Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut 4 Doa Mau Tidur Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya


Berikut 4 Doa Mau Tidur Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya | Assalamualaikum wr.wb sahabat ? Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Pada kesempatan ini Satudoa akan membagikan 4 bacaan doa mau tidur atau doa sebelum tidur yang dirangkum secara lengkap dalam bahasa arab , latin dan artinya. 

Dalam ajaran agama Islam, seluruh aktivitas hendaknya dilakukan dengan berdoa. Doa merupakan wujud dari memohon dan meminta kepada Allah SWT agar aktivitas yang akan dilakukan mendapat kemudahan. 

Selain itu, doa juga sebagai bentuk ibadah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Ghafir ayat 60 yang artinya, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Kebiasaan berdoa sebelum melakukan sesuatu perlu orangtua ajarkan pada anak-anak sejak dini. Salah satu doa yang mudah untuk diajarkan, yaitu doa mau tidur atau doa sebelum tidur. Adapun doa ataupun amalan yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut:

4 Doa Mau Tidur Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya

1. Membaca Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas

Hal ini sesuai dengan HR Al-Bukhari bersama Fathul Baarii 9/62 dan Muslim 4/1723.

"Mengumpulkan dua tapak tangan.Lalu ditiup dan dibacakan Surat Al Ikhlash, Surat Al Falaq dan Surat An Nas. Kemudian dengan dua tapak tangan mengusap tubuh yang dapat dijangkau dengannya. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan tiga kali." (H.R; Bukhari: 9/62, Fathul baari, Muslim: 4/1723)

2. Membaca Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

" Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim."

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur.

Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya?

Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.

Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

3. Bacaan Dzikir Malam

بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bismika robbi wadho’tu jambii, wa bika arfa’uh, fa-in amsakta nafsii farhamhaa, wa in arsaltahaa fahfazh-haa bimaa tahfazh bihi ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya:

“Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambungku. Dan dengan namaMu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba-hambaMu yang shalih.” (Dibaca 1 x)

4. Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa amuut.

Artinya:

“Dengan namaMu, ya Allah! Aku hidup dan mati.” (Dibaca 1 x)

Demikianlah ulasan 4 Doa Mau Tidur Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua . Selalu panjatkan doa sebelu dan sesudah melakukan aktivitas agar kita selalu dalam lindungan Allah SWT. amin.

Posting Komentar untuk "Berikut 4 Doa Mau Tidur Lengkap Bahasa Arab , Latin dan Artinya"