Niat Puasa Senin Kamis

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab, Latin dan Artinya + Keutamaannya | Puasa senin dan Kamis merupakan salah satu amalan yang di sunnahkan oleh Rosulullah SAW sebagai tambahan amal ibadah.

Selain itu, banyak dari sebagian orang melakukan puasa senin kamis dengan berbagai tujuan di antaranya untuk meminta sesuatu seperti kesehatan, kecerdasan, kesuksesan bahkan untuk mendapatkan jodoh.

puasa senin kamis

Puasa Senin Kamis

Puasa di hari senin dan kamis banyak sekali manfaatnya, lalu kenapa harus senin dan kamis ? Karena hari senin dan kamis merupakan hari dimana semua amalan semua manusia di periksa.

Jadi keadaan puasa di hari tersebut adalah yang paling istimewa di antara hari lainnya seperti yang sudah di contohkan oleh Rosulullah SAW .

Dan seperti tersirat dalam hadist yang berbunyi ” Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

Makna dari Hadist tersebut menunjukan bahwa terdapat keistimewaan yang ada pada kedua hari tersebut, sehingga sangat di harapkan tidak hanya orang muslim saja, namun di luar muslim pun banyak yang mempercayainya.

Baca Juga : Doa Buka Puasa Ramadhan

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab , LAtin dan Artinya

Nah , bagi kalian yang ingin mengamalkan Puasa Senin dan Kamis, berikut ini adalah Bacaan Niat Puasa Senin Kamis lengkap dengan tulisan arab, latin dan artinya yang dapat sahabat hafalkan dengan mudah .

Bacaan Niat Puasa Senin

senin

Bacaan Niat Puasa Senin Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Puasa Senin Latin

“NAWAITU SHOUMA YAUMAL ITSNAINI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: ” Saya menyengaja puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala”

Bacaan Niat Puasa Kamis

kamis

Bacaan Niat Puasa Kamis Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Niat Puasa Kamis Latin

“NAWAITU SHOUMA YAUMAL KHOMIISI SUNNATAL LILLAAHI TA’AALA”

Artinya: “Saya menyengaja puasa sunnah hari kamis karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Setelah mengetahui doa niat puasa Senin Kamis, selanjutnya adalah tata cara puasa Senin Kamis. kita tidak perlu bingung karena tata cara puasa sunnah Senin Kamis tidak jauh berbeda dengan puasa ramadan. Namun, agar lebih jelas berikut penjabarannya:

1. Membaca niat

Niat puasa Senin Kamis sebaiknya dilakukan di malam hari atau sebelum terbit fajar. Namun karena sifatnya yang puasa sunnah, kalau kita lupa dan belum sempat niat pada malam atau sebelum fajar, maka di pagi hari pun masih sah niatnya. Asalkan kita belum melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

2. Makan sahur

Menyantap sahur merupakan salah satu sunnah puasa yang apabila dijalankan akan mendapat pahala dan keberkahan. Akan tetapi jika tidak dilakukan, semisal karena bangun terlambat, puasanya masih tetap sah. Hanya saja untuk kesehatan, sebaiknya tidak melewatkan waktu sahur ya,.

3. Menahan diri dari hal yang membatalkan puasa

Seperti halnya puasa wajib ramadan, puasa sunnah Senin Kamis di mulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selanjutnya yang paling penting melaksanakan puasa Senin Kamis adalah menahan diri dari hal yang bisa membatalkan puasa.

Adapun hal-hal yang membatalkan puasa yakni makan, minum, berhubungan dengan istri dan lain-lain. Tak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan.

4. Berbuka puasa

Buka puasa dilakukan ketika matahari terbenam yaitu saat masuk waktu salat Maghrib. Menyegerakan berbuka puasa mewujudkan salah satu sunnah puasa.

Dengan mengkuti semua tata cara ini, maka kita bisa mendapatkan manfaat Puasa Senin Kamis dengan maksimal.

Doa Berbuka Puasa

Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ اَ مَنْتُ وَ عَلَ رِ زْقكَ اَ فْطَرْ تُ ِبِرَحْمَتِكَ ياَ اَ رْ حَمَ الرَّ حِمِيْنَ

Bacaan Doa Berbuka Puasa Latin

‘Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin’

Artinya :
“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Baca Juga : Niat Mandi Junub

Manfaat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis

Setelah mengetahui bacaan niat puasa senin kamis, berikut ini adalah manfaat beserta keutamaan-keutamaan puasa sunnah senin kamis agar kalian lebih termotivasi.

Berikut beberapa keutamaan yang didapatkan oleh orang-orang beriman yang gemar melakukan puasa karena Allah SWT .

  • Balasan pahala yang berlipat-lipat untuk mukmin yang berpuasa.
  • Allah SWT sendiri yang akan memberikan balasan secara langsung bagi orang yang melaksanakan puasa.
  • Ibadah puasa bisa menjadi penyebab seseorang dimasukkan ke dalam surga.
  • Orang yang berpuasa akan dikaruniakan dua kebahagiaan yakni kebahagian ketika melaksanakan buka puasa dan kebahagian ketika bertemu dengan Allah SWT.
  • Orang yang berpuasa, bau mulutnya lebih harum dibandingkan wangi  minyak kasturi di sisi Allah.
  • Dapat menjadi perisai bagi jiwa seseorang
  • Melatih diri untuk disiplin
  • Dapat meningkatkan amalan
  • Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
  • Sebagai cara menahan nafsu
  • Kunci sukses meraih cita dan cinta yang diinginkan
  • Berpengaruh terhadap kesehatan tubuh

Rasulluah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan dihadapan Allah pada hari Senin dan Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan saat aku berpuasa (HR.Turmudzi).

Keutamaan-keutamaan di atas didapatkan oleh orang yang menjalankan ibadah puasa baik yang wajib ataupun sunnah. Hadist yang menjadi landasan dari beberapa keutamaan di atas adalah sebagai berikut.

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: ” Segala perbuatan kebaikan yang dijalankan oleh manusia bakal dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang seperti itu sampai 700 kali lipat.

Allah Ta’aala berfirman: Kecuali ibadah puasa. Ibadah puas itu adalah untuk Aku. Aku sendiri yang bakal membalasnya. Dikarenakan ia sudah mengabaikan syahwat dan makan sebab Aku.

Untuk orang yang melaksanakan puasa akan memperoleh 2 kebahagian yakni kebahagiaan sewaktu ia berbuka dan kebahagiaan sewaktu bertemu dengan Tuhannya.

Dan sungguh aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah dibandingkan wangi minyak kasturi.”

Itulah Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab, Latin dan Artinya + Keutamaannya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam melaksanakan sunnah -sunnah Rosul yang salah satunya Puasa Senin Kamis.