Doa Ibu Hamil

Doa Ibu Hamil | Assalamualaikum wr.wb sahabat semuanya. Kembali lagi dengan admin disini yang selalu siap berbagi kumpulan doa-doa lengkap yang tentunya sesuai dengan tuntunan Islam.

Pada artikel kali ini admin akan membagikan doa untuk bumil atau ibu hamil yang bisa amalkan setiap harinya sesuai dengan ajaran agama islam. Tujuan berdoa kepada Allah SWT tidak lain untuk memohon perlindungan supaya para ibu sehat dan bayi yang dikandungnya selamat sampai proses persalinan.

Doa Ibu Hamil

Ibu Hamil

Hamil ataupun melahirkan adalah dambaan bagi setiap perempuan. Terlebih pada masa kehamilan saat menanti kehadiran sang buah hati, tentu calon Ibu akan lebih mudah merasa cemas dan khawatir.

Setiap calon orangtua tentunya mendambakan anak yang sholeh dan sholehah. Anak seperti itu akan terwujud jika orangtua dengan seluruh kemampuannya berusaha membentuk karakter anaknya sejak dini, bahkan sejak mereka masih menjadi janin sekalipun.

Selain ahli medis dan gizi yang menyarankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan melakukan kegiatan sehat selama kehamilan, dalam Islam Ibu juga dianjurkan membaca dzikir ataupun doa yang baik untuk janin yang Ibu kandung.

Ketika hamil, perempuan sangat dianjurkan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa agar janin yang dikandung bisa terlahir menjadi anak sholeh atau sholehah sesuai dengan dambaan para orangtua. (Sumber : popmama.com )

Baca Juga : Doa Untuk Pengantin

Kumpulan Doa Ibu Hamil Dalam Islam

Memang tidak ada dzikir atau doa khusus yang diperuntukkan untuk ibu hamil, namun Ibu bisa mengamalkan amalan baik dengan membaca beberapa doa yang dianjurkan bagi ibu hamil.

Hal ini agar Ibu terus mendapat ketenangan hati dan selalu berada dalam lindungan-Nya selama masa kehamilan.

Berikut ini Satudoa.com telah menyiapkan kumpulan doa ibu hamil yang baik untuk dibaca setiap hari.

1. Perbanyak Membaca Surat Al Fatihah

Al Fatihah adalah surat pertama dalam Alquran yang memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Surat ini berisi doa seorang muslim mengharap petunjuk akan jalan yang lurus dan dijauhkan dari sifat merugi kepada Sang Pencipta.

Banyak membaca doa surat Al Fatihah saat ibu hamil, sangat baik untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi janin dan ibu. Surat Al Fatihah bisa dibaca kapan saja.

Doa Ibu Hamil

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَالرَّحْمَٰنِ الرَّحِيممَالِكِ يَوْمِ الدِّينِإِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَصِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

“Alhamdu lilla_hi rabbil ‘a_lamin Ar Rahmaanirrahiim Maaliki yaumiddiin Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin Ihdinash-shirraatal musthaqiim Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh-dhaalliin”

Artinya : ” Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam Yang Maha Pengasih, Lago Maha Penyayang. Pemilik hari pembalasan, Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan . Tunjukilah kami jalan yang lurus , (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.”

2. Membaca Ayat Kursi

Doa Ayat kursi yang merupakan ayat ke-255 dalam surat Al Baqarah, sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap umat muslim. Penggalan surat Al Baqarah ini, berisi puji-pujian tentang betapa agungnya Sang Pencipta.

Bagi ibu hamil dan calon ayah, rajinlah membaca ayat kursi! Terutama, pada pagi dan petang hari. Berikut lafalnya:

ayat kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

” allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā takhużuhụ sinatuw wa lā naụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā biiżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyaiim min ‘ilmihī illā bimā syā, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā yaụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm “

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi.

Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

3. Perbanyak Berzikir

Dalam Alquran, disebutkan bahwa ketika kandungan memasuki usia empat bulan, ruh ditiupkan kepada janin. Di waktu ini juga, ditetapkan perkara rezeki, ajal, amal perbuatan, dan jalan hidup manusia.

Maka dari itu, dianjurkan bagi calon orangtua / ibu hamil untuk memperbanyak doa berzikir, memohon ketetapan yang baik dari Allah SWT bagi janin di dalam kandungan. Beberapa bacaan zikir yang dianjurkan adalah beristigfar, kalimat tasbih, dan laa hawla walaa quwwata illa billah.

4. Membaca Tiga Surat Terakhir dalam Alquran

Tiga surat terakhir dalam Alquran yaitu An Nas, Al Falaq, dan Al Ikhlas memiliki keutamaan sebagai penjaga umat muslim sekaligus membuat diri mudah merasa cukup. Ketiga surat ini, juga sangat dianjurkan dibaca oleh calon orang tua dan ibu di masa kehamilan.

5. Membaca Surat Al Hasyr

Surat Al Hasyr

Surat Al Hasyr yang merupakan surat ke-59 dalam Alquran, memiliki banyak manfaat baik jika rutin dibaca. Dua di antaranya adalah terhindar dari gangguan jin serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT.

Doa / Surat ini juga baik dibaca saat ibu hamil. Bisa dibaca oleh calon ibu sambil mengusap perutnya atau dibaca oleh ayah sebanyak tujuh kali lalu ditiupkan ke perut ibu.

Baca Juga : Doa Untuk Orang Tua

6. Membaca Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ ۚ وَاعْفُ عَنَّا ۗ وَاغْفِرْ لَنَا ۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ ﴿البقرة : ۲۸۶

” laa yukallifu allaahu nafsan illaa wus’ahaa lahaa maa kasabat wa’alayhaa maa iktasabat rabbanaa laa tu-aakhidznaa in nasiinaa aw akhtha/naa rabbanaa walaa tahmil ‘alaynaa ishran kamaa hamaltahu ‘alaa alladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wau’fu ‘annaa waighfir lanaa wairhamnaa anta mawlaanaa faunshurnaa ‘alaa alqawmi alkaafiriina

Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, diriwayatkan Ibnu Mas’ud Al Anshari dari Rasululullah: “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada malam hari, maka kedua ayat ini akan mencukupinya (dari segala keburukan, godaan setan, gangguan jin dan manusia).”

Dua ayat terakhir surat Al Baqarah ini, juga sangat dianjurkan dibaca oleh calon orangtua di masa kehamilan. Keutamaannya adalah untuk memohon perlindungan dari segala keburukan, sehingga proses kehamilan lancar dan selamat hingga persalinan nanti.

7. Membaca Surat Ali-Imran

Diutamakan untuk membaca surat Ali-Imran ayat 35 dapat diamalkan sebagai doa yang dipanjatkan oleh ibu hamil.

Surat Ali-Imran

رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (٣٥)

“Rabbi inni nazartu laka mā fi baṭni muḥarraran fa taqabbal minni, innaka antas-sami’ul-‘alim.” (35).

Artinya :“Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Imran ayat 35).

8. Doa Yang Dibaca Ayah Untuk Ibu Hamil dan Janin

Ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh ayah selama istrinya mengandung. Berikut lafalnya:

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâan illâ syifâuka syifâan lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allohumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman.

Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.

Yaa Tuhanku, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Baca Juga : Doa Memakai dan Melepas Pakaian

9. Doa Untuk Ibu Hamil setelah 4 Bulan Kehamilan

Setelah usia kehamilan mencapai 4 buulan, maka sudah ada ruh di dalam bayi yang dikandung sang Ibu. Sang ibu dianjurkan membaca doa untuk ibu hamil berikut.

Doa Untuk Ibu Hamil setelah 4 Bulan

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَمِنَ اللهِ وَإِلَى اللهِ وَلَا غَالِبَ إِلَّا اللهُ وَلَا يُفَوِّتُهُ هَارِبٌ مِنَ اللهِ وَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ, نُعِيْذُ هَذَا الْحَمْلَ الْبَالِغَ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ بِاللهِ اللَّطِيْفِ الْحَفِيْظِ الَّذِى لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ وَنُعِيْذُهُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ وَبِأَسْمَآئِكَ الْعَظِيْمَةِ وَآيَاتِهِ الْكَرِيْمَةِ وَحُرُوْفِهَا أَلْمُبَارَكَةِ مِنْ شَرِّ الْإِنْسِ وَالْجَآنِّ وَمِنْ مَكْرِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْآوَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ الْفِتَنِ وَالْبَلَايَا وَالْعِصْيَانِ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ أَللهم اجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا كَرِيْمًا كَامِلًا عَاقِلًا عَلِيْمًا نَافِعًا مُبَارَكًا حَلِيْمًا أَللهم زَيِّنْهُ بِزِيْنَةِ الْأَخْلَاقِ الْكَرِيْمَةِ وَالصُّوْرَةِ الْجَمِيْلَةِ ذِي الْهَيْبَةِ وَالْهَيْئَةِ الْمَلِيْحَةِ وَالرُّوْحِ عَلَى الْفِطْرَةِ الْجَزِيْلَةِ اللهم اكْتُبْهُ فِي زُمْرَةِ الْعُلَمَآءِ الصَّالِحِيْنَ وَحَمَلَةِ الْقُرْآنِ الْعَامِلِيْنَ وَارْزُقْهُ عَمَلاً يُقَرِّبُهُ إِلَى الْجَنَّةِ مَعَ النَّبِيِّيْنَ يَآ أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ وَيَا خَيْرَ الرَّازِقِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْهُ وُأُمَّهُ فِي طَاعَتِكَ الْمَقْبُوْلَةِ وَذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ الْمُرْضِيَّةِ وَاحْفَظْهُ مِنَ السَّقْطِ وَالنَّقْصِ وَالْعِلَّةِ وَالْكَسَلِ وَالْخِلْقَةِ الْمَذْمُوْمَةِ حَتَّى وَضَعَتْهُ أُمُّهُ عَلَى صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَسُهُوْلَةٍ وَيُسْرَةٍ مِنْ غَيْرِ مَرَضٍ وَتَعَبٍ وَعُسْرَةٍ بِشَفَاعَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk, dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Dari Allah, kepada Allah, tidak ada yang menang kecuali Allah, tiada yang bisa berlari dari Allah, Dia Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri.”

“Kami memohon perlindungan bagi janin yang berumur 4 bulan ini pada Allah Yang Maha Lembut, Yang Maha Menjaga, tiada tuhan selain Dia Yang Maha Mengetahui hal-hal gaib dan terlihat. Dia Maha Pengasih lagi Penyayang.”

“Kami memohon perlindungan bagi janin ini pada kalimat-kalimat Allah yang sempurna, asma-asma-Nya yang agung, ayat-ayat-Nya yang mulia, huruf-huruf-Nya yang diberkati dari kejelekan manusia dan jin, dari godaan malam, siang, dan waktu, dan dari segala fitnah, bala dan maksiat, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki saat mereka mendengki.”

“Ya Allah jadikanlah dia (janin) ini sebagai anak yang saleh, mulia, sempurna, berakal, alim, bermanfaat, terberkati, dan bijaksana. Ya Allah, hiasi dia dengan hiasan akhlak yang mulia dan rupa dan indah, memiliki wibawa dan tingkah yang manis, dan ruh yang suci lagi agung.”

“Tuhanku, tulis takdirnya sebagai bagian dari para ulama yang saleh, penghafal dan pengamal Al-Quran yang bisa mendekatkannya pada surga beserta para Nabi, wahai Dzat paling mulia diantara mereka yang mulia dan Dzat Pemberi rizqi Terbaik.”

“Allah berikan rizqi pada dia dan ibunya untuk taat yang diterima, untuk mengingat Engkau, bersyukur pada-Mu, dan beribadah yang baik pada-Mu. Jaga dia dari keguguran, kekurangan, cacat, malas, dan bentuk yang tercela hingga ibunya melahirkannya dalam kondisi sehat wal afiat, secara mudah, gampang, tanpa sakit, susah, dan penat. Dengan syafaat Nabi Muhammad.”

Nah itulah Kumpulan Doa Ibu Hamil dalam Islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan amalkan doa doa tersebut setiap hari di Sepertiga malam terakhir , Hari jumat , Antara adzan dan iqomah dan Di waktu hujan turun agar janin selalu dalam lindungan-Nya dan dijadikan calon anak sholeh ataupun sholeha.