Doa Masuk Pasar

Doa Masuk Pasar | Assalamualakum wr.wb para sahabat ? Semoga saja sahabat selalu di beri kesehatan dan rezeki yang melimpah , amin ya robb. Pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai salah satu doa yang mungkin jarang di lakukan atau diamalkan yakni doa masuk ketika pasar.

Untuk memudahkan para sahabat dalam menghafal dan juga memahami doa ini, admin sengaja membagikannya dalam bentuk tulisan arab , latin dan juga artinya lengkap dengan rahasia atau keutamaan di balik amalan doa masuk pasar ini. Berikut ulasannya.

Doa Masuk Pasar

Pengertian Pasar

Pada umumnya, pasar adalah salah satu tempat dimana bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Namun tahukan kalian jika pasar adalah tempat paling tidak disukai oleh Allah SWT. Seperti yang sudah tertaur dalam hadis berikut ini:

Nabi Muhammad bersabda :

أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا

“Tempat yang paling disukai Allah adalah masjid-masjidnya, sedangkan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Hakim).

Jika para sahabat membaca hadis di atas tentunya bertanya , mengapa pasar tempat yang paling dibenci Allah ?

Dalam hadits lainnya dijelaskan:

“Sesungguhnya, pasar adalah medan pertempuran setan, dan di sanalah setan memasang benderanya.” (HR. Thabrani).

Jika masjid adalah semulia-mulianya tempat, maka itu sudah jelas karena ia adalah tempat ibadah dan dzikir.

Alasan mengapa pasar seburuk buruknya tempat adalah dimana tempat yang sering digunakan untuk menipu, memfitnah, ingkar janji, marah, berkata keji dan kotor, serta berbagai macam perilaku dosa lainnya.

Dan, kalaupun kita mampu menjaga diri dari perilaku dosa tersebut, tetap saja kita sulit terhindar dari kelalaian.

Dipasar, hati dan pikiran banyak disibukkan oleh berbagai hal yang terlihat oleh dua mata. Disebelah sana ada barang dagangan jenis ini, warna ini, dan sebagainya.

Sungguh, betapa sulit untuk bisa tetap mengingat Allah bersamaan dengan hiruk-pikuknya suasana pasar. Karena hal ini, maka Nabi Muhammad menganjurkan membaca doa ketika masuk pasar.

Baca Juga : Doa Selamat

Lafadz Doa Masuk Pasar Tulisan Arab Latin dan Artinya

lafadz

Lafadz Doa Masuk Pasar Arab

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Lafadz Doa Masuk Pasar Latin

“Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahu Laa Syariika Lahu, Lahulmulku Walahulhamdu, Yuhyii Wa Yumiitu Wa Huwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khaiir, Wa Huwa ‘Ala Kulli Syai’in Qodiir.”

Artinya : “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, yang Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya segala kekuasaan dan pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Mematikan. Dia Yang Maha Hidup, yang tidak akan pernah mati. Di tangan-Nya kebaikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Rahasia Dzikir /Doa Masuk Pasar

Dzikir ini sangat ringan, namun memberikan nilai pahala sangat besar. Mengapa bisa demikian? Jawabannya karena dzikir ini dibaca di pasar. Di baca di tempat umumnya manusia lupa Allah, jauh dari ibadah.

Pada saat manusia dalam kondisi lupa Allah, ada diantara hamba-Nya yang justru berdzikir dan mengingat Sang Pencipta. Di saat semua manusia sibuk dengan dunia dan perdagangannya, dia justru menjadi orang yang ingat Allah.

Banyak berdzikir ketika di masjid, atau ketika di tengah majlis dzikir, adalah perbuatan yang lumrah. Namun berdzikir di tempat umumnya orang lupa Allah, adalah amalan yang istimewa. (sumber : konsultasisyariah.com )

Beramal di Tengah Kelalaian Manusia

Kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, melaksanakan jamaah isya di awal malam. Beliau rutinkan itu, agar tidak memberatkan umatanya. Namun suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakhirkan shalat isya hingga tengah malam.

Para sahabat dengan setia menunggu beliau di masjid hingga tengah malam. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang dan membesarkan hati para sahabatnya,

مَا يَنْتَظِرُهَا أَحَدٌ مِنْ أَهْلِ الأَرْضِ غَيْرَكُمْ

”Tidak ada seorangpun di muka bumi ini yang menunggu shalat isya, selain kalian.” (HR. Bukhari 566 dan Muslim 638)

Ketika menjelaskan hadis ini, Ibnu Rajab mengatakan,

وفي هذا إشارة إلى فضيلة التفرد بذكر الله في وقت من الأوقات لا يوجد فيه ذاكر له ولهذا ورد في فضل الذكر في الأسواق ما ورد من الحديث المرفوع والآثار الموقوفة حتى قال أبو صالح: إن الله ليضحك ممن يذكره في السوق وسبب ذلك أنه ذكر في موطن الغفلة بين أهل الغفلة

Dalam hadis ini terdapat keterangan tentang keutamaan berdzikir kepada Allah di waktu-waktu dimana tidak ada orang yang berdzikir. Karena itulah, terdapat keutamaan besar untuk dzikir ketika masuk pasar, sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan keterangan sahabat. Hingga Abu Sholeh mengatakan,

“Sesungguhnya Allah tertawa terhadap orang yang berdzikir ketika masuk pasar. Sebabnya adalah orang ini berdzikir di tempat yang melalaikan, di tengah-tengah orang yang lalai untuk berdzikir kepada Allah.” (Lathaif al-Ma’arif, hlm. 131).

Baca Juga : Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Keutamaan Doa Masuk Pasar

Kemudian, al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan beberapa keutamaan berdzikir di tengah kelalaian masyarakat dalam mengingat Allah, diantaranya,

  1. Dzikir ini akan lebih rahasia. Sementara amal sunah yang lebih rahasia, nilainya lebih besar. Karena itu, dzikir di keramaian hendaknya dibaca pelan, tanpa menggunakan tasbih.
  2. Amal ini lebih berat dilakukan. Karena umumnya manusia akan mengikuti apa yang dilakukan masyarakat di sekitarnya. Dan semakin berat amal itu dikerjakan, pahalanya semakin besar.
  3. Berdzikir di tengah kelalaian masyarakat, menjadi sebab Allah tidak menurunkan adzab kepada mereka. Ibnu Rajab menyebutkan,

قال بعض السلف: ذاكر الله في الغافلين كمثل الذي يحمي الفئة المنهزمة ولولا من يذكر الله في غفلة الناس لهلك الناس

Sebagian ulama salaf mengatakan, ”Berdzikir mengingat Allah di tengah orang yang lupa Allah, ibarat orang yang melindungi sekelompok masyarakat yang lemah. Andaikan bukan karena keberadaan orang yang berdzikir di tengah kelalaian manusia, niscaya mereka akan binasa.” (Lathaif al-Ma’arif, hlm. 133).

Kisah Menakjubkan

Diceritakan oleh Abu Qilabah (w. 104 H) – seorang ulama tabiin –,

التقى رجلان في السوق فقال أحدهما للآخر تعال نستغفر الله في غفلة الناس ففعل فمات أحدهما فلقيه الآخر في النوم فقال علمت أن الله غفر لنا عشية التقينا في السوق

Ada dua orang mukmin yang ketemu di pasar. Kemudian yang satu menasehatkan kepada temannya, ’Mari kita memohon ampun kepada Allah di tengah kelalaian manusia.’ Keduanyapun banyak membaca istighfar. Suatu ketika salah satu orang ini meninggal. Tiba-tiba yang hidup ketemu temannya dalam mimpi. Dia berpesan, ’Tahukah kamu, ternyata Allah mengampuni dosa kita sore hari ketika kita ketemu di pasar.’ (At-Targhib wa at-Tarhib, no. 2620)

Demikianlah ulasan mengenai doa masuk pasar dan keutamanya. Semoga dengan mengamalkannya, para sahabat di jauhkan dari segala keburukan dan dilindungi oleh Allah SWT ketika masuk pasar atau di dalam pasar. Wallahu a’lam bish shawab.