Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab , Latin dan Artinya

Niat Puasa Senin Kamis

Berikut Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab , Latin dan Artinya | Assalamualaikum wr.wb sahabat ...Pada artikel kali ini Satudoa akan membagikan bacaan dari Niat Puasa yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis lengkap dengan tatanan bahasa arab ,latin dan artinya yang tidak lain untuk memudahkan sahabat adlam menghafalnya. 

Setiap umat muslim yang akanmelaksanakan puasa di wajibkan untuk membaca niat baik dari hati ataupun secara lisan. Begitu pula dengan puasa senin kamis, Niat puasa senin kamis ini penting dilakukan sebelum melaksanakan puasa sunnah tersebut. Niat dalam menjalankan ibadah merupakan hal penting yang sangat menentukan kualitas dan nilai ibadah seseorang. Tak terkecuali saat puasa sunnah.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab , Latin dan Artinya

Berbeda dengan puasa Ramadhan, niat puasa sunnah Senin bisa dilafalkan di waktu malam. Umat Islam juga bisa melafalkannya saat fajar tiba.

Niat puasa senin adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’ala

Artinya: "Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala."

Adapun niat puasa sunnah kamis yaitu sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’ala

Artinya: "Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala."

Manfaat Puasa Senin Kamis

Puasa sunnah Senin Kamis memiliki manfaatnya tersendiri dibanding puasa lainnya. Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga diketahui terbiasa melakukan puasa di hari Senin. Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim).

1. Meningkatkan Amalan

Dengan berpuasa, kalian akan lebih terdorong meningkatkan ibadah maupun amalan. Tentu saja yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Kalian juga merasa lebih bersimpati terhadap orang yang mempunyai keberuntungan di bawah.

2. Menjadi Lebih Disiplin

Tahukah kalian, berpuasa senin kamis mampu membantu umat Islam menjadi lebih disiplin. Tak hanya mengenai berpuasa, namun dalam segala hal yang dikerjakan setiap hari. Sebab, saat berpuasa kalian merasa diperhatikan dan diawasi terus oleh Allah SWT. Sehingga mendorongmu untuk selalu mawas diri dan berhati-hati dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Adapun manfaat puasa senin kamis lainnya adalah:

  • Latihan menahan hawa nafsu
  • Menjadi perisai dan penguat jiwa
  • Menyehatkan tubuh
  • Sebagai penghapus dosa

Demikianlah ulasan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab , Latin dan Artinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para sahabat muslim dalam menjalankan puasa sunnah Senin kamis.

Posting Komentar untuk "Berikut Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Bahasa Arab , Latin dan Artinya"