Doa Bangun Tidur

Doa Bangun Tidur | Menghafal Doa Bangun Tidur dapat kalian lakukan dengan cara mendengarkan dari ponsel berupa mp3 ataupun mp4. Akan tetapi bagi beberapa orang kesulitan untuk menghafal dengan cara tersebut.

Untuk itu SATUDOA akan membagikan Doa Bangun Tidur berupa teks lengkap dengan bacaan Arab, Latin sekaligus artinya . Namun sebelumnya kita simak ulasan mengenai tidur menurut islam.

Doa Bangun Tidur

Tidur

Tidur adalah salah satu proses untuk beristirahat dan juga menjaga energi agar tetap sehat dan fit. Banyak permasalah tubuh dan juga proses detoksifikasi terjadi saat tidur.

Untuk itu, proses tidur menjadi bagian dari mekanisme biologis dalam tubuh manusia. Tidak hanya dalam sudut pandang biologis, ternyata jauh sebelum ilmu biologi banyak muncul di dunia, Islam sudah membahas mengenai tidur.

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu diwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesung-guhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum: 23).

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa tidur kita di siang atau malam hari adalah bagian dari kekuasaan Allah. Justru Allah memberikan kesempatan untuk manusia istirahat tidur di malam hari sedangkan berusaha di pagi harinya.

Sebagai wujud rasa syukur kita atas karunia Allah, kita di sunnahkan untuk membaca doa setelah bangun tidur. Berikut doa yang bisa sahabat amalkan:

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Bacaan Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah

Lafadz doa bangun tidur

Bacaan Doa Bangun Tidur Arab

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Bacaan Doa Bangun Tidur Latin

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Artinya:”Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah  mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan (tempat kembali)”
(HR. Bukhari no. 6325)

Tidak hanya berdoa, Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umat Muslim membaca dzikir setelah / sesudah  doa bangun pagi. Hal ini dilakukan oleh beliau sebagai amalan di pagi hari.

Adapun dzikir pagi berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi. Hasan menurut Syaikh Al Albani

;اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

Bacaan Latin Dzikir Pagi

“Alhamdullillahilladzii ‘aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.”

Dijelaskan dalam hadits tentang dikembalikannya ruh/roh yang berarti kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menikmati kehidupan. Nikmat seperti ini patut disyukuri. Lantas menyukurinya dengan apa?

Seperti yang di jelaskan oleh Badaruddin Al ‘Aini dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari yang berbunyi, “Hendaklah seseorang yang sudah bangun di pagi hari berusaha mensyukuri nikmat tersebut dengan menjalankan shalat Shubuh. Itulah bentuk syukurnya kepada Allah atas nikmat hidup yang Allah beri serta nikmat dikembalikannya ruh padanya.”

Untuk itu marilah kita selalu melakukan ibadah sholat subuh untuk mensyukuri nikmat Allah selain membaca Doa Bangun Tidur.

Baca Juga : Doa Turun Hujan

Adab Bangun Tidur Sesuai Sunnah Rosululloh SAW

1. Duduk lalu mengusap wajah

Rasulullah SAW bersabda: Ibnu Abbas, semoga Allah ridho kepadanya berkata, “Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam Rasulullah SAW bangun, kemudian beliau duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya” (HR Ahmad).

Bangun lalu berdiri dan berjalan itu berbahaya. Pelajari betapa hikmah Rasulullah SAW menganjurkan duduk karena itu baik dan benar menurut ilmu kesehatan.

2. Doa Bangun Tidur

Nabi Muhammad SAW ketika bangun tidur beliau membaca doa, “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah  mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan (tempat kembali)”. (HR Bukhari)

“Ya Allah, alhamdulillah engkau sudah hidupkan setelah engkau mematikan dan kepadamu lah kembali. Bangunlah dengan rasa syukur yang paling dalam,” ucap KH Abdullah Gymnastiar.

3. Baca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran

Ibnu Abbas berkata, “Beliau (Rasulullah SAW Duduk lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. Kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran.” (HR Bukhari)

“Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,” (Qs Ali Imran: 190)

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Qs Ali Imran: 191)

“Dan selanjutnya, dan usahakan untuk di hapal,” saran pemilik Ponpes Daarut Tauhid Bandung ini.

4. Cuci tangan

“Cuci tangan lah 3 kali, karena kita tidak tahu tangan ini ada di mana,” ujar dia.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke wadah sebelum dia mencucinya 3 kali, kerena dia tidak tahu di mana tangannya semalam berada.” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Masukkan air ke hidung (istinsyaq) 3 kali

Menurut Rasulullah SAW, di hidung lah biasa tempat setan berpangkal saat kita tidur.

Sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kalian bangun tidur, maka bersihkan bagian dalam hidung 3 kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya,” (HR Bukhari dan Muslim)

6. Bersiwak atau menggosok gigi

Nabi Muhammad SAW apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak (HR Bukhari dan Muslim)

7. Berwudhu

Sabda Rasulullah SAW, dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan 3 ikatan. Pada tiap ikatannya ia mengatakan: “Malammu masih panjang, teruslah tidur”. Maka jika orang tersebut bangun kemudian ia berzikir pada Allah, terbukalah satu ikatan.

Kemudian Jika ia berwudhu, terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia shalat, terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian maka biasanya ia akan terbangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Doa Setelah Adzan

Manfaat Doa Ketika Bangun Tidur

Dalam Alquran, Allah SWT sudah menjelaskan bahwa Dia memegang jiwa-jiwa yang belum mati pada waktu tidurnya. Hal ini dijelaskan dalam Surat Az-Zumar: 42 yang artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.”(AzZumar 42)

Itulah Bacaan Doa Bangun Tidur yang dapat kalian hafalkan semoga bermanfaat untuk pembelajaran kepada kita semua supaya selalu mengingat Allah dalam keadaan apapun .