Doa Nabi Ibrahim AS

Doa Nabi Ibrahim | Assalamualaikum wr.wb para sahabat satudoa.com. Senang sekali rasanya kami bisa berbagi informasi seputar doa dan sejarah islam di penjuru dunia.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan doa yang cukup mustajab untuk kalian amalkan yakni doa Nabi Ibrahim yang sudah di abadikan dalam al quran. Nah berikut ini ulasan lengkap dari Nabi Ibrahim dan doa mustajabnya.

Doa Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan salah satu manusia yang disayang oleh Allah. Beliau diangkat sebagai nabi dan menjadi panutan bagi seluruh umat muslim di dunia. Bahkan, sholawat dan salam dalam sholat ditujukan kepada Nabi Ibrahim setelah Nabi Muhammad. Banyak keutamaan yang dimiliki Nabi Ibrahim sehingga Allah begitu menyayangi beliau.

Nabi Ibrahim adalah nabi yang ke-6 dari urutan 25 nama nabi Allah yang dijelaskan dalam Al-Quran. Nabi Ibrahim disebut sebagai bapak-nya para Nabi, karena ke-dua anaknya juga menjadi nabi Allah. Mereka adalah nabi Ismail dan nabi Ishaq. Dari keturunan ke-2 anaknya inilah nabi-nabi Allah berikutnya hadir untuk umat manusia.

Perilaku terpuji, sikap sabar dan tahan ujian menjadikan doa nabi Ibrahim sangat makbul. Doa-doa ini bahkan disebutkan dalam Al-Quran supaya bisa dipraktekkan oleh seluruh umat Islam sampai hari kiamat nanti.

Baca Juga : Doa Selamat

Kumpulan Doa Nabi Ibrahim

Nah berikut ini adalah kumpulan Doa Nabi Ibrahim yang sudah kami rangkum dengan bacaan arab , latin dan artinya.

Doa Untuk Minta Anak ( Keturunan )

Doa Nabi Ibrahim ini tertulis dalam Al-Quran surat As Shaffat ayat 100 yang berisi permohonannya kepada Allah untuk dikaruniai seorang anak. Istrinya bernama Hajar al Qibthiyah al Misthiyah dan mereka berdua sudah berusia sangat tua.

Nabi Ibrahim dan istrinya yang sudah tua belum juga dikaruniai seorang keturunan. Untuk itu beliau selalu memanjatkan doa kepada ALlah agar dikaruniai keturunan. Simak doanya berikut.

Doa Nabi Ibrahim Minta Keturunan

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

“Rabbi hab li minas-saalihiin.”

Artinya : “Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (QS. As Shaffat ayat 100).

Doa Meminta Keturunannya Menjadi Anak Sholeh

Meskipun Nabi Ibrahim adalah seorang Nabi yang dimuliakan Allah, namun tidak menjadi jaminan anak cucunya akan mendapatkan hidayah dari Allah. Hanya keimanan merekalah yang akan menentukannya apakah mereka akan mendapatkan hidayah, pertolongan dan ampunan Allah.

Nabi Ibrahim banyak sekali mencontohkan doa untuk anak cucu supaya mereka shaleh. Agar anak cucunya selalu mengerjakan shalat, menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya.

Simak doa beliau untuk anak keturunanya agar manjadi orang yang shaleh yang terdapat pada surat Ibrahim ayat 40-41 berikut.

doa minta keturunan sholeh

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Rabbij’alni muqimas-salati wa min żurriyyati rabbana wa taqabbal du’a. Rabbanagfir li wa liwālidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisāb.”

Artinya : “Ya tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.” (QS. surat Ibrahim ayat 40-41).

Doa Nabi Ibrahim Untuk Negeri Yang Aman

Selain berdoa untuk dirinya sendiri dan anak cucunya, Nabi Ibrahim juga mendoakan supaya negeri yang ditempatinya menjadi negeri yang aman dan makmur.

Tidak ada lagi penyembah berhala dan semua masyarakatnya hanya menyembah Allah. Sebuah negeri yang damai dengan rezeki melimpah dan tidak kekurangan apapun. Doa ini terdapat pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 126.

doa negeri aman

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِر

Wa iz qāla ibrāhimu rabbij’al hāzā baladan āminaw warzuq ahlahu minas-samarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.”

Artinya : Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan limpahkanlah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka.” (QS. Al-Baqarah ayat 126).

Baca Juga : Doa Virus Corona

Doa Nabi Ibrahim Meminta Ridho Allah SWT

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

” Wa iż yarfa’u ibrāhīmul-qawā’ida minal-baiti wa ismā’īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī’ul-‘alīm “

Artinya : Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa ini menyebutkan, segala sesuatu amal perbuatan yang sudah kita kerjakan harus mendapat ridha Allah. Maka dari itu doa ini sangat baik digunakan setelah kita mengerjakan amal kebajikan agar amal itu diterima Allah dan mendapat pahala yang besar.

Doa Nabi Ibrahim Untuk Meminta Kesuburan

رَبَّنَا وَٱجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَآ أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِيمُ

” Rabana waj’alna muslimaini laka wa min dzurriyatina ummatan muslimatallaka waarina manasikana wa tub ‘alaina innaka antas sami’ul alim “

Artinya: “Ya Tuhan kami jadikanlah kami orang yang Berserah diri kepada-Mu dan anak cucu kami juga umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah haji kami, dan terimalah tobat kami sungguh Engkau Allah yang Mahapenerima tobat Mahapenyayang.” ( Al- Baqarah ayat 128 )

Doa Meminta Pemimpin Yang Baik

Doa Nabi Ibrahim ini recomended banget bagi masyarakat atau umat yang ingin mendapatkan seorang pemimpin yang diridhai Allah. Karena dalam ayat 129 itu ada kalimat indah yang disampaikan Nabi Ibrahim.

رَبَّنَا وَٱبْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

” Rabbana wab’ats fihim rasulam minum yatlu ‘alaihim ayatika wa yu’allimuhumul kitaba wal hikmata wa yuzakkihim, innaka antassami’ul ‘alim “

Artinya: “Ya Tuhan kami utuslah ditengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat-MU dan mengajarkan kitab dan Hikmah kepada mereka dan menyucikan mereka. Sungguh Engkaulah yang Mahaperkasa Mahabijaksana.” ( Al-Baqarah 129 )

Baca Juga : Kisah Nabi Ibrahim AS

Doa Nabi Ibrahim Ketika Sakit

Ketika ber- doa, Nabi Ibrahim memulainya dengan memuji Tuhannya (bada’a bits tsanâ’i ‘ala rabbihi qabla su’âlihi). Dalam surat al-Syu’ara: 78-82 dikatakan:

الَّذِي خَلَقَنِي فَهُوَ يَهْدِينِ، وَالَّذِي هُوَ يُطْعِمُنِي وَيَسْقِينِ، وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ، وَالَّذِي يُمِيتُنِي ثُمَّ يُحْيِينِ، وَالَّذِي أَطْمَعُ أَنْ يَغْفِرَ لِي خَطِيئَتِي يَوْمَ الدِّينِ

Artinya :“(Yaitu Tuhan) yang telah menciptakanku, dan Dialah yang memberi petunjuk (kepada)ku. Dan Tuhan yang memberi makan dan minum kepadaku. Dan Ketika aku sakit, Dia menyembuhkanku. Dan Tuhan yang akan mematikanku, kemudian menghidupkanku (kembali). Dan Tuhan yang sangat kuinginkan mengampuni kesalahanku di hari kiamat (kelak).”

Nah itulah Kumpulan Doa Nabi Ibrahim yang Diabadikan dalam Al Qur an. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Silahkan sahabat amalkan dan dapatkan manfaatnya. Wallahu a’lam bish shawab.