Doa Pembuka Rezeki

Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dan Dipermudahkan Segala Urusan | Assalamualaikum wr.wb para sahabat ? Pada topik kali ini Satudoa.com akan membahas mengenai salah satu Doa Pembuka Pintu Rezeki yang pernah di amalkan dan di ajarkan oleh Rosululloh SAW .

Dengan amalan doa ini mudah mudahan kita akan di permudahkan segala urusan dalam hal berusaha mencari rezeki /kekayaan yang halal dan tentunya sesuai dengan sunnah.

doa pembuka rezeki

Rezeki

Rezeki secara garis besarnya adalah segala sesuatu yang bermanfaat dan bisa kita manfaatkan untuk kelangsungan kehidupan kita di dunia. Rezeki dari Allah, maka jika kita menginginkan rezeki yang halal kita wajib memohon kepada-Nya dengan mengamalkan doa pembuka rezeki.

Rezeki tidak hanya identik dengan harga dan uang. Rezeki bisa berupa keluarga, istri, suami, anak, pakaian, kesehatan, pendengaran, penglihatan dan lain sebagainya. Jadi jangan dipersempit kalau rezeki itu hanya seputar harta dan uang.

Seperti yang tertera dalam hadist berikut ini :

هُوَ كُلُّ مَا تَنْتَفِعُ بِهِ مِمَّا اَبَاحَهُ اللهُ لَكَ سَوَاءٌ كَانَ مَلْبُوْسٌ اَوْ مَطْعُوْمٌ … حَتَّى الزَّوْجَة رِزْق، الاَوْلاَدُ وَ البَنَاتُ رِزْقٌ وَ الصِّحَةُ وَ السَّمْعُ وَ العَقْلُ …الخ

Artinya : “Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Baca Juga : Macam-Macam Doa Selamat 

Namun kadang kita hanya fokus pada pekerjaan untuk mencari rezeki saja tanpa memohon kelancaran rezeki dari Allah. Padahal kalau kita sadari, hanya Allah yang memegang kekuasaan untuk mengatur rejzeki semua kehidupan yang ada di dunia ini. Oleh karena jangan sampai kita melupakan kekuasaan Allah dalam mengatur rezeki kita.

Di dalam ajaran islam, salah satu cara untuk melancarkan rezeki kita adalah dengan memanjatkan doa pembuka rezeki kepada Allah untuk memohon dibukanya pintu rezeki buat kita.

Supaya rezeki yang kita peroleh halal dan berlimpah, Rasulullah telah mengajarkan kepada kita mengenai doa rezeki lancar yang dapat kita amalkan.

Doa Pembuka Rezeki

Doa-doa ini dipercaya bisa membuka pintu rezeki bagi umat muslim. Amalkan setelah salat subuh, ini ajaran Rasulullah untuk berdzikir dengan doa-doa di pagi hari.

Doa Rosululloh

Doa dan dzikir ini diajarkan Rasulullah SAW terhadap Fatimah Az-Zahra. Doa tersebut merupakan doa di permulaan hari untuk mengharap keberkahan sepanjang hari. Selain itu doa tersebut juga mencakup memohon doa agar dimudahkan dalam urusan, termasuk pembuka rezeki.

Berikut doa-doa pagi hari yang mustajab diajarkan Rasulullah SAW.

1. Doa Pagi Hari Pembuka Rezeki

يَا أَوَّلَ الْأَوَّلِينَ وَيَا آخِرَ الْآخِرِينَ وَيَا ذَا الْقُوَّةِ الْمَتِينَ وَيَا رَاحِمَ الْمَسَاكِينَ وَيَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Yaa awwalal awwaliin wa yaa aakhirol aakhiriina wa yaa dzal quwwatil matiin wa roohimal masakiin wa yaa arhamar roohimiin.

“Wahai Yang Maha Awal di antara mereka yang awal, wahai Yang Maha Akhir di antara mereka yang akhir,

Wahai Yang Memiliki Kekuatan, wahai Yang Menyayangi orang-orang miskin, wahai Yang Maha Pengasih di antara mereka yang pengasih.” (doa ini dikutip dari HR. Abu Dawud)

Doa tersebut merupakan doa pagi hari yang diajarkan Rasulullah SAW kepada Fatimah Az Zahra.

2. Doa Pembuka Rezeki Setelah Sholat Subuh

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).”

Doa pembuka rezeki ini seperti yang disampaikan dalam Hadist Riwayat HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memanjatkan doa pembuka rezeki ini setelah salam shalat shubuh.

3. Doa Meminta Rezeki Yang Halal

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya:

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Doa pembuka rezeki ini disampaikan dalam hadits Ali, Rasulullah pernah mengejarkan doa tersebut.

4. Doa Dimudahkan Segala Urusan Rezeki

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

“Wahai Dzat yang Maha Hidup, serta Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaiki seluruh urusan atau keadaanku, dan janganlah Engkau mewakilkan aku kepada diriku sendiri dalam sekejap mata pun. (HR. Imam An-Nasai, Imam al-Bazzar dengan sanad yang Shahih juga Imam al-Hakim).

Doa di atas merupakan doa agar menghilangkan segala kesusahan, terutama masalah dalam hidup.

Doa tersebut juga mengisyaratkan pentingnya mengarahkan diri untuk menjadi peribadi yang lebih baik di keseharian.

5. Membaca Tasbih

Di samping doa-doa pagi hari di atas, Rasululullah SAW juga mengajarkan membaca tasbih dan dzikir pagi dan petang.

لا إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ العَظِيْمِ أَسْتَغْفِرُ اللهَ

“Laa ilaha illallaahul malikul-haqqul mubin. Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil ‘adzim, astaghfirullah,”.

Yang artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahamenguasai, Mahabenar, dan Mahamenjelaskan. Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Mahasuci Allah yang Mahaagung, aku memohon ampun padaMu,”.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa mengucapkan di waktu pagi dan petang: “Subhanallah wa bihamdih“; seratus kali tidak ada seorangpun di hari kiamat yang datang membawa suatu kebaikan yang lebih baik darinya, kecuali orang yang mengucapkan hal yang sama atau lebih dari itu.” (HR Muslim)

Sebagaimana hal ini juga disampaikan dalam firman Allah SWT, Al Quran Surat Al–Ahzab: 41-42.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Keterangan surat lainnya dapat dilihat dalam QS. Al-Mu’min ayat 55 dan Qaaf ayat 39.

6. Membaca Al Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas (3 kali)

Bacaan ketiga ayat tersebut shahih sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud 5082 dan Tirmidzi 3575, dan dihasankan Albani.

“Bacalah Surat Al Ikhlash, Al Falaq dan An Nas, di waktu pagi dan sore sebanyak 3 kali. Itu cukup bagimu untuk mencegah semua marabahaya.”

7. Bacaan dzikir pagi hari

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. Bagi-Nya kerajaan dan bagiNya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala se-suatu.

Hai Tuhan, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya.

Wahai Tuhan, aku berlindung kepadaMu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Tuhan! Aku berlindung kepadaMu dari siksaan di Neraka dan kubur.”

Doa Pembuka Rezeki Usaha Lancar

doa rezeki lancar

اللهم افتخ لي أبواب الخير وأبواب السلامة وأبواب الصحة وأبواب النعمة وأبواب البركة وأبواب القوة وأبواب المودة وأبواب الرحمة وأبواب الرزق وأبواب العلم وأبواب المغفرة وأبواب الجنة يا أرحم الرحمين

“Allaahummaftah alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa abwaabal Quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannah, Allaahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, Wash rif annaa bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin,”

Artinya : “Ya Allah pangeran tuhanku, bukankanlah bukakanlah untuk hamba pintu kebagusan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rizki, pintu kesehatan, pintu keselamatan, dan pintu sawarga, Ya allah tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’i dunia dan bala’i akhirat, jauhkan dariku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan nabimu yang mulya dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat. semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim / muslimat) oleh rahmatmu yang asih.”

Doa Agar Dipermudahkan Segala Urusan

Seperti yang sudah di alami banyak orang, bahwa seorang mukmin sejati pasti pernah mengalami suatu masalah di dunia ini.

Memang bagi sebagian orang akan terasa cukup berat, akan tetapi ada yang harus kita ingat bahwa Allah SWT memberikan persoalan-persoalan di dunia ini agar kita menjadi manusia yang lebih baik lagi kedepan nya.

Nah bagi sahabat yang sedang mengalami suatu masalah ada baik nya sahabat membaca doa agar di mudah kan segala urusan nya oleh Allah SWT  .

Baca Juga : Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

1. Doa Dipermudahkan Segala Urusan 1

” Allahuma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa “

Artinya : Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah

2. Doa Dipermudahkan Segala Urusan 2

” Robbis rohli shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uq’datam mil lisaani yafqahu qouli “

Artinya : “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka bisa mengerti perkataanku”

3. Doa Dipermudahkan Segala Urusan 3

” Robbanaa ‘aatinaa miladunka rohmata, wahayyik lanaa min amrinaa rosyada “

Artinya : “Ya Allah, berikanlah kepada kami rahmat dari sisimu, dan sempurnakanlah bagi kam petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini”

Amalan Supaya Rezeki Lancar

Selain memanjatkan doa pembuka rezeki lancar dan usaha keras. Biar rezeki lancar kita harus melakukan amalan-amalan dan perbuatan yang bisa membuka dan melancarkan rezeki kita. Berikut amlan-amalannya.

Baca Juga : Doa Minta Jodoh

1. Sholat Wajib Barjamaah

Sholat wajib adalah tiangnya agama. Dan Barang siapa umat muslim yang sholat wajibnya tidak pernah ditinggalkan dan dilakukan dengan berjamaah, maka Allah akan meudahkannya dalam berbagai urusan.

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

“Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.”

Artinya : “Aku mohon ampunan Allah, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri sendiri, dan aku bertobat kepada-Nya’,sebanyak tiga kali. Maka, Allah Swt mengampuni dosa-dosanya walaupun ia seumpama busa lautan, walaupun ia (seperti) pasir yang bertumpuk- tumpuk, dan walaupun ia (seperti) bilangan hari-hari dunia.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Bacaan istighfar adalah bacaan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Membaca istighfar merupakan hal yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dilakukan kapan aja dan dimana saja, untuk dapat membuka pintu rezeki.

3. Perbanyak Sedekah

Melakukan sedekah, lagi dan lagi. Semakin banyak bersedekah, maka rezeki dari Allah akan semakin dimudahkan. bersedekah bukan hanya dengan harta atau uang, bersedekah bisa juga dengan tenaga atau ilmu.

4. Mendoakan Orang Tua

Orang tua kita adalah orang yang sangat berjasa kepada kita. Karena merekalah kita bisa tumbuh besar menjadi orang yang bisa mandiri.

Ridha Allah berasal dari ridha orang tua. Sebagai anak yang sholeh harus selalu ingat dengan jasa orang tua dan selalu mendoakannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Doa Pembuka Pintu Rezeki dan dipermudahkan segala Urusan . Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Mari kita panjatan doa kepada Allah SWT yang memberikan kita rezeki baik itu kesehatan , keluarga , anak dan juga kekayaan.