Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Bacaan Doa Mau Makan Lengkap ( Arab , Latin dan Artinya )

Doa Mau Makan

Bacaan Doa Mau Makan Lengkap ( Arab , Latin  dan Artinya ) | Assalamualaikum wr,wb sahabat ..Pada artikel kali ini Satudoa akan membagikan bacaan doa mau makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah swt . Selain bacaan arab, berikut ini kita juga akan membagikannya dalam bentuk tulisan latin dan artinya secara lengkap agar kita dapat dengan mudah menghafalkannya . 

Islam selalu mengajarkan tentang kebaikan. Begitu juga aturan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Adab makan dan minum pun tak kalah penting untuk diketahui sebagai Muslim . Adapun, aturan ini tertuang dalam berbagai hadits menurut para sahabat Rasulullah. 

Dapat makan sehari-hari adalah salah satu bentuk rezeki dari Allah SWT . Ketika makan, kita perlu memilih jenis makanan apa saja yang kaya akan nutrisi agar tubuh tetap sehat. Hal ini agar rezeki yang kita terima selalu berkah dalam hidup. 

Selain itu kita juga di wajibkan untuk membaca doa mau makan sebagai rasa syukur kita kepada Allah atas karunia nya memberikan rezeki kepada umatnya. Berikut Doa nya:

Bacaan Doa Mau Makan Lengkap ( Arab , Latin  dan Artinya )

Bacaan Arab

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.” 

Artinya 

"Ya Allah berikanlah keberkahan apa yang telah engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Mengucap hamdalah setelah selasai makan. Ada hikmah tersendiri bagi umat muslim yang membaca doa sebelum dan sesudah makan, seperti menghindarkan dari gangguan setan ketika tangah bersantap.

 "Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Lalu akupun memegang tangannya. Kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang itu agar bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya. Demi zat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan itu sedang saya pegang bersamaan saya memegang tangan kedua orang ini." (HR. Ahmad dan Muslim). 

Allah SWT juga menyukai hambanya yang banyak berdoa. Karenanya Allah SWT mengajarkan untuk mengucap doa setiap aktivitas dan setiap kesempatan. Ketika seorang hamba tidak mau berdoa, maka itu adalah bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60).

Demikianlah Bacaan Doa Mau Makan Lengkap ( Arab , Latin  dan Artinya ). Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dalam menjalankan perintah Allah SWT. 

Posting Komentar untuk "Berikut Bacaan Doa Mau Makan Lengkap ( Arab , Latin dan Artinya )"