Doa Mimpi Buruk

Doa Mimpi Buruk | Assalamualaikum wr.wb para sahabat? Pernahkan kalian mengalami mimpi buruk ? Jika pernah, pastinya kalian akan merasa tidak enak hati atau cemas ketika bangun dari tidur. Apalagi mimpi terus berulang lagi.

Untuk mengantisipasi agar tidak mimpi buruk agar tidak terulang kembali , kita di-sunnah-kan untuk membaca doa ketika mimpi buruk. Nah berikut ini Satudoa.com akan mengulasnya secara lengkap dengan membagikan bacaan doa ketika mimpi buruk dalam bahasa arab , latin dan terjemahannya.

Doa Mimpi Buruk

Mimpi

Mimpi secara umum adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur,terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata , dan di luar kuasa pemimpi baik mimpi baik atau buruk . Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Baca Juga : Doa Sebelum Tidur

Mimpi Menurut Islam

Sedangkan menurut interpretasi Islam , mimpi baik itu merupakan mimpi dari Allah. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Mimpi sejati berasal dari Allah, dan mimpi buruk berasal dari Setan.” (Sahih Al-Bukhari).

Mereka yang biasa mengalami mimpi baik biasanya merupakan orang-orang yang jujur dan beriman. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW berkata, “Anda yang memiliki impian paling sejati adalah mereka yang paling jujur dalam berbicara” (Sahih Muslim).

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah berkata, “Jika ada di antara kamu yang memiliki mimpi yang dia sukai maka itu dari Allah. Dia harus berterima kasih kepada Allah untuk itu dan menceritakannya kepada orang lain.” (Sahih Al-Bukhari) Perbuatan baik terdiri dari orang yang melakukan tindakan Halaal (sah).

Sementara itu, seperti yang dinyatakan di atas, mimpi buruk berasal dari Setan. Nabi Muhammad SAW memberi tahu apa yang harus dilakukan setelah melihat mimpi buruk.

“Jadi ketika salah satu dari sahabat melihat mimpi yang tidak disukainya, ia harus meludah ke sisi kirinya tiga kali, berlindung kepada Allah dari Setan tiga kali, dan mengubah sisi tempat ia berbaring (Sahih Muslim) dan dalam narasi lain di Muslim, Nabi Muhammad SAW memberi tahu kami jika kami meludah tiga kali dan mencari perlindungan dari Allah maka itu (mimpi) tidak akan membahayakan mereka. ” (Sahih Muslim)

Nabi Muhammad (saw) juga memberi tahu bahwa jika mengalami mimpi buruk sebaiknya segera beranjak dan berdoa.”

Doa Mimpi Buruk Bacaan Arab , Latin dan Terjemahannya

Bacaan Doa

Bacaan Doa Mimpi Buruk Arab

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Bacaan Doa Mimpi Buruk Latin

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni”

Terjemahan Doa Mimpi Buruk:

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan setan serta kehadiran mereka.”

Makna doa mimpi buruk ini adalah kita berlindung kepada Allah dengan lantaran kalimat-kalimat-Nya yang sempurna.

Kalimat yang sempurna yaitu kitab-kitab-Nya yang diturunkan kepada para utusan-Nya atau nama-nama-Nya dan sifat-sifat-Nya yang sepi dari pertentangan dan perselisihan.

Berlindung dari kemarahan-Nya (kemurkaan-Nya terhadap orang yang mendurhakai-Nya), dari hukuman-Nya (siksa-Nya), dari kejahatan hemba-hamba-Nya (kejahatan dan kezhaliman penduduk bumi dan lainnya).

Juga berlindung dari godaan-godaan setan (bujukan, bisikan, tiupan, gangguan, serta fitnah, dan akidah yang rusak di dalam hati), dan dari kehadiran mereka (kedatangan dan keikutsertaan mereka dalam setiap urusan kita).

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan dan jeleknya mimpi-mimpi.” (HR.Ibnu Sunni).

Doa Ketika Mimpi Baik Bacaan Arab , Latin dan Terjemahannya

Tidak hanya ketika mendapat mimpi buruk saja kita berdoa, Jika kita mendapat mimpi baik juga di anjurkan untuk berdoa . Dibawah ini adalah bacaan doa ketika mendapat mimpi baik bacaan arab , latin dan terjemahannya .

Bacaan Arab :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Bacaan Latin:

” Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati”

Terjemahannya :

” Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

Baca Juga : Doa Bangun Tidur

Hal Yang Dilakukan Ketika Mimpi Buruk

1. Meludah Kearah Kiri sebanyak Tiga kali.

Meludah kearah kiri dimaksudkan untuk mencela setan dan menghinakannya.

2. Berlindung kepada Allah dengan Membaca Doa Mimpi Buruk.

Membaca doa ketika mimpi buruk atau ber-ta’awwudz dari kejahatan setan dan keburukan yang ia mimpikan sebanyak tiga kali.
Membaca ta’awwudz berfungsi untuk mengusir dan menjauhkan setan, memohon keselamatan kepada Allah dari keburukan dan tipu daya setan. Karena, tidak ada yang bisa mencegah keburukan setan, kecuali hanya Allah.

3. Mengubah Posisi Tidurnya ke Sisi Lain.

Apabila ketika mimpi buruk dalam tidurnya berbaring pada sisi kiri, maka dianjurkan untuk mengubahnya ke sisi kanan, begitu pula sebaliknya.

Hal ini untuk membuang jauh-jauh mimpi buruknya untuk bisa digantikan dengan mimpi yang baik ketika merubah posisi tidurnya

4. Tidak Boleh Menceritakan Mimpi Buruk kepada Orang Lain

Imam al-Munawi dalam Faidhul Qadir menjelaskan:

“Hendaklah ber-isti’adzah dengan sepenuh keinginan, kehadiran hati, keheningan batin, dan kebenaran tawajjuh. Maka, tidak cukup hanya menggerakkan lisan saja.”

Ketika orang yang bermimpi melakukan tiga hal di atas, maka mimpi tersebut tidak akan membahayakannya.

Imam Nawawi berkata:

“Maknanya, Allah Swt akan menjadikan ini sebagai sebab keselamatannya dari hal yang dibenci dari mimpinya, sebagaimana Dia menjadikan shadaqah sebagai penjaga harta dan sebab terlolaknya bencana.”

Apabila hal-hal di atas telah dilakukan, namun mimpi buruk masih juga datang, maka hendaknya ia bangun, berwudhu, kemudian mengerjakan sholat sunnah.

Dan, janganlah ia menceritakannya kepada orang lain dengan mengatakan:

“Saya telah bermimpi begini dan begitu.”

Akan tetapi hendaknya ia menyembunyikan mimpi buruk tersebut, seakan-akan ia tidak pernah memimpikannya.

Rasulullah bersabda:

“Dan, apabila ia melihat (dalam mimpinya) sesuatu yang ia benci, maka janganlah ia menceritakannya kepada seorang pun, dan hendaknya ia bangun kemudian shalat.” (HR. Ahmad).

Perlu juga diingat bahwa terkadang mimpi buruk yang dialami bisa jadi merupakan tanda akan terjadinya peristiwa yang akan datang.

Karena itu, kita diajarkan untuk berdoa dengan doa berikut:

“Aku berlindung dengan apa yang para malaikat Allah dan rasul-rasul-Nya berlindung dengannya, dari apa yang aku lihat dalam mimpiku ini, dari bencana yang akan menimpaku di dunia dan akhirat.” (HR. Dailami, Abdurrazzaq, Ibnu Abi Syaibah, dan Baihaqi).

Baca Juga : Doa Selamat

Demikianlah ulasan mengenai Doa Mimpi Buruk sesuai sunnah Rosululoh SAW. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para sahabat Satudoa.com. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. amin.