Bacaan Surat Al Lahab Arab , Latin Lengkap Arti dan Isi Kandungan

Bacaan Surat Al Lahab Lengkap Arti dan Isi Kandungan | Assalamualaikum wr.wb para sahabat setia Satudoa.com. Seperti biasa , pada topik kali ini admin akan membagikan bacaan dari surat pendek Al Qur’an juz 30 yakni Surat Al-Lahab yang terdiri dari 5 Ayat . Surat ini bisa sahabat baca setelah surat Al Fatihah untuk menyempurnakan sholat.

Nah bagi sahabat yang belum bisa atau belum hafal bacaan surat Surat Al Lahab. Berikut admin akan membagikanya berupa tulisan arab ,latin dan Arti-nya lengkap dengan ulasan isi kandungan nya.

surat al lahab

Al Qur’an Surat Al Lahab

Surah Al-Lahab atau Al-Massad adalah surat ke-111 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 5 ayat dan termasuk surat makiyyah lantaran diturunkan di kota Mekkah. Nama surat ini diambil dari kata Al Lahab yang terdapat pada ayat ketiga surat ini yang artinya gejolak api. Pokok isi surat Al Lahab menceritakan tentang nasib salah seorang paman Rasulullah SAW yakni Abu Lahab yang diancam dengan siksa neraka.

Selain berlaku untuk Abu Lahab yang diancam dengan kebinasaan di atas api neraka, surah ini juga menjelaskan tentang perbuatan istrinya. Sebagai orang yang selalu menebar fitnah terhadap Rasulullah, istri Abu Lahab pun akan diberi kalung yang berupa tali dari sabut di neraka.

Baca Juga : Surat Al Quraisy Ayat 1-4

Bacaan Surat Al Lahab Tulisan Arab,Latin dan Arti

"Lafadz

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

” Bismillahirrahmaanirrahiim “

تَبَّتۡ يَدَاۤ اَبِىۡ لَهَبٍ وَّتَبَّؕ

” Tabbat yadaa abii lahabiw watabb “

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia

مَاۤ اَغۡنٰى عَنۡهُ مَالُهٗ وَمَا كَسَبَؕ

” Maa aghnaa ‘anhumaa luhu wa maa kasab “

Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

سَيَصۡلٰى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

” Sayashlaa naaran dzaata lahab(in) “

 Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka)

وَّامۡرَاَ تُهٗ ؕ حَمَّالَةَ الۡحَطَبِ‌ۚ‏

” waamra-atuhu hammaalatatal hatahab “

 Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah)

فِىۡ جِيۡدِهَا حَبۡلٌ مِّنۡ مَّسَدٍ

” Fii jiidihaa hablun min masad “

 Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal

Asbabun-Nuzul ‘ Di Turunkannya Surat Al-Lahab’

Pada suatu waktu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam naik ke puncak bukit Shafa sambil mengumandangkan suara, “Wahai kaum Quraisy, pada hari ini marilah kita kumpul bersama!” pada saat itu pula kaum Quraisy berkumpul, di antaranya terdapat Abu Lahab.

Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Wahai kaum Quraisy, bagaimanakah pendapatmu bila aku memberikan kabar bahwa musuh akan datang besok pagi atau besok petang. Adakah kamu mempercayainya?” Jawab mereka, “Kami percaya sepenuh hati tentang hal itu.”

Sabda Rasulullah. “Aku peringatkan kepadamu, bahwa siksa Allah yang sangat ganas lagi keji pasti akan datang menimpa.” Mendengar perkataan Rasulullah ini, mereka alergi. Abu Lahab langsung emosi, mukanya merah padam.

Ia berkata, “Celakalah kamu Muhammad! Apakah hanya dengan maksud seperti ini kamu mengundang kami berkumpul?” Bertepatan dengan peristiwa ini, Allah Subhanahu wata’ala mengutus malaikat Jibril menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan menurunkan surah Al-Lahab. Yaitu menginformasikan keadaan Abu Lahab dan istrinya yang terlalu cerewet dan lancang.
(HR. Bukhari dari Ibnu Abbas)

Istri Abu Lahab setiap hari selalu menebarkan duri di tempat yang akan dilewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ia bermaksud menghalangi Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam dalam menyampaikan dakwah dan melaksanakan ibadah di masjid.

Untuk memberikan informasi kepada orang-orang beriman maupun yang kafir kepada Allah barangkali sadar dari kekafirannya, maka Allah Subhanahu wata’ala menurunkan ayat-ayat yang terkandung pada surah Al-Lahab ini. Kepada mereka direfleksikan, bahwa orang-orang yang senantiasa menebarkan benih permusuhan dan perfitnahan pasti tidak akan terlepas dari siksa Allah yang dahsyat. Terlebih lagi memusuhi dan memfitnah pembawa misi agama Islam yang hak, para mujahid dan juru dakwah.

(HR. Ibnu Jarir dari Israil dari Abi Ishak dari Yazid bin Zaid Al-Hamdany. Dan hadis ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Mundzir dari Ikrimah)

Baca Juga : Surat Al Kautsar Ayat 1-3

Isi Kandungan Surat Al Lahab

Berikut ini isi kandungan surat Al Lahab yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Al Lahab berisi kutukan untuk Abu Lahab dan istrinya yang sangat sengit menyakiti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

2. Surat Al Lahab mengandung berita gaib bahwa Abu Lahab akan merugi, binasa dan celaka. Dan itu benar-benar terjadi. Ia mati mengenaskan dengan sakit yang membuat jijik teman-temannya hingga tak ada yang mau memakamkannya.

3. Surat ini juga mengandung berita gaib bahwa harta dan anak-anak Abu Lahab tidak akan bisa menolongnya

4. Surat Al Lahab memberitakan bahwa dia dan istrinya akan masuk neraka. Ini pun benar-benar terjadi karena keduanya mati dalam kondisi tetap kafir.

5. Surat Al-Lahab menghinakan istri Abu Lahab yang suka menghina Rasulullah. Leher yang seharusnya dikalungi dengan perhiasan indah, justru akan dikalungi tali dari sabut atau tali dari besi neraka.

6. Surat Al Lahab merupakan salah satu mukjizat dan bukti kenabian Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sampai akhir hayatnya, Abu Lahab tidak masuk Islam baik secara dhahir maupun batin. Maka ia benar-benar menjadi orang yang binasa dan celaka seperti ditegaskan surat ini.

Demikianlah Bacaan Surat Al Lahab Lengkap Arti dan Isi Kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Dari Surat Al Lahab ini kita bisa mendapatkan pembelajaran bahwasannnya kemusyrikan itu tidak dapat dipertahankan dan tidak akan menang walaupun banyak yang bekerja keras dalam mendukungnya. Sekian dari admin , wassalam….