3 Syarat Wajib Shalat Lengkap Dengan Penjelasannya

3 Syarat Wajib Shalat Lengkap Dengan Penjelasannya | Assalamualaikum wr.wb para sahabat ? Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Pada topik kali ini kita akan membahas mengenai syarat wajib sholat sebagai ketentuan untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Penting untuk di ketahui bahwa dalam menjalankan ibadah kita dituntut beberapa persyaratan.

Dalam islam sendiri terdapat ketentuan agar dapat menjalankan suatu ibadah untuk keabsahan yakni rukun shalat, syarat sah sholat dan syarat wajib shalat. Apabila salah satu ketentuan tersebut tidak bisa di penuhi dalam shalat, maka gugur pula ibadah shalat nya.

syarat wajib shalat

Setiap ibadah menuntut beberapa persyaratan. Demikian juga dengan shalat. Syekh Muhammad bin Qasim dalam Fathul Qarib (Surabaya: Kharisma, tt), hal. 9 menjelaskan pengertian syarat sebagai berikut:

ما تتوقف صحة الصلاة عليه وليس جزأ منها. وخرج بهذا القيد الركن، فإنه جزء من الصلاة.

“(Syarat dalam bab shalat ialah) hal-hal yang menjadi penentu keabsahan shalat, namun bukan bagian dari shalat. Berbeda dengan rukun yang merupakan bagian sholat.” Lebih lanjut, Imam Abu Suja’ sebagai pengarang kitab dasar Taqrib yang disarahi kitab Fathul Qarib di atas, membagi sarat sholat menjadi dua kategori, yakni syarat wajib shalat dan syarat sah sholat.

Syarat wajib shalat ini sama seperti syarat-syarat wajib ibadah lainnya, yakni:

فصل – وشرائط وجوب الصلاة ثلاثة أشياء الإسلام والبلوغ والعقل وهو حد التكليف

“Pasal, Syarat wajib salat ada 3: Islam, baligh, dan berakal. Demikian ini adalah batasan taklif (ketertuntutan syariat).”

Baca Juga : Wajib Tahu 5 Syarat Sah Shalat Agar Ibadah Diterima Allah SWT

3 Syarat Wajib Shalat Lengkap Dengan Penjelasannya

Untuk syarat wajib sholat terdiri dari 3 macam yakni:

  • Beragama Islam
  • Sudah Baligh
  • Berakal Sehat

1. Beragama Islam

Syarat yang pertama yaitu beragama Islam (muslim). Maka orang kafir tidak punya kewajiban untuk melaksanakan shalat dan mengqadhainya ketika masuk islam. Nah jika orang tersebut murtad (keluar dari islam) maka wajib melaksanakan shalat dan mengqadha’ shalatnya jika tidak shalat di waktu murtad, Hal ini di wajibkan apabila orang yang murtad tersebut kembali masuk islam.

2. Sudah Baligh

Syarat wajib shalat yang kedua, yaitu sudah baligh atau dewasa, Ada sedikit perbedaan antara balighnya perempuan dan laki-Laki. Perempuan baligh, yaitu perempuan yang sudah keluar darah haid atau jika belum haid, batas balighnya sampai berumur 15 tahun. Laki-Laki baligh, yaitu laki-laki yang sudah pernah ihtilam atau jika belum ihtilam, batas balighnya sampai berumur 15 tahun.

Oleh karena itu, seorang bayi atau anak anak tidak diwajibkan shalat, akan tetapi kedua orang tuanya wajib memerintah anaknya untuk melaksanakan shalat jika sudah berumur tujuh tahun, hal ini apabila anak tersebut sudah tamyiz. Dan anak tersebut harus di pukul jika tidak melakukan shalat, apabila sudah berumur sepuluh tahun.

3. Berakal Sehat

Syarat wajib Sholat yang ke tiga, yaitu berakal sehat, Maka orang gila atau orang yang tidak berakal sehat, tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat.

Baca Juga : Urutan 13 Rukun Sholat Yang Benar Lengkap Dengan Penjelasannya

Demikianlah ulasan mengenai 3 Syarat Wajib Shalat Lengkap Dengan Penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat Satudoa.com. Wassalam…