Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi ( WC )| Mandi adalah salah satu aktivitas yang di lakukan setiap hari untuk membersihkan diri dari hadast kecil ataupun besar . Terutama bagi setiap umat muslim, mandi bisa sunnah di lakukan dan bisa wajib untuk di lakukan seperti mandi junub ( mandi wajib).

Dalam ajaran agam islam , mandi juga memiliki adab adab yang perlu di lakukan dan salah satunya membaca doa ketika akan WC / masuk kamar mandi dan ketika keluar kamar mandi.

doa masuk kamar mandi

Hadist Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Diriwayatkan dari Abu Malik al-Harits bin Ashim, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “bersuci (thaharah) ialah separuh dari keimanan … ” (H.R. Muslim 223). Bersuci bisa dibedakan menjadi bersuci secara lahiriah dan secara batiniah.

Bersuci secara lahiriah adalah membersihkan diri dari hadas dan najis. Salah satu bagian dari bersuci adalah istinja. Beristinja hukumnya wajib baik untuk orang yang buang air besar maupun yang buang air kecil. Beristinja bisa dilakukan menggunakan air atau benda padat (keras dan kesat) seperti batu, kertas, atau daun-daun yang sudah kering.

Hadist Anjuran Ber-doa Saat Masuk WC /Kamar Mandi

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: “Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw akan masuk WC, beliau  berdoa, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi  wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan juga setan perempuan.”(HR. Bukhari)

Hadist Anjuran Ber-doa Ketika Keluar WC /Kamar Mandi

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya: “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah keluar dari kamar mandi beliau mengucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Mengapa kita harus selalu membaca doa ketika akan masuk kamar mandi ? Seperti yang sudah kita ketahui  bahwasannya setan akan selalu mengikuti manusia kemanapun dan kapanpun bahkan ketika di kamar mandi / wc .

Jadi kita di sunnahkan untuk membaca doa masuk dan keluar kamar mandi agar setan tidak mengganggu kita pada saat beraktivitas di WC /kamar mandi.

Tidak mau kan kalau dikuti setan saat mandi? Kalau tidak mau silahkan baca doa sebelum masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi lengkap dengan bahasa latin dan artinya berikut ini.

Baca Juga :Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa Masuk Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi sangat dianjurkan untuk diamalkan setiap hari. Bacaan doa ini tergolong singkat sehingga mudah untuk dipraktekkan dan diamalkan. Berikut adalah doa masuk kamar mandi.

Doa Masuk wc

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan Latin:

“Alloohumma Innii A’uudzubka Minal Khubutsi Wal Khobaaitsi”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kotoran”

Doa Keluar Kamar Mandi Sesuai Sunnah

Saat keluar kamar mandi kita disunnahkan untuk membaca doa berikut.

Doa Keluar wc

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Bacaan Latin:

“Alhamdulillaahil-ladzii Adz-haba ‘Annil-adzaa Wa’aafaanii”

Artinya : “Dengan mengharapkan ampunanMu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari tubuhku dan yang telah menyejahterakan”

Adab Ketika Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Adab tidak hanya kepada sesama manusia, adab juga di perlukan dalam berbagai hal seperti masuk dan keluar kamar mandi. Berikut ini satudoa akan merangkum adab masuk dan keluar WC kamar mandi sesuai sunnah.

  1. Ketika hendak memasuki kamar mandi bacalah “bismillah” terlebih dahulu lalu membaca doa setelahnya sesuai yang sudah kalian baca atau pahami sebelumnya.
  2. Ketika masuk kamar mandi , masuklah dengan kaki kiri dulu. Karena kamar mandi merupakan tempat najis yang di sukai oleh setan.
  3. Ketika masuk kamar mandi atau wc , pakailah alas kaki seperti sendal .
  4. Jangan bernyanyi atau berbicara keras saat di kamar mandi.
  5. Jangan membaca ayat suci alqur’an ketika di kamar mandi atau saat buang air kecil dan besar.
  6. Pada saat kalian buang air kecil atau besar, jangan menghadap kiblat, usahakan dengan arah menyamping.
  7. Tidak dibolehkan menjawab salam atau mengucapkan salam dari kamar mandi.
  8. Tutuplah  pintu kamar mandi supaya aurat tidak terlihat oleh orang lain dari luar.
  9. Jika sudah selesai mandi atau buang hajat, hati-hati dengan najis, ketika selesai BAB atau PUP, siram atau aliri sampai benar-benar bersih.
  10. Ketika akan melangkah keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu disertai dengan membaca doa غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”.

Manfaat dari Doa Masuk dan Keluar WC

Membaca doa ketika masuk kamar mandi memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Ketika kalian mandi tentunya akan membuka semua pakaian dan setan akan melihat aurat kalian. Dengan membaca doa, setan tidak akan bisa melihat aurat kalian dan akan terhidar dari perbuatan buruk selama di kamar mandi.

Selain itu, Ajal manusia itu tidak ada yang tahu kapan dan dimana. Bisa saja ajal menjemput ketika di kamar mandi. Dengan membaca doa sebelum masuk kamar mandi, insya Allah kita akan meninggal dalam keadaaan khusnul khotimah.

Demikianlah ulasan mengenai Doa masuk dan keluar kamar mandi ( WC ) . Semoga artikel ini bermnfaat untuk kita semua dalam menjalankan semua sunnah Rosululloh SAW. Lakukanlah doa sebelum dan selesai melakukan aktivitas sehari hari agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin ya Robbal Alamin.