Doa Minta Kesembuhan

Doa Minta Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Sesuai Sunnah | Assalamualaikum wr.wb sahabat yang di cintai oleh Allah swt. Pada pembahasan kita kali ini admin akan membagikan doa Minta Kesembuhan dari penyakit agar lekas di beri kesehatan jasmani dan rohani.

Bagi sahabat yang kini sedang sakit atau memiliki penyakit yang tak kunjung sembuh, panjatkanlah doa minta kesembuhan diri sendiri dengan setulus hati kepada sang pencipta agar segera dihilangkan dari tubuh. Perlu diingat ya sahabat : Selain memanjatkan doa, tentunya juga harus diiringi dengan usaha dan semangat untuk sembuh. Karena jika kita tidak memiliki semangat , maka penyakit akan senang bersarang di tubuh kita.

doa kesembuhan

Doa Kesembuhan yang di Ajarkan Oleh Rosululloh

Ber- doa untuk kesembuhan diri sendiri saat sedang sakit juga pernah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Hadis ini juga menjadi dalil bagi orang yang ingin mendoakan untuk kesembuhan diri sendirinya saat ia sedang berada dalam keadaan sakit.

Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mmengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa”.

Doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW saat itu adalah,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

” Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu. wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughaadiru saqomaa “

Artinya: “Wahai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain”. (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Doa Untuk Orang Tua

Doa Minta Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Sesuai Sunnah

Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca oleh mereka yang merasakan nyeri sambil memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang nyeri. Berikut ini adalah doa yang dianjurkan berdasarkan riwayat oleh Imam Muslim.

بِسْمِ اللَّهِ

” Bismillāh, “(dibaca 3 kali).

Artinya, “Dengan nama Allah.”

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

” A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).”

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

Doa minta kesembuhan kedua yang bisa diamalkan yakni:

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمَ أَنْ يَشْفِيَكَ، فَإِنْ كَانَ فِيْ أَجَلِهِ تَأْخِيْرٌ عُفِيَ مِنْ وَجَعِهِ،

” Asalullahal Adhiim rabbal ‘arsyil ‘adhim. An yasyfiika fa inkaana fii ajalihi takhirun ‘afii min waj’ihi.”

Atinya : Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, pemilik ‘Arsy yang besar untuk menyembuhkanmu. Maka apabila dalam ajalnya yang datang kemudian, semoga dia diselamatkan (dibebaskan) dari rasa sakitnya.”

Doa minta kesembuhan ketiga yang bisa diamalkan yakni:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

” Syafallahu saqomaka, waghofaro dzanbaka wa’aafaaka fii diinika wajismika illa muddatin ajalika.”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”.

Baca Juga : Doa Mimpi Buruk

Doa minta kesembuhan keempat yang bisa diamalkan yakni:

اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَۚ

Artinya: “(Ya Rabbku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.” (QS. Al Anbiya:83).

Doa tersebut dibaca Nabi Ayyub yang ditimpa penyakit selama puluhan tahun. Dengan sabar, Nabiyullah Ayyub as selalu berzikir mengingat Allah hingga semua penyakitnya diangkat oleh Allah dan sembuh seperti semula.

Doa lain yang bisa diamalkan agar terhindar dari penyakit.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الْأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.”(HR. Abu Dawud 1554).

Baca Juga : Doa Masuk Pasar

Imam An-Nawawi mengutip secara lengkap hadits riwayat Imam Muslim sebagai berikut.

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru,’’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113-114).

Selain mendoakan orang lain yang sedang sakit, kita dapat mendoakan diri sendiri ketika tengah menderita sakit tertentu. Doa riwayat Imam Muslim ini dapat menjadi alternatif sebagai terapi yang dilakukan untuk diri sendiri. Wallahu a‘lam.

Jangan Lupakan Membaca Al-Qur’an

Salah satu fungsi Al-Qur’an diturunkan kepada umat manusia adalah supaya bisa menjadi menawar bagi penyakit yang sedang diderita oleh manusia. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam ayat Al-Qur’an yang berbunyi,

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا (٨٢)

” Wanunazzilu mina alqur-aani maa huwa syifaaun warahmatun lilmu/miniina walaa yaziidu alzhzhaalimiina illaa khasaaraan”

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. Al Isra’ 82).

Demikianlah ulasan mengenai Doa Minta Kesembuhan Diri Sendiri dari Penyakit Sesuai Sunnah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Wassalam…