Lafadz Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Dalam Menghadapi Masalah

Lafadz Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Dalam Menghadapi Masalah | Assalamualaikum wr.wb sahabatku? Semoga kalian selalu di beri kesehatan dan rezeki yang melimpah , amin. Sebagai manusia tentunya kita di ciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk yang sempurna di bandingkan dengan mahluk lainnya. Banyak sekali karunia yang diberikan Allah kepada kita diantaranya ialah akal fikiran ,hawa nafsu dan juga perasaan.

Berbicara soal perasaan pastinya berhubungan dengan hati . Hati merupakan sesuatu yang berhungan dengan batin seseorang yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Suasana hati seorang manusia bisa dan mudah berubah ubah seperti tenang , senang, gembira, dan lain sebagainya di saat mendapatkan sesuatu yang baik. Begitu pula sebaliknya, kadang manusia merasakan perasaan marah, gelisah, sedih karena mendapatkan sesuatu yang buruk seperti mendapatkan musibah, masalah dan cobaan dari Allah. Apalagi masalah yang kita hadapai tidak juga kunjung selesai tentunya hati tidak tenang dan gelisah bahkan tidak bisa tidur.

Doa Agar Hati Tenang

Agar hati tenang dan tidak gelisah dalam menghadapi masalah, cara yang paling ampuh untuk di lakukan yakni mencoba ikhlas dan berdoa kepada Allah SWT. Dengan cara ini mudah mudahan sahabat akan di berikan ketenangan dalam diri serta dihilangkan segala keresahan dan kegelisahan yang ada. Nah , disini admin sudah menyiapkan Lafadz Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas Dalam Menghadapi Masalah dalam bentuk tulisan arab, latin dan artinya yang tidak lain untuk memudahkan sahabat dalam mengamalkannya.

Baca Juga : Doa Sapu Jagat

Lafadz Doa Agar Hati Tenang Lengkap Arab, Latin dan Artinya

1. Doa Agar Hati Tenang Tidak Gelisah

Lafadz Arab

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Lafadz Latin

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali

Artinya:

“Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

2. Lafadz Doa Memohon Agar Hati Tenang

Lafadz Arab

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Lafadz Latin

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya :

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Baca Juga : Doa Minta Kesembuhan

Dzikir Penenang Hati

Berikut ini adalah lafadz dzikir supaya hati tenang dalam menghadapi masalah yang bisa sahabat amalkan:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

” Astaghfirullohal azdim alazila ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih”

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

“Allohumma sholi ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

“Subhanalloh walhamdulillahi wala ilaha illallohu wallohu akbar”

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

” Laa ilaha illalloh wahda hulaa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. “

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

” Hasbunalloh wani’ mal wakil”

Itulah beberapa bacaan zikir pendek yang bisa diperggunakan sebagai obat untuk menjadikan hati tenang, semoga kita bisa membaca dan amalkan sebagai amalan sehari-hari baik setelah sholat lima waktu , sholat sunnah, maupun saat diperjalanan dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai Lafadz Doa Agar Hati Tenang dan tidak cemas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Amalkan doa dan dzikir diatas apabila hati merasa tidak tenang dan gelisah. Karena hanya kepada Allah lah kita memohon pertolongan.