Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Surat Al Humazah 1-9 Arab, Latin dan Artinya Perkata

Bacaan Surat Al Humazah 1-9 Arab, Latin dan Artinya Perkata | Assalamualaikum wr.wb para sahabat. Senang sekali rasanya bisa berjumpa dan berbagi pengetahuan agam islam. Pada artike kali ini Satudoa.com akan membagikan bacaan atau lafadz dari Al Quran surat Al Humazah yang terdiri dari ayat 1-9.

Dan seperti biasa , disini admin menyiapkan dalam bacaan arab , latin dan artinya perkata yang tidak lain untuk memudahkan sahabat dalam membaca dan memahami surat ini. Tidak hanya itu , Satudoa juga menyiapkan ulasan mengenai Asbabun Nuzul, keutamaan dan isi kandungan dari surat Al Humazah. Berikut ini ulasan lengkapnya. 

Al Qur’an Surat Al Humazah

Surat Al Humazah adalah surah ke-104 dalam al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 9 ayat dan tergolong pada surah Makkiyah sebab di turunkan di kota Mekkah . Kata Al Humazah berarti pengumpat dan diambil dari ayat pertama surat ini. Pokok isi surat ini adalah ancaman Allah terhadap orang-orang yang suka mencela orang lain, suka mengumpat dan suka mengumpulkan harta tetapi tidak menafkahkannya di jalan Allah.

Terdapat nama lain dari surat Al Humazah yakni Surat Al Huthamah, yang disebutkan pada ayat 4 dan 5. Artinya adalah neraka yang menghancurkan. Surat Al Humazah, menurut Muqatil, turun mengenai Walid bin Mughirah. Dia selalu menggunjing Rasulullah ketika tidak berada di hadapan beliau dan mencela ketika berada di hadapan beliau.

Menurut pendapat lain, ada lebih banyak humazah dan lumazah, bukan hanya Walid bin Mughirah. “Surat ini turun mengenai Akhnas bin Syariq, Ash bin Wail, Jaamil bin Mu’ammar, Walid bin Mughirah atau Umayyah bin Khalaf. Itu beberapa pendapat yang ada. Mungkin juga surat ini turun mengenai mereka semua. Dengan demikian, secara umum surat ini ditujukan kepada semua orang yang memiliki sifat-sifat ini,” terang Abu Hayyan.

Ibnu Katsir menafsirkan, humazah mencela dengan ucapan. Sedangkan lumazah mengejek dengan perbuatan. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir dijelaskan, humazah adalah menggunjing dan mencela kehormatan manusia. Sedangkan lumazah artinya menghina, biasanya dengan isyarat alis, mata dan tangan.

Bacaan Surat Al Humazah 1-9 Arab, Latin dan Artinya Perkata

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim
 
Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.
 

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ

wailul likulli humazatil lumazah

Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela

الَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ

allażī jama’a mālaw wa ‘addadah

yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,

يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ

yaḥsabu anna mālahū akhladah

dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya.

كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ

kallā layumbażanna fil-ḥuṭamah

Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُ ۗ

wa mā adrāka mal-ḥuṭamah

Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu?

نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ

nārullāhil-mụqadah

(Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan,

الَّتِيْ تَطَّلِعُ عَلَى الْاَفْـِٕدَةِۗ

allatī taṭṭali’u ‘alal-af`idah

yang (membakar) sampai ke hati.

اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ

innahā ‘alaihim mu`ṣadah

Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka,

فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ

fī ‘amadim mumaddadah

(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.

Asbabun Nuzul Surat Al-Humazah

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari ‘Utsman dan Ibnu ‘Umar bahwa ‘Utsman dan Ibnu ‘Umar berkata: “Masih segar terngiang di telinga kami bahwa ayat ini (al-Humazah : 1-2) turun berkenaan dengan Ubay bin Khalaf, seorang tokoh Quraisy yang kaya raya, yang selalu mengejek dan menghina Rasul dengan kekayaannya.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari as-Suddi bahwa ayat ini (al-Humazah 1-3) turun berkenaan dengan al-Akhnas bin Syariq yang selalu mengejek dan mengumpat orang. Ayat tersebut turun sebagai teguran terhadap perbuatan seperti itu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari seorang suku Riqqah bahwa ayat ini (al_Humazah: 1-3) turun berkenaan dengan Jamil bin ‘Amir al-Jumhi, seorang tokoh musyrik yang selalu mengejek dan menghina orang.

Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Ibnu Ishaq bahwa Umayyah bin Khalaf selslu mencela dan menghina Rasulullah apabila berjumpa dengannya. Maka Allah menurunkan ayat ini (al-Humazah: 1-9) sebagai ancaman siksa yang sangat dasyat terhadap orang-orang yang mempunyai anggapan dan berbuat seperti itu.

Manfaat dan Keutamaan Surat Al-Humazah

1. Barangsiapa yang membacakan surah al-Humazah ini kepada orang yang sakit mata, mudah-mudahan dengan izin Allah, ia akan segera sembuh.

2. Siapa yang mau membacanya setiap selesai mengerjakan Sholat Sunnat Rawatib atau Sholat-sholat Sunnat yang lain, maka ia akan mendapat kelapangan rezeki dan hartanya juga akan bertambah banyak.

3. Barangsiapa membacanya berterusan, nescaya ia akan bertambah kaya dan akan murah rezekinya.

4. Peringatan  akidah tentang kebangkitan dan balasan. peringatan dari ghibah (membicarakan aib orang lain) dan namimah ( adu domba). menerangkan tercelanya orang-orang yang terfitnah oleh harta dan ta’jub padanya. Penjelasan tentang dahsyat dan sangat buruknya azab nereka. kehinaan, azab dan kebinasaan bagi setiap penggibah, pencela, penikam harga diri orang, dan yang bakhil dengan hartanya.

5. Barang siapa membaca Surah Al-Humazah 7 kali secara rutin pagi dan sore hari InsyaAlloh atas izin Allah SWT tertindar dari gangguan sihir.

Isi Kandungan Surat Al Humazah

Berikut ini isi kandungan surat Al Humazah yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Al Qur’anil ‘Adhim karya Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir karya Syaikh Wahbah Az Zuhaili, Tafsir Fi Zilalil Quran karya Sayyid Qutb dan Tafsir Al Azhar karya Buya Hamka.

1. Surat Al Humazah berisi ancaman kepada para pengumpat dan pencela bahwa mereka pasti akan celaka.

2. Pengumpat dan pencela yang nantinya mendapatkan kecelakaan itu adalah orang-orang yang mengumpulkan harta dan setiap saat menghitung-hitungnya karena begitu cintanya kepada dunia. Bahkan karena cintanya pada harta ia merasa lebih baik dari orang lain sehingga suka mencaci dan mencela.

3. Orang yang telah tertipu dengan harta dan begitu mencintai dunia, merasa bahwa ia akan kekal selamanya dengan hartanya itu. Ia merasa selamanya akan berkuasa dengan hartanya. Ia pun tidak menyiapkan bekal menghadapi kematian.

4. Allah menyiapkan siksa pedih untuk para pengumpat dan pencela yang begitu mencintai dunia dan merasa dengan hartanya akan kekal selamanya.

5. Siksa kepada mereka berupa neraka jahannam yang apinya sangat menghancurkan. Membakar seluruh badannya hingga hatinya yang menjadi tempat kemusyrikan dan segala kedurhakaan.

6. Dengan Surat Al Humazah ini, Allah mengingatkan hamba-Nya agar tidak terjangkiti penyakit moral yang hina dina seperti suka mengumpat dan mencela, suka mencaci dan memaki.

Itulah Bacaan Surat Al Humazah 1-9 Arab, Latin dan Artinya Perkata lengkap dengan Asbabun Nuzul, keutamaan dan isi kandungan  . Semoga bermanfaat untuk para sahabat dan menjadikan kita semakin kokoh di atas iman dan akhlak mulia. Wallahu a’lam bish shawab.

Posting Komentar untuk "Bacaan Surat Al Humazah 1-9 Arab, Latin dan Artinya Perkata"