajari, sehingga akhirnya dapat memberikan kemanfaatan baik di dunia maupun di akhirat.

3. Melatih kesabaran dan kedisiplinan

Menerapkan doa sesudah belajar jika rutin diterapkan akan melatih kedisiplinan dalam menunaikan ibadah. Kedisiplinan memunculkan kesabaran dalam proses belajar. Jika tidak paham, tetapi diulang dan dipahami kembali maka akan memperoleh buah dari kegigihan disertai kedisiplinan dan kesabaran tersebut.

4. Memperoleh pahala

Perbuatan berdoa merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Sebagaimana niatnya yang mulia, maka dengan berdoa akan memperoleh pahala dari Tuhan.

5. Menjadi percaya diri

Menerapkan doa sesudah belajar dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan berdoa sesudah belajar, maka seseorang akan lebih siap dan ikhlas dalam menerima maupun menerapkan ilmu yang telah dipelajari.

Demikianlah rangkuman mengenai Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Bahasa Arab, Latin dan Artinya, semoga bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com . dalam melakukan segala sesuatu di antaranya membaca doa sebelum dan sesudah belajar.